Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang

Main Article Content

Ismy Titis Septianingrum
Teguh Hardi Raharjo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan public terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif yang melibatkan populasi sebanyak 121  masyarakat yang datang berkunjung dan menerima pelayanan di Kantor Kecamatan Gajahmungkur. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis regresi linier sederhana yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000, koefisien regresi sebesar 0,476, serta nilai Adjusted R Square sebesar 0,714. Dengan kata lain, 71,4% variasi dalam kepuasan masyarakat dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan publik, sedangkan sisanya sebesar 28,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar variabel penelitian ini. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak pemberi layanan di kecamatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan lebih memperhatikan kebutuhan yang ada pada masyarakat sebagai pengguna layanan guna menciptakan kepuasan yang baik.

Article Details

How to Cite
Septianingrum, I. T., & Raharjo, T. H. . (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang. Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 17(3), 999–1015. https://doi.org/10.24905/permana.v17i3.1047
Section
Articles

References

Alfionita, M., & Gunawan, I. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Jayanti. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.47080/progress.v3i1.761

Bakti, I. G. M. Y., & Sumaedi, S. (2017). IKM Plus: Teknik Pengukuran Kepuasan Masyarakat untuk Mendukung Reformasi Birokrasi Instansi Pelayanan Publik.

Fajriantina Lova, E., & Rizqi Amaliyah, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemerintah Desa Dalam Manajemen Pelayanan Publik Di Desa Gampingan Kecamatan Pagak Kabupaten Malang. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(2), 168–175. https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1346

Futum Hubaib, J. B. A. J. dan. (2021). KONSEP PELAYANAN PUBLIK DI INDONESIA (Analisis Literasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Indonesia). Dedikasi, 22(2), 105. https://doi.org/10.31293/ddk.v22i2.5860

Hafiz, Y., & Syamsir. (2020). The Influence of the Effect of Service Quality and Employee Performance on Community Satisfaction in the Population and Civil Registry Service of Padang City. 125(Icpapg 2019), 20–25. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200305.176

Heriyanto, Y., & Oktarina, N. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Kinerja Pegawai dan Sarana Prasarana Terhadap Kepuasan Masyarakat. 6(1), 116