https://permana.upstegal.ac.id/index.php/permana/issue/feed Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi 2024-08-26T12:29:48+07:00 Mohammad Arridho Nur Amin mohammad.arridho@upstegal.ac.id Open Journal Systems <p><strong>PERMANA : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi</strong> with <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1250130452" target="_blank" rel="noopener"><strong>ISSN 2085-8469 (printed)</strong></a>&nbsp;and <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1563864051&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener"><strong>ISSN 2685-600X (online)</strong></a>, is published by Faculty of Economics and Business Universitas Pancasakti Tegal. PERMANA is published twice a year (every February and August).</p> <p>Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi is a peer-reviewed journal. PERMANA invites academics and researchers who do original research in the fields of&nbsp; <strong>tax management, management, and accounting including but not limited to Tax Science, Management Science, and Accounting Sciences.</strong></p> https://permana.upstegal.ac.id/index.php/permana/article/view/432 Pengaruh Promosi Online, Citra Perguruan Tinggi, dan Biaya Kuliah terhadap Keputusan Berkuliah melalui Word Of Mouth sebagai Variabel Intervening 2024-08-07T10:07:04+07:00 Tri Hatyanto trihat@yahoo.com Sitti Hartinah sittihat@yahoo.com Roberto robertoakyuwen@upstegal.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi online, citra perguruan tinggi, dan biaya kuliah ter­hadap keputusan berkuliah melalui <em>word of mouth</em>. Populasi penelitian adalah mahasiswa Universitas Pancasakti Tegal. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik <em>random sampling</em>. Metode analisis data yang digunakan adalah PLS. Hasil penelitian Promosi Online berpengaruh terhadap <em>Word of Mouth</em>, promosi online berpengaruh ter­ha­dap Keputusan Berkuliah, citra Perguruan Tinggi berpe­nga­ruh terhadap <em>Word of Mouth</em>, citra Perguruan Tinggi tidak memiliki pengaruh terhadap Keputusan Berkuliah, biaya Kuliah berpengaruh terhadap <em>Word of Mouth</em>, biaya Kuliah Berpengaruh terhadap Keputusan Berkuliah, <em>Word of Mouth</em> berpengaruh terhadap Keputusan Berkuliah, promosi Online berpengaruh tidak langsung terhadap Keputusan Berkuliah melalui <em>Word of Mouth</em>, citra Perguruan Tinggi berpengaruh tidak langsung terhadap Keputusan Berkuliah melalui <em>Word of Mouth</em>, biaya Kuliah berpengaruh tidak langsung ter­ha­dap Keputusan Berkuliah melalui <em>Word of Mouth</em></p> 2024-08-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi https://permana.upstegal.ac.id/index.php/permana/article/view/433 Pengaruh Kompetensi Pegawai, Budaya Organisasi, dan Inovasi Layanan Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening 2024-08-07T10:07:05+07:00 Ibnu Imam ibnuimam@yahoo.com Gunistiyo gunistiyo@yahoo.co.id <p>Tujuan dilakukannya pada penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kompetensi pegawai, budaya organi­sasi, dan inovasi layanan, kinerja pegawai, motivasi kerja. Metode penelitian ini adalah penelitian survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai di Kantor desa dan Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes yang berjumlah 56 orang pegawai. Pengambilan sampel dilakukan dengan tek­nik sampling jenuh. Teknik yang digunakan untuk mengum­pulkan data di penelitian ini adalah kuesioner. Metode Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis analisis <em>partial least square</em>. Hasil yang didapatkan yaitu kompetensi berpengaruh positif terhadap kinerja pega­wai, budaya organisasi berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai, inovasi layanan berpengaruh negatif terhadap kinerja pegawai, kompetensi berpengaruh positif terhadap motivasi kerja pegawai, budaya organisasi berpengaruh posi­tif terhadap motivasi kerja pegawai, inovasi layanan berpe­ngaruh negatife terhadap motivasi kerja pegawai, motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai, motivasi kerja tidak mampu memediasi pengaruh kompetensi terhadap kinerja pegawai, motivasi kerja mampu memediasi budaya organisasi terhadap kinerja pegawai, motivasi kerja tidak mampu memediasi pengaruh inovasi layanan terhadap kiner­ja pegawai.</p> 2024-08-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi https://permana.upstegal.ac.id/index.php/permana/article/view/434 Pengaruh Leader Member Exchange, Stres Kerja dan Efikasi Diri Terhadap Turnover Intention Perawat Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Mode Intervening 2024-08-07T10:07:05+07:00 Izul Mustika Ratu izumustika@yahoo.com Dewi Indriasih dewiindriasih@upstegal.ac.id <p>Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Leader Member Exchange terhadap Trunover Intention Perawat, mengetahui pengaruh Leader Member Exchange terhadap Kepuasan Kerja, mengetahui pengaruh Stres Kerja terhadap Trunover Intention Perawat, mengetahui pengaruh Stres Kerja terhadap Kepuasan Kerja, mengetahui pengaruh Efikasi Diri terhadap Trunover Intention Perawat, mengetahui pengaruh Efikasi Diri terhadap Kepuasan Kerja, mengetahui pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Trunover Intention Perawat. Metode penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah perawat yang berjumlah 150 orang perawat, sedangkan penentuan jumlah sampe yang digunakan menggunakan rumus Slovin sebanyak 109 sampel. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data di penelitian ini adalah kuesioner, survei, artike dan literatur yang relevan dengan penelitian. Metode Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas instrumen, statistic deskriptif, analisis kuantitatif yang digunakan yaitu Partia Least Squere (PLS). Hasi yang diperoleh yaitu terdapat pengaruh Leader Member Exchange terhadap Trunover Intention Perawat, terdapat pengaruh Leader Member Exchange terhadap Kepuasan Kerja, terdapat pengaruh Stres Kerja terhadap Trunover Intention Perawat, terdapat pengaruh Stres Kerja terhadap Kepuasan Kerja, terdapat pengaruh Efikasi Diri terhadap Trunover Intention Perawat, terdapat pengaruh Efikasi Diri terhadap Kepuasan Kerja, terdapat pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Trunover Intention Perawat.</p> 2024-08-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi https://permana.upstegal.ac.id/index.php/permana/article/view/351 Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian 2024-08-07T10:07:06+07:00 Agung Setiawan agungsetiawan5421@gmail.com Ming Ming Lukiarti mingminglukiarti@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian AMDK galon AQUA pada Kapal di pelabuhan Tasik Agung Rembang. Teknik pengumpulan data dilakukan dalam penelitian ini melalui kuesioner. Sumber data yang digunakan dalam penelitian yang dilakukan adalah dari sumber data primer yang diperoleh dari instrumen penelitian berupa kuesioner yang diisi oleh responden yang menyebarkan kuesioner secara langsung kepada konsumen air dalam kemasan galon merek AQUA di pelabuhan Rembang. Populasi penelitian ini terdiri dari jumlah kapal yang datang di pelabuhan Tasik Agung adalah 1.599 kapal. Teknik pengambilan sampel teknik sampel yang akan digunakan menggunakan <em>non probability sampling</em>, yakni teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh kualitas produk dan citra merek berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian AMDK Galon AQUA pada kapal di Pelabuhan Tasik Agung Rembang, sedangkan harga berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian AMDK Galon AQUA pada kapal di Pelabuhan Tasik Agung Rembang. Kualitas produk, harga dan citra merek dapat menjelaskan keputusan pembelian sebesar 39%, sedangkan sisanya 61% dipengaruhi atau dijelaskan di luar model penelitian ini.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: kualitas produk, harga, citra merek, keputusan pembelian</p> <p>Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian AMDK galon AQUA pada Kapal di pelabuhan Tasik Agung Rembang. Teknik pengumpulan data dilakukan dalam penelitian ini melalui kuesioner. Sumber data yang digunakan dalam penelitian yang dilakukan adalah dari sumber data primer yang diperoleh dari instrumen penelitian berupa kuesioner yang diisi oleh responden yang menyebarkan kuesioner secara langsung kepada konsumen air dalam kemasan galon merek AQUA di pelabuhan Rembang. Populasi penelitian ini terdiri dari jumlah kapal yang datang di pelabuhan Tasik Agung adalah 1.599 kapal. Teknik pengambilan sampel teknik sampel yang akan digunakan menggunakan <em>non probability sampling</em>, yakni teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh kualitas produk dan citra merek berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian AMDK Galon AQUA pada kapal di Pelabuhan Tasik Agung Rembang, sedangkan harga berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian AMDK Galon AQUA pada kapal di Pelabuhan Tasik Agung Rembang. Kualitas produk, harga dan citra merek dapat menjelaskan keputusan pembelian sebesar 39%, sedangkan sisanya 61% dipengaruhi atau dijelaskan di luar model penelitian ini.</p> 2024-08-07T09:13:38+07:00 Copyright (c) 2024 Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi https://permana.upstegal.ac.id/index.php/permana/article/view/435 Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Standar Grooming dan Kebersihan Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Citra Merek 2024-08-07T10:07:05+07:00 Muhammad Ujang Adi Setiawan ujangadi.s@gmail.com Tabrani multiplier@upstegal.ac.id Teguh Budi Raharjo teguhbudir@gmail.com <p>Tujuan dalam peneltian ini adalah menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, standar <em>grooming</em> dan kebersihan terhadap kepuasan pelanggan melalui citra merek pada miniresto Dyno Chicken. Penelitian ini menggunakan pendekatan explanatory research yang melibatkan penggunaan pendekatan kuantitatif sebagai metode eksplorasi. Objek penelitian meliputi kualitas pelayanan, kualitas produk, standar <em>grooming</em>, kebersihan, kepuasan pelanggan dan citra merek. Subjek penelitian adalah para pelanggan/konsumen Miniresto Dyno Chicken yang berada di Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pelanggan/konsumen sejumlah rata-rata 756 orang per hari. Pengambilan sambel menggunakan tehnik random sampling, sebanyak 88 responden berdasarkan rumus Slovin. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, Metode Analisis Data mengunakan Path Analysis, pengolahan data dengan metode partial square program PLS. Hasil yang didapatkan yitu citra merek pada Miniresto Dyno Chicken dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan kualitas produk, sedangkan kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh kebersihan</p> 2024-08-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi https://permana.upstegal.ac.id/index.php/permana/article/view/361 Determinan yang Mempengaruhi Minat UMKM Terhadap Penggunaan Cloud accounting 2024-08-07T10:07:05+07:00 Priyastiwi priyastiwi@stieww.ac.id Meisyliana Nur Fitria Rasyid Meisyliana01@gmail.com <p>Penggunaan teknologi saat ini yang semakin maju, membuat UMKM sekarang merasakan dampak dari kemajuan ini,salah satunya adalah dengan penggunaan <em>cloud accounting</em>. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mempelajari bagaimana determinan yang mempengaruhi minat UMKM terhadap penggunaan <em>cloud accounting</em>. Metode kuantitatif dengan penelitian survey digunakan sebagai pendekatan penelitian ini. Dalam penelitian ini,metode survey online digunakan, dengan sampel 134 responden.Hasil penelitian menunjukan bahwa determinan minat <em>cloud accounting</em> berdampak positif, sedangkan variabel moderasi kecemasan teknologi terhadap <em>Perceived Uselfuness</em> dan <em>Perceived Ease of Use</em> berdampak negatif.</p> 2024-08-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi https://permana.upstegal.ac.id/index.php/permana/article/view/359 Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan dan Persepsi atas Efektivitas Sistem Perpajakan terhadap Kepatuhan Pajak UMKM dengan Kesadaran Pajak Sebagai Variabel Mediasi 2024-08-07T10:07:05+07:00 Arsita Winda Fatharani arsitawindaf1@gmail.com <p>Pajak pendapatan disebut sebagai kontributor utama dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), namun penerimaan pajak masih kurang maksimal yang disebabkan oleh beberapa kondisi seperti ketidaktahuan dan ketidakpedulian wajib pajaknya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman perpajakan dan persepsi atas efektivitas sistem perpajakan terhadap kepatuhan pajak dengan kesadaran pajak sebagai variabel mediasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak pelaku UMKM yang berdomisili di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).&nbsp; Teknik pengambilan sampelnya menggunakan <em>convience sampling</em> dengan sampel 100 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif analisis linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh pemahaman peraturan perpajakan dan persepsi atas efektivitas sistem perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan pajak UMKM. Dan variabel kesadaran pajak mampu memediasi pengaruh pemahaman peraturan perpajakan dan persepsi atas efektivitas sistem perpajakan terhadap kepatuhan pajak UMKM.</p> 2024-08-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi https://permana.upstegal.ac.id/index.php/permana/article/view/360 Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Slack Resources, dan Gender Diversity terhadap Pengungkapan Sustainability Report 2024-08-07T10:07:05+07:00 Lailatul Rohmawati 20013010099@student.upnjatim.ac.id Condro Widodo condro.widodo.ak@upnjatim.ac.id <p>Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pertumbuhan perusahaan, <em>slack resources</em>, dan <em>gender diversity</em> terhadap pengungkapan <em>sustainability report</em> pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020 – 2022. Metode yang digunakan untuk penelitian ini yaitu kuantitatif dengan mengumpulkan sampel menggunakan metode <em>purposive sampling.</em> Hasil yang didapatkan yaitu pertumbuhan perusahaan dan <em>gender diversity</em> tidak berpengaruh terhadap pengungkapan sustainability report, sedangkan<em> slack resources</em> berpengaruh negatif terhadap pengungkapan <em>sustainability report</em>.</p> 2024-08-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi https://permana.upstegal.ac.id/index.php/permana/article/view/386 Pengembangan Penelitian Green Accounting pada Database Scopus; Metode Systematic Literature Review 2024-08-07T10:07:05+07:00 Dien Noviany Rahmatika diennovi@yahoo.co.id Juli Riyanto Tri Wijaya tri.wijaya3@gmail.com <p>Peningkatan suhu global dan terus menerusnya perubahan iklim di seluruh dunia menyebabkan fluktuasi suhu dan kondisi cuaca yang ekstrem dan sulit diprediksi. Akuntansi lingkungan pada dasarnya menekankan perlunya kesadaran perusahaan yang telah merasakan manfaat dari lingkungan untuk secara proaktif meningkatkan upaya meminimalisasi isu-isu lingkungan. Tujuan dari literatur ini untuk mengetahui seberapa luas penelitian tentang green accounting yang telah dilakukan oleh penelitian sebelumnya yang sudah terbit pada jurnal-jurnal yang telah terindeks scopus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan teknik studi literatur pada 175 artikel penelitian. Sumber penelitian yang digunakan adalah penelitian-penelitian yang terbit di jurnal yang telah terindeks scopus dari tahun 2017-2023 kemudian diolah dengan menggunakan software vosviewer versi 1.6.18. Hasil penelitian menghasilkan bahwa China merupakan negara yang telah mempublikasikan penelitian green accounting terbanyak pada jurnal-jurnal yang telah terindeks scopus. Penelitian terkait green accounting yang telah berhasil terbit di jurnal-jurnal terindeks scopus sebagian besar berafiliasi pada Ministry of Education of the People’s Republic of China dengan subjek area “business, management, and accounting”.</p> 2024-08-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi https://permana.upstegal.ac.id/index.php/permana/article/view/388 Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Tahunan Dalam Penggunaan Layanan Samsat Keliling 2024-08-07T10:07:05+07:00 Sri Murdiati srimurdiati@yahoo.com <p>Pembangunan pada hakikatnya adalah proses pembaruan berkesinambungan untuk mencapai suatu keadaan yang dianggap lebih baik. Pembangunan itu sendiri diartikan sebagai upaya meningkatkan, mengembangkan, dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia, baik berupa sumber daya alam maupun sumber daya manusia, yang hasilnya ditujukan bagi sebesar-besarnya kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Pembangunan hanya akan dapat dilaksanakan melalui rangkaian investasi dengan dukungan dana yang besar. Dana pembangunan itu dapat diperoleh dari berbagai sumber, pemerintah dan swasta, baik dari dalam negeri maupun manca negara. Salah satu sumber dana pembangunan ini berasal dari pajak. