Pengaruh Promotion, Online Customer Review dan Trust terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Lazada

Main Article Content

Hana Fitania Indri Leksono
Lilik Indayani
Misti Hariasih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi, ulasan pelanggan daring (online customer review), dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian konsumen pada platform marketplace Lazada. Latar belakang penelitian ini adalah meningkatnya transaksi digital di Indonesia, yang menuntut pemahaman lebih dalam mengenai faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen. Pendekatan yang digunakan bersifat kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui kuesioner terhadap 100 responden pengguna aktif Lazada. Analisis data dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Online Customer Review berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian.merupakan determinan utama dalam mendorong intensi pembelian pada marketplace.

Article Details

How to Cite
Leksono, H. F. I., Lilik Indayani, & Misti Hariasih. (2025). Pengaruh Promotion, Online Customer Review dan Trust terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Lazada. Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 17(3), 1114–1126. https://doi.org/10.24905/permana.v17i3.1010
Section
Articles

References

Amin, A. M., & Hendra. (2020). The Effect of Trust, Easiness, and Promotion on Online Purchase Decision Of Lazada.co.id. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 1(1), 78–96.

Aulia, T., Ahluwalia, L., & Puji, K. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan penggunaan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee di Bandar Lampung. SMART: Strategy of Management and Accounting through Research and Technology, 2, 58–69.

Citrawati, F. D., & Yulianto, M. R. (2024). Pengaruh Video Marketing, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Pengguna Marketplace Shopee. 8(2), 1–13. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v8i2.1718

Dwijantoro, R., Dwi, B., & Syarief, N. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 63. https://doi.org/10.21460/jrmb.2021.162.392

Dwipa Premesti, A., & Aminah, S. (2023). The Influence of Brand Image and Online Customer review on Purchasing Decisions in the Lazada Marketplace. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(5), 7640–7647.

Ghoni, M. A., & Soliha, E. (2022). Pengaruh Brand Image, Online Customer review dan Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Jurnal Mirai Management, 7(2), 14–22.

Hikmah, R. N. (2024). Pengaruh Online Customer review dan Trust terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo pada Marketplace Lazada Universitas Perjuangan Tasikmalaya , Indonesia. 3(3).

Intan, D. E. I. P., & Ely, E. M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Ponorogo di Marketplace Lazada. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 3(1), 214–236. https://doi.org/10.21154/niqosiya.v3i1.2011

Khasannudin, M. D. R., & Mahendra, P. T. . (2025). Analisis Pengaruh Fasilitas dan Harga Terhadap Minat Beli. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(4), 251–264. https://doi.org/10.62421/jibema.v2i4.124

Kurniawati, E. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Pada Konsumen Lazada . Co . Id Di Kota Semarang ) Endang Kurniawati. 20(1), 65–72.

Kusumawati, I. D. (2024). Pengaruh Brand Image Dan Online Customer review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Lazada (Survey pada Pengguna Lazada di Kabupaten Kuningan). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis (JIMEB) , 1(1), 10–21.

Laila Miftahriani, S. (2024). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Jordan Resto Rangkasbitung, Kabupaten Lebak. Jambura, 6(1), 111–117.

Lestari, W., Lukitaningsih, A., & Hutami, L. T. H. (2022). Pengaruh Online Customer review, Online Customer Rating, dan Price Consciousness terhadap Keputusan Pembelian. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 2358–2368. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i6.2306

Makmudah, & Reza, T. . (2022). Pengaruh Kepercayaan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada MarketPlace Lazada Di Cikarang Selatan. Jurnal Administrasi Bisnis, 2(3), 449–460.

Mulyadi, A. (2018). Lazada. Variabel yang berpengaruh dominan adalah variabel kualitas informasi. Kata kunci : Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan, 2, 87–94.

Muthmainnah, Jayengsari, R., & Nitami, Y. A. (2024). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Kepada Orang Tua Asuh Terhadap Keputusan Ber-Zis. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(3), 234–255. https://doi.org/10.62421/jibema.v1i3.36

Oktavani, F., & Simatupang, L. N. (2020). Pengaruh Harga, E-Promosi Dan Kepercayaan, Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Aplikasi Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Satya Negara Indonesia Kampus A). Jurnal Manajemen, 4(2), 26–36. https://doi.org/10.54964/manajemen.v4i2.139

Purborini, V. S., & Suryanatha, I. B. . (2024). Analisis Strategi Digital Marketing Shopee Video Dalam Perspektif Hukum Bisnis. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(2), 153–162. https://doi.org/10.62421/jibema.v2i2.92

Rafa Naufal Hanifah, & Arif Fadila. (2023). Pengaruh Online Customer review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Lazada. Public Service and Governance Journal, 4(1), 230–245. https://doi.org/10.56444/psgj.v4i1.1012

Rafiansyah, & Triwardhani, D. (2023). Pengaruh Promosi Penjualan, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pengguna E-Commerce Lazada Di Dki Jakarta). Journal of Young Entrepreneurs, 2(3), 77–92.

Rahmayanti, S., & Dermawan, R. (2023). Pengaruh Live Streaming, Content Marketing, dan Online Customer review Terhadap Keputusan Pembelian pada TikTok Shop di Surabaya. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 337–344. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.2451

Rasiono, A. G. (2024). Model Peningkatan Kepercayaan, Kemudahan, dan Sistem Pembayaran Cash On Delivery terhadap Keputusan Pembelian Online Produk pada Marketplace Lazada. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 7323–7334.

Septianti. (2023). Pengaruh Prestasi Kerja dan Loyalitas Kerja Terhadap Promosi Jabatan. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(2), 140–151. https://doi.org/10.62421/jibema.v1i2.13

Syahdina, A., Febriani, F. A., Melani, N. ., Airafaras, T. ., Prayudi, R. A. ., Arifien, M. R. ., & Abdulbar, H. . (2025). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 3(1), 26–35. https://doi.org/10.62421/jibema.v3i1.140

Tia Mahardhika, W., Fauzi, A., Lestin Anggraeni Supu, A., Galuh Purnama, L., Galuh Purnama, L., Fadilah, S., & Airani, V. (2023). Pengaruh Keamanan dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop pada Marketplace Shopee (Studi Pustaka Manajemen Sekuriti). Jurnal Ilmu Multidisplin, 2(1), 121–129. https://doi.org/10.38035/jim.v2i1.239

Wage, S. (n.d.). Andalas Management & Accounting Journal Analysis of the Factors Influencing Purchase Decisions on the Lazada Marketplace. Andalas Management & Accounting Journal, 1(1), 23–29.

Yahya, M. Z., & Sukandi, P. (2023). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pengguna Marketplace Shopee Masyarakat Kota Bandung). Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi, 20(1), 623–635. https://doi.org/10.33197/jbme.vol20.iss1.2022.1057