Pengaruh Social Media Marketing Activities (SMMA) Terhadap Customer Loyality Dan Dimediasi Customer Satisfaction (Studi Pada Pengguna Tiktokshop Di Yogyakarta)

Main Article Content

Mahdanito Fadzika Bakti
Ida Bagus Nyoman Udayana
Bernadetta Diansepti Maharani

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana pengaruh aktivitas pemasaran melalui media sosial (Social Media Marketing Activities/SMMA) terhadap loyalitas pelanggan, dengan customer satisfaction sebagai variabel perantara pada pengguna TikTokShop di wilayah Yogyakarta. Latar belakang studi ini didasari oleh pesatnya perkembangan media sosial sebagai sarana promosi digital, di mana TikTokShop tumbuh pesat sebagai salah satu e-commerce berbasis konten. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan teknik purposive sampling yang melibatkan 112 pengguna TikTokShop sebagai responden. Penelitian ini menguji pengaruh dari SMMA, kualitas hubungan pelanggan (Customer Relationship Quality), kepuasan pelanggan (Customer Satisfaction), dan loyalitas pelanggan (Customer Loyalty). Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda dan uji Sobel untuk melihat efek mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik SMMA maupun kualitas hubungan pelanggan berpengaruh positif terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Selain itu, kepuasan pelanggan juga terbukti menjadi perantara yang memperkuat hubungan antara SMMA dengan loyalitas pelanggan. Temuan ini menekankan pentingnya optimalisasi strategi media sosial dan peningkatan kualitas hubungan pelanggan dalam membangun loyalitas konsumen di platform digital

Article Details

How to Cite
Bakti, M. F. ., Udayana, I. B. N. ., & Maharani, B. D. . (2025). Pengaruh Social Media Marketing Activities (SMMA) Terhadap Customer Loyality Dan Dimediasi Customer Satisfaction (Studi Pada Pengguna Tiktokshop Di Yogyakarta). Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 17(3), 792–804. https://doi.org/10.24905/permana.v17i3.1001
Section
Articles

References

Alalwan, A. A., Rana, N. P., Dwivedi, Y. K., & Algharabat, R. (2017). Social media in marketing: A review and analysis of the existing literature. Telematics and Informatics, 34(7), 1177–1190. https://doi.org/10.1016/j.tele.2017.05.008

Atmaja, D. R., & Afandi, R. K. (2024). Pengaruh Orientasi Pelanggan, Kepuasan Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. 13(September), 1607–1626. https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i3.1208

Awan, A., & Rehman, A. (2014). Impact of Customer Satisfaction on Brand loylty - an Empirical Analysis of Home Appliances in Pakistan. Journal of Chemical Information and Modeling, 2(8), 18–32. http://www.eajournals.org/wp-content/uploads/Impact-Of- Customer-Satisfaction-On-Brand-Loyalty-An-Empirical-Analysis-Of-Home- Appliances-In-Pakistan..pdf

Banerji, R., & Singh, A. (2024). Do social media marketing activities promote customer loyalty? A study on the e-commerce industry. LBS Journal of Management & Research, 22(1), 93–109. https://doi.org/10.1108/lbsjmr-04-2023-0016

Fatma, N., Irfan, N. F., & Latiep, I. F. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Produk Menggunakan Persepsi Harga dan Kualitas Produk. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(2), 533–540.

Oktaviana Pinaraswati, S., & Djoko Baruno, A. (2023). Impact of Customer Relationship Management and Service Quality To Customer Loyalty Showroom “Mujur Mobil.” Business and Accounting Research (IJEBAR) Peer Reviewed-International Journal, 7(2), 2023. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR

Omeje, N. U., & Olise, M. C. (2022). Mediating Effect of Customer Satisfaction On Relationship Marketing and Customer Loyalty Among Commercial Banks Customers in Awka, Anambra State. British Journal of Marketing Studies, 10(5), 28–40. https://doi.org/10.37745/bjms.2013/vol10n52840

Ramadhan, S., & Fikriah, N. L. (2024). Service Quality and Customer Relationship Management on Customer Loyalty: The Mediating Role of Customer Satisfaction. Asian Journal of Economics, Business and Accounting, 24(6), 540–551. https://doi.org/10.9734/ajeba/2024/v24i61380

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (3rd ed.). Alfabeta. Wahyudi, H. D., & Parahiyanti, C. R. (2021). The Effect of Social Media Marketing to

Satisfaction and Consumer Response: Examining the Roles of Perceived Value and Brand Equity as Mediation. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(12), 285. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v8i12.3210

Zelia, Z., & Moch Sabur. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Activities Terhadap Customer Loyalty. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(2), 3255–3268. https://doi.org/10.25105/jet.v3i2.17928