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan jenis pendekatan kuantitatif. Data primer diperoleh dari kuesioner menggunakan teknik sampling insidential dengan 100 responden. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah uji analisis linier berganda, uji t, uji F dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa perhitungan uji t variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan wajib pajak, sedangkan hasil perhitungan uji untuk variabel persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap kepuasan wajib pajak, pada uji F didapatkan hasil kualitas pelayanan, dan persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap kepuasan wajib pajak tahunan dalam penggunaan layanan samsat keliling pada Samsat Kabupaten Tegal.</p> 2024-08-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi https://permana.upstegal.ac.id/index.php/permana/article/view/387 Analisis Penggunaan Statistical Process Control (SPC) Dalam Pengendalian Kualitas 2024-08-07T10:07:06+07:00 Tri Sulistyani sulistyani.tri@gmail.com Rikha Safitri rikhasa@yahoo.com <p>Statistical Process Control (SPC) adalah sebuah teknik statistik yang digunakan secara luas untuk memastikan bahwa proses memenuhi standar. SPC digunakan untuk mengukur kinerja sebuah proses. Alat yang digunakan dalam SPC adalah peta kendali. Peta kendali adalah gambaran grafis data sejalan dengan waktu yang menunjukkan batas atas dan bawah proses yang ingin kita kendalikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah Statistical Process Control (SPC) dengan alat bantu Peta Kendali P-Chart dan Diagram Sebab Akibat. Hasil yang didapat adalah jenis-jenis kerusakan yang terjadi pada produk benang Rayon Ne 100% 6s yang diproduksi oleh PT. Lakumas adalah Neps (serat tidak bisa diurai) sebanyak 2.145 kg, Thin (benang tipis) sebanyak 1.119 kg, Twist (pelintiran) sebanyak 1.102 kg,&nbsp; dan Thick (benang tebal) sebanyak 1.073 kg, proses pengendalian kualitas di PT. Lakumas sudah dilaksanakan dengan baik, karena dari grafik Peta Kendali P-Chart diketahui tidak ada titik-titik yang berada di luar batas kendali (UCL dan LCL). Seluruh titik yang berjumlah 29 titik berada dalam kendali, artinya proses produksi di PT. Lakumas dapat dinilai terkendali atau menunjukkan tidak terdapat penyimpangan, walaupun tidak ada penyimpangan, akan tetapi dari grafik Peta Kendali diketahui terjadi abnormal/ketidaknormalan dalam proses produksi benang di PT. Lakumas yang termasuk dalam kategori pelekatan, artinya masih ada sesuatu yang salah dan harus diperbaiki, untuk memperbaiki kualitas produk benang di PT. Lakumas,&nbsp; diberikan usulan tindakan perbaikan yang diklasifikasikan berdasarkan 4 faktor penyebab, yaitu manusia, metode, mesin, dan material, dimana masing-masing faktor penyebab diberikan rekomendasi atau usulan tindakan perbaikan untuk dapat meningkatkan kualitas produk benangnya.</p> 2024-08-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi https://permana.upstegal.ac.id/index.php/permana/article/view/366 Pengaruh Capital, Asset, Management, Earning, Liquidity dan Sensitivity of Market Terhadap Harga Saham 2024-08-07T10:07:06+07:00 Rhosilah 20200102004rhosilah@gmail.com Sri Handayani srihanda@yahoo.com <p>Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh rasio CAMELS terhadap harga saham perusahaan perbankan di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Rasio CAMELS mencakup enam komponen: CAR, NPL, NPM, BOPO, LDR, dan IER, yang diperoleh dari laporan keuangan melalui situs resmi BEI. Metode analisis regresi linear berganda digunakan untuk menguji pengaruhnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama, rasio CAMELS berpengaruh signifikan terhadap harga saham perusahaan perbankan. Selain itu, secara parsial, masing-masing rasio CAMELS juga memiliki pengaruh terhadap harga saham. Implikasi temuan ini dapat membantu investor, manajemen, dan regulator dalam pengambilan keputusan. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya meliputi pengembangan model atau penambahan variabel untuk mendalami aspek-aspek lain yang mempengaruhi hubungan tersebut.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Rasio CAMELS, Harga Saham, Perusahaan Perbankan, Bursa Efek Indonesia</p> 2024-08-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi https://permana.upstegal.ac.id/index.php/permana/article/view/431 Faktor Penyebab Rendahnya Kesadaran & Kepatuhan Wajib Pajak Restoran 2024-08-07T10:07:06+07:00 Cahya Arie Nugroho alvarie1979@gmail.com Icuk Rangga Bawono cukycutes@yahoo.com Emir Surya Rahmajati emier.surya@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor penyebab rendahnya kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap pembayaran pajak restoran di Kabupaten Banyumas. Objek penelitian ini adalah 288 restoran dan informan dalam penelitian ini adalah pemilik ataupun pihak yang berwenang dalam restoran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara garis besar, terdapat tujuh faktor utama yang menyebabkan rendahnya kesadaran dan kepatuahn masyakarat dalam membayar pajak restoran, diantaranya adalah kurangnya pemahaman wajib pajak terhadap pajak restoran; tarif pajak yang dinilai terlalu tinggi dan memberatkan; wajib pajak belum melakukan pemungutan kepada konsumen; pemerintah dinilai tidak berkontribusi dalam usaha wajib pajak; tidak ada sanksi yang tegas terhadap pelanggaran pajak; dan ketidakjelasan aturan perpajakan.</p> 2024-08-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi https://permana.upstegal.ac.id/index.php/permana/article/view/355 Analisa Pencegahan Kecurangan ditinjau dari Penerapan Good Corporate Governance, Pengendalian Internal, dan Whistleblowing System 2024-08-23T16:57:50+07:00 Meuthia Amalia meuthiaamalia@mhs.unisbank.ac.id Elen Puspitasari elenpuspita@edu.unisbank.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh good corporate governance, pengendalian internal, dan whistleblowing system terhadap pencegahan kecurangan. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dengan metode pengumpulan data berupa penyebaran kuesioner kepada pegawai PT BPR BKK Pati (Perseroda) sebagai anggota populasi. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan total sampel sebanyak 73 responden. Penelitian ini menggunakan SEM-PLS dengan perangkat lunak SmartPLS 4.0. Mayoritas responden pada penelitian ini menduduki posisi sebagai Teller dan Staf Pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengendalian internal berpengaruh terhadap pencegahan kecurangan. Sedangkan good corporate governance dan whistleblowing system tidak berpengaruh terhadap pencegahan kecurangan.</p> 2024-08-23T16:56:19+07:00 Copyright (c) 2024 Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi https://permana.upstegal.ac.id/index.php/permana/article/view/442 Analisis Harga, Kualitas Produk, dan Fasilitas untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen 2024-08-26T12:29:48+07:00 Sri Rahayu yayuk.srica@gmail.com Sri Ratih Handayani sriratihhandayani@yahoo.com Mohamad Imron mohimron@yahoo.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji sig<em>­</em>ni<em>­</em>fikansi harga, kualitas produk dan fasilitas dalam meni<em>­</em>ng<em>­</em>katkan kepuasan konsumen baik secara parsial maupun si<em>­</em>multan serta mengetahui variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen. Analisis hasil kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden menggunakan uji t, uji F dan analisis regresi linier berganda. Dari analisis data hasil penyebaran kuesioner diperoleh hasil bahwa melalui uji signifikansi (uji t) harga tidak berpengaruh terhadap kepua<em>­</em>san konsumen, sedangkan kualitas produ<em>k</em> dan fasilitas secara parsial siginifikan terhadap kepuasan konsumen. Namun secara simultan ketiga variabel tersebut berpengaruh terha<em>­</em>dap kepuasan konsumen. Dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh hasil bahwa variabel fasilitas merupakan variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan konsumen.</p> 2024-08-26T12:28:16+07:00 Copyright (c) 2024 Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi