Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha dan faktor sosial terhadap penggunaan sistem informasi akuntansi pada minimarket yang berada di Kota Tegal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 minimarket di Kota Tegal. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Convenience sampling, yaitu teknik sampling yang sebagai kumpulan informasi dari anggota-anggota populasi yang mudah diperoleh dan mampu menyediakan informasi tersebut dengan jumlah sampel dihitung dengan menggunakan rumus slovin. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik kuesioner. Variabel penelitian ini terdiri dari ekspektasi kinerja (X1), ekspektasi usaha (X2), faktor sosial (X3) sebagai variabel independen, dan sistem informasi akuntansi (Y) sebagai variabel dependen, dengan skala pengukuran ordinal. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji F, uji t dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini adalah secara parsial ekspektasi kinerja dan faktor sosial berpengaruh signifikan terhadap sistem informasi akuntansi, akan tetapi ekspektasi usaha tidak berpengaruh terhadap sistem informasi akuntansi

Keywords

Ekspektasi Kinerja Ekspektasi Usaha Faktor Sosial

Article Details

How to Cite
Handayani, L. A., Tabrani, & Indriasih, D. (2019). Pengaruh Ekspektasi Kinerja, Ekspektasi Usaha dan Faktor Sosial terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi (Studi Kasus Pada Minimarket di Kota Tegal). Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 11(2), 130-143. https://doi.org/10.24905/permana.v11i2.46

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan kesatu. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Ardana, I. Cenik dan Hendro Lukman. 2016. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi Pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media.
  3. Baridwan, Zaki. 2013. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE.
  4. Emzir.. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Edisi Pertama. Jakarta: PT Raja Grafindo Pergoda
  5. Fiddin, Fachroh Kamaliah dan Hardi. 2016. “ Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Sistem Informasi Dan Penggunaan Sistem Informasi (Studi pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Riau). ” Jurnal Sorot. Volume 8. Nomer 1. Tahun 2016.
  6. Fraenkel J.R dan Wallen, N.E. 2008. How To Design And Evaluate Research In Education. New York: McGraw-Hill
  7. Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Cetakan kedua. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro.
  8. Handayani, Rini. 2016. “ Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Sistem Informasi Dan Penggunaan Sistem Informasi (Studi pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Akuntansi Dan Keuangan . Volume 9. Nomer 2. Tahun 2016.
  9. Jogiyanto. 2007. Model Kesuskesan Sistem Teknologi Informasi. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Offset.
  10. Krismiaji. 2015. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi Keempat. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
  11. Kusrini dan Andri Koniyo. 2010. Tuntutan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi Dengan Visual Basic Dan Microsoft SQL Server odel. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Offset.
  12. Lestari, Baiq Anggun Hilendry dan Zulaikha. 2007. “ Pengaruh Information Technology Relatedness Terhadap Kinerja Perusahaan Dengan Knowledge Management Capability Sebagai Variabel Intervening (Kajian Empiris Pada Perushaan Perbankan Di Jawa Tengah). ” Simposium Nasional Akuntansi X Makassar. Volume 9. Nomer 3. Tahun 2007.
  13. Mardi. 2016. Sistem Informasi Akuntansi. Cetakan Ketiga. Bogor: Ghalia Indonesia
  14. Martinus, Handy. 2009. “ Analisis Industri Retail Nasional.” Jurnal Ekonomi Bisnis. Volume 10. Nomer 7 Tahun 2009
  15. Megawati, Yenli. 2015. “ Pertumbuhan Minimarket Sebagai Salah Satu Bentuk Pasar Modern ” Jurnal Ekonomi Bisnis. Volume 15. Nomer 6 Tahun 2015
  16. Mulyadi. 2016. Sistem Informasi Akuntansi. Cetakan Kedua. Jakarta: Salemba Empat
  17. Rahman, Abdul dan Titi Suhartati. 2012. “ Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap UMKM. ” Jurnal Ekonomi Bisnis. Volume 11. Nomer 2 Tahun 2012
  18. Rosita. 2013. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhu Minat Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Pada UKM (Studi Empiris Pada UKM di Kabupaten Karanganyar. ” GRADUASI. Volume 29. Tahun 2013
  19. Romney, Marshal dan Paul Jhon Steinbart. 2005. Accounting Information System. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.
  20. Saraswati. 2015. “ Analisis Dampak Keberadaan Minimarket Indomaret Dan Alfamart Terhadap UKM. ” Jurnal Ekonomi Bisnis. Volume 11. Nomer 5. Tahun 2017
  21. Savitri, Ni Made Trisna dan I Dewa Nyoman Wiratmaja. 2015. “ Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Sisrem Informasi Akuntansi. ” Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Volume 12. Nomer 3. Tahun 2015
  22. Sekaran, Uma. 2015. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Buku kesatu. Jakarta: Salemba Empat
  23. Sekaran, Uma. 2015. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Buku kedua. Jakarta: Salemba Empat
  24. Sekarini, Yunita Ayu dan Wahyu Meiranto. 2014. “ Analisis Pengaruh Minat Pemanfaatan Dan Penggunaan Sistem Informasi Terhadap Kinerja Individu Dengan Menggunakan UTAUT Model (Studi Pada PT. Pertamina (persero) UPms IV). ” Jurnal Akuntansi Dari Diponegoro. Volume 3. Nomer 1. Tahun 2014.
  25. Siyoto, Sandu dan Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Cetakan Kesatu. Yogyakarta: Literasi Media Publising.
  26. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Cetakan Kedua. Bandung: PT Alfabet.
  27. Susanto, Azhar 2017. Sistem Informasi Akuntansi Dan Sistem Informasi Manajemen. Cetakan Pertama. Bandung: Lingga Jaya.
  28. Sukerti, Ni Kadek. 2017. “ Implementasi Sistem Informasi Penjualan Untuk Minimarket. ” Konferensi Nasional Sistem & Informatika. Volume 10. Nomer 5 Tahun 2017.
  29. Suryaputri, Rossje V. 2012. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Sistem Informasi dan Penggunaan Sistem Informasi Pada Pasar Swalayan (Hypermarket, Supermarket Dan Minimarket) Yang Terdaftar Di Jakarta. ” Media Riset Akuntansi, Auditing Dan Informasi. Volume 12. Nomer 2. Tahun2012
  30. Triandis, H.C. 1980. “ Value Attitude And Internasional Behavior, Nebraska Symposium On Motivasion, 1979: Belief, Attitude and Value,” University Of Nebraska Press, Lincoln, NE.
  31. Tritunggal, Winda. 2016. “ Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Sisrem Informasi Akuntansi. ” Jurnal Akuntansi Universitas PGRI. Volume 10. Nomer 2. Tahun 2016
  32. Umar, Husein. 2013. Desain Penelitian Manajemen. Cetakan Kesatu. Jakarta: Rajawali Pers.
  33. Whetyningtyas, Aprilia. 2016. “ Determinan Penggunaan Sistem Informasi Akuntnasi Pada Usaha Kecil Menengah (UKM). ” Media Ekonomi Dan Manajemen. Volume 31. Nomer 2. Tahun 2016
  34. Winarno. 2006. Sistem Informasi Akuntansi. Cetakan kesatu. Yogyakarta: UPP STIM YKPN