https://permana.upstegal.ac.id/index.php/permana/issue/feed Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi 2024-04-01T09:44:47+07:00 Ridho mohammad.arridho@upstegal.ac.id Open Journal Systems <p><strong>PERMANA : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi</strong> with <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1250130452" target="_blank" rel="noopener"><strong>ISSN 2085-8469 (printed)</strong></a>&nbsp;and <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1563864051&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener"><strong>ISSN 2685-600X (online)</strong></a>, is published by Faculty of Economics and Business Universitas Pancasakti Tegal. PERMANA is published twice a year (every February and August).</p> <p>Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi is a peer-reviewed journal. PERMANA invites academics and researchers who do original research in the fields of&nbsp; <strong>tax management, management, and accounting including but not limited to Tax Science, Management Science, and Accounting Sciences.</strong></p> https://permana.upstegal.ac.id/index.php/permana/article/view/310 Determinan Nilai Perusahaan: Studi Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi 2024-04-01T09:43:59+07:00 Sonia Nur Amalia nuramaliasonia@gmail.com Astrini Aning Widoretno astrini.widoretno.ak@upnjatim.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis adanya keterkaitan antara variabel yang meliputi struktur modal, profitabilitas, likuiditas, dan pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan yang diproksikan dengan Price to Book Value (PBV). Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada sektor industri barang konsumsi untuk periode 2017-2020. Teknik penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan didapatkan sebanyak 27 perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian. Analisis dilakukan dengan model analisis regresi linear untuk menjelaskan hubungan asosiatif kausal.&nbsp; Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan struktur modal, likuiditas, dan pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai pertimbangan bagi pengguna laporan keuangan dalam memutuskan investasi yang akan dilakukan dan bagi perusahaan diharapkan dapat meningkatkan kinerjanya untuk dapat meningkatkan nilai perusahaan.</p> 2024-02-02T21:42:24+07:00 Copyright (c) 2024 Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi https://permana.upstegal.ac.id/index.php/permana/article/view/313 Pencegahan Tindakan Kecurangan (Fraud) Dengan Budaya Organisasi Sebagai Variabel Pemoderasi 2024-04-01T09:43:58+07:00 Farah Anissa Ilmi 19013010124@student.upnjatim.ac.id Dwi Suhartini dwisuhartini.ak@upnjatim.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis persepsi dari karyawan dalam suatu perusahaan mengenai pengendalian internal, kompetensi sumber daya manusia, kesadaran anti-fraud terhadap pencegahan kecurangan (fraud) dengan budaya organisasi sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini dilakukan di PT. Borwita Citra Prima dengan menggunakan 97 karyawan Divisi Finance and Accounting sebagai responden. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan Partial Least Square (PLS) sebagai teknik analisisnya dan dengan menggunakan software WarpPLS 8.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencegahan kecurangan (fraud) di PT. Borwita Citra Prima didukung oleh tingginya tingkat kompetensi dan kesadaran anti-fraud yang dimiliki oleh karyawan Divisi Finance and Accounting. Namun, pengendalian internal bukan sebagai faktor yang mendorong optimalnya pencegahan kecurangan (<em>fraud</em>). Selain itu, studi empiris membuktikan bahwa budaya organisasi mampu memperkuat hubungan antara kompetensi sumber daya manusia terhadap pencegahan kecurangan (<em>fraud</em>), namun budaya organisasi bukan sebagai variabel moderasi dalam hubungan pengendalian internal dan kompetensi sumber daya manusia terhadap pencegahan kecurangan (<em>fraud</em>).</p> 2024-02-02T22:03:18+07:00 Copyright (c) 2024 Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi https://permana.upstegal.ac.id/index.php/permana/article/view/329 Pengaruh Kompensasi dan Komitmen Pimpinan Terhadap Kepuasan Layanan 2024-04-01T09:43:57+07:00 Yongki Restu Alenarda yongkirestu18@gmail.com Muji Gunarto mgunarto@binadarma.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Kompensasi dan Komitmen Pimpinan terhadap Kepuasan Layanan. Penelitian ini menggunakan data primer. Objek penelitian adalah Perusahaan Daerah Air Minum Palembang. Populasi Penelitian ini berjumlah 618 karyawan. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan rumus slovin dengan total sampel sebanyak 242 sampel. Metode Teknik Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan Partial Least Square (PLS) dengan program SmartPLS versi 4.0. &nbsp;Hasil Penelitian ini menemukan bahwa Kompensasi dan Komitmen Pimpinan berpengaruh terhadap Kepuasan Layanan. Hal ini berarti bahwa semakin baik pemberian kompensasi dan komitmen pimpinan akan berdampak positif bagi kepuasan layanan.&nbsp;Penelitian ini dapat memberikan wawasan baru dan informasi berharga kepada Perusahaan Daerah Air Minum Palembang. Kontribusi berupa informasi kepada perusahaan terkait pengaruh kompensasi dan komitmen pimpinan terhadap kepuasan layanan sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi manajemen dalam mengambil keputusan. dan diharapkan dapat menjadi referensi bagi pihak lain yang tertarik untuk melakukan penelitian yang sama di masa mendatang.&nbsp;Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu hanya berfokus pada pengujian variabel kompensasi dan komitmen pimpinan terhadap kepuasan layanan, maka tidak dipungkiri adanya variabel lain diluar variabel tersebut yang mempengaruhi kepuasan layanan. Dan keterbatasan lainnya Penelitian ini hanya menggunakan 242 responden dari 618 karyawan Perusahaan Daerah Air Minum Palembang</p> <p><em>&nbsp;</em></p> 2024-02-02T22:34:27+07:00 Copyright (c) 2024 Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi https://permana.upstegal.ac.id/index.php/permana/article/view/336 Pengaruh Persepsi Dukungan Organisasi Terhadap Komitmen Organisasi 2024-04-01T09:43:56+07:00 Anggi Andriani anggiandriani861@gmail.com Kusmiyanti kusmiyanti.poltekip@gmail.com <p>Komitmen organisasi merupakan faktor yang dapat membantu organisasi dalam mencapai tujuannya. Komitmen organisasi dapat dipengaruhi oleh beberapa aspek, diantaranya adalah persepsi dukungan organisasi yang dirasakan pegawai. Hal ini dikarenakan dengan persepsi dukungan organisasi yang tinggi akan meningkatkan komitmen organisasi yang dimiliki oleh pegawai sehingga akan berkontribusi penuh dalam mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi dukungan organisasi terhadap komitmen organisasi pada pegawai di Rutan Kelas IIB Purbalingga. Metode Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan teknik total sampling yaitu sebanyak 52 orang pegawai. Hasil dari penyebaran kuisioner kemudian dianalisis dengan uji analisis deskriptif, uji regresi linier sederhana, uji signifikansi dan uji determinasi menggunkanan bantuan Software IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang diberikan variabel bebas terhadap variable terikat. Peneliti memperoleh hasil t hitung 10.853 &gt; 2.009 (t hitung &gt; t tabel) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kemudian dilakukan uji determinasi dengan nilai R Square sebesar 0,702 dimana menunjukan pengaruh persepsi dukungan organisasi terhadap komitmen organisiasi pegawai sebesar 70.2% sedangkan 29.8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi dukungan organisasi terhadap komitmen kerja pada pegawai di Rutan Kelas IIB Purbalingga.</p> 2024-02-03T09:50:32+07:00 Copyright (c) 2024 Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi https://permana.upstegal.ac.id/index.php/permana/article/view/348 Pengaruh Lingkungan Kerja, Pengetahuan Regulasi dan Kompetensi Terhadap Kinerja 2024-04-01T09:43:55+07:00 Yeti Nurul Salatin yetinurul@yahoo.com Tabrani tabrani@upstegal.ac.id <p>Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh ling­kungan kerja terhadap motivasi kerja, mengetahui pengaruh pengetahuan regulasi terhadap motivasi kerja, mengetahui pengaruh kompetensi pegawai terhadap motivasi kerja, mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai, mengetahui pengaruh pengetahuan regulasi ter­hadap kinerja pegawai, mengetahui pengaruh kompetensi pegawai terhadap kinerja pegawai, mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga kesehatan di Puskesmas Bangun Galih Tegal yaitu sebanyak 48 pegawai. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh atau studi sensus. Dengan demikian maka jumlah sampel juga sebanyak 48 pegawai. Hasil penelitian adalah tidak terdapat pengaruh lingkungan kerja motivasi kerja, tidak terdapat pengaruh pengetahuan regulasi terhadap motivasi kerja, terdapat pe­ngaruh positif dan signifikan kompetensi terhadap motivasi kerja, tidak terdapat pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja tenaga kesehatan, terdapat pengaruh positif dan sig­nifikan pengetahuan regulasi terhadap kinerja tenaga kese­hatan, terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi terhadap kinerja tenaga kesehatan, tidak terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja tenaga kesehatan</p> 2024-02-04T12:52:20+07:00 Copyright (c) 2024 Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi https://permana.upstegal.ac.id/index.php/permana/article/view/352 Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, dan Harga Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan 2024-04-01T09:43:54+07:00 Tri Filia Dewi trifildewi@gmail.com Abdulloh Mubarok mubarokfeups@gmail.com <p>Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari store atmosphere, kualitas pelayanan, dan harga produk pada loyalitas pelanggan Café Eatboss. Analisis yang digunakan yaitu PLS. hasil yang didapatkan yaitu store atmosphere tidak berpengaruh pada loyalitas, kualitas pelayanan berpengaruh pada loyalitas, harga produk berpengaruh pada loyalitas, store atmosphere ber¬pe¬ngaruh terhadap kepuasan, kualitas pelayanan tidak ber¬pe¬ngaruh terhadap kepuasan, harga produk berpengaruh pada kepuasan, kepuasan pelanggan berpengaruh pada loyalitas pe¬la¬nggan cafe Eatboss Tegal, kepuasan pelanggan mampu memediasi pengaruh store atmosphere terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan tidak mampu memediasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan mampu memediasi pengaruh harga produk terhadap loyalitas pelanggan.</p> 2024-02-04T13:04:18+07:00 Copyright (c) 2024 Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi https://permana.upstegal.ac.id/index.php/permana/article/view/353 Pengaruh Strategic Leadership Style, Green Human Resource Management Dan Remunerasi Terhadap Kinerja Melalui Motivasi Kerja Sebagai Variable Intervening 2024-04-01T09:44:47+07:00 Rakhmat Adi Wibowo rakhmatwibowo@yahoo.com Dewi Indriasih dewi.indriasih@gmail.com <p>Tujuan dilakukannya pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategic leadership style, green human resource management, remunerasi, strategic leadership style, green human resource management, remunerasi, motivasi terhadap kinerja. Metode penelitian ini adalah penelitian survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh prajurit Yonif 407/PK Tegal yang berjumlah 442 orang prajurit. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu prajurit siap dan berada di obyek penelitian pada saat dilakukan penelitian dan prajurit yang telah memiliki. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data di penelitian ini adalah kuesioner. Metode Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif PLS. Beberapa simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah strategic leadership style berpengaruh terhadap kinerja prajurit green human resource management tidak berpengaruh terhadap kinerja prajurit, remunerasi berpengaruh terhadap kinerja prajurit strategic leadership style berpengaruh terhadap motivasi kerja, green human resource management tidak berpengaruh terhadap motivasi kerja remunerasi berpengaruh terhadap motivasi kerja, motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja prajurit, motivasi kerja mampu memediasi pengaruh strategic leadership style terhadap kinerja prajurit, motivasi kerja belum mampu memediasi pengaruh green human resource management terhadap kinerja prajurit motivasi kerja mampu memediasi pengaruh remunerasi terhadap kinerja prajurit.</p> 2024-02-04T13:15:02+07:00 Copyright (c) 2024 Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi https://permana.upstegal.ac.id/index.php/permana/article/view/354 Pengaruh Kompensasi dan Kedisiplinan Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Dengan Kepuasan Pegawai dan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening 2024-04-01T09:43:52+07:00 Siti Solikha Mardiyah solikmar@gmail.com Joko Mariyono jokomariyono@upstegal.co.id <p>Tujuan dilakukannya pada penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kompensasi, kedisiplinan, kepuasan pegawai, motivasi kerja, kinerja pegawai. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 300 orang yang merupakan Pegawai RSUD Brebes yang berstatus PNS dan teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik “cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner. Metode Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengujian instrument penelitian, analisis statistik deskriptif, structutal equation modeling (SEM), dan uji mediasi. Beberapa simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif kompensasi terhadap kepuasan pegawai, terdapat pengaruh positif kedisiplinan terhadap kepuasan pegawai, terdapat pengaruh positif kompensasi terhadap motivasi kerja, terdapat pengaruh positif kedisiplinan terhadap motivasi kerja, terdapat pengaruh positif kompensasi terhadap kinerja pegawai, terdapat pengaruh positif kedisiplinan terhadap kinerja pegawai, terdapat pengaruh negatif kepuasan pegawai terhadap kinerja pegawai, tidak terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai, kepuasan pegawai dan motivasi kerja belum mampu memediasi pengaruh kompensasi terhadap kinerja pegawai, kepuasan pegawai dan motivasi kerja belum mampu memediasi pengaruh kedisiplinan terhadap kinerja pegawai</p> 2024-02-04T13:26:16+07:00 Copyright (c) 2024 Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi https://permana.upstegal.ac.id/index.php/permana/article/view/350 Analisis Analisis Kelayakan Dan Persepsi Pengunjung Terhadap Obyek Dan Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) Pantai Lon Malang 2024-04-01T09:43:51+07:00 Triana Setiyarini triana.setiyarini@trunojoyo.ac.id Yustina Chrismardani yustina.chrismardani@trunojoyo.ac.id <p>The aim of the study was to determine the level of feasibility and visitors' perceptions of Natural Tourism Objects and Attractions (ODTWA) Lon Malang Beach, Sampang Regency. The research method uses descriptive quantitative because it describes a condition of feasibility level and visitors' perceptions objectively based on numbers. The data collection method was carried out through interviews with 3 informants to obtain information regarding the feasibility of ODTWA and questionnaires to obtain data on visitor perceptions. The sample for the purpose of analyzing visitor perceptions is 100 respondents. The results of the study indicate that Lon Malang Beach is feasible to be developed as a tourist destination. On</p> <p>average, ODTWA received a "Good" rating. This means that visitors perceive Lon Malang Beach as a beautiful, clean, comfortable and safe beach. The research implication for the government and managers is to further increase the level of eligibility and visitor perceptions to become "Very Eligible" and "Very Good" for example by building homestays at tourist sites, providing Sampang culinary specialties, Sampang batik centers, and more systematic waste management involving managers. , the SMEs community and tourism visitors to Lon Malang Beach.</p> 2024-02-05T16:44:44+07:00 Copyright (c) 2024 Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi https://permana.upstegal.ac.id/index.php/permana/article/view/322 Kepuasan Pengguna Jasa terhadap Kualitas Lulusan Program Doktor Ilmu Ekonomi 2024-04-01T09:43:50+07:00 Wahyuningsih Sentosa wahyuningsih@trisakti.ac.id Willy Arafah willy.arafah@gmail.com Wahyuni Rusliyana Sari wahyuni.rusliyana@trisakti.ac.id <p class="StyleE-JOURNALAbstractBodyEnglishHeadingsCambria"><span lang="IN">Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan dari para Pengguna Lulusan terhadap kinerja alumni yang bekerja pada organisasi mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Jumlah responden yang berpartisipasi adalah sejumlah 23 responden yang merupakan atasan dari lulusan Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Trisakti untuk Konsentrasi Kebijakan Publik, Sustainable Development, Islamic Economics Finance, Akuntansi, Manajemen Stratejik, Service Manajemen dan Manajemen Keuangan, Pemasaran dan Sumber Daya Manusia. Hasil dari penelitian ini adalah Integritas para lulusan dinilai sangat baik oleh 87 persen pengguna jasa, sedangkan keahlian pada bidang ilmu, kerja sama tim dan pengembangan diri memperoleh nilai kepuasan sangat baik lebih dari 70 persen. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi masing-masing dinilai sangat baik sebesar 65.2 persen dan 69.6 persen. Penguasaan Bahasa asing dinilai baik sebesar 69.6 persen. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa secara umum pengguna jasa menilai bahwa kinerja lulusan adalah sangat baik dengan tingkat kepuasan sebesar 92,55 persen. </span></p> 2024-02-05T16:48:28+07:00 Copyright (c) 2024 Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi https://permana.upstegal.ac.id/index.php/permana/article/view/339 Pengaruh Perputaran Kas, Struktur Modal, Pertumbuhan Laba dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas 2024-04-01T09:43:49+07:00 Dara Anggita daraanggita@gmail.com Siska Dewi siskadewi@gmail.com Anni Safitri annishafitri96@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perputaran kas, struktur modal, pertumbuhan laba dan uku­ran perusahaan terhadap profitabilitas. Populasi penelitian adalah perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik <em>purposive sampling</em>. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan me­nggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa perputaran kas tidak berpengaruh sig­nifikan terhadap profitabilitas, struktur modal berpengaruh negative dan signifikan terhadap profitabilitas, pertumbuhan laba berpengaruh positif dan signifikan terhadap pro­fi­ta­bilitas, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Sedangkan untuk hasil secara simultan me­nunjukkan bahwa perputaran kas, struktur modal, per­tum­buhan laba, dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas.</p> 2024-02-11T20:22:52+07:00 Copyright (c) 2024 Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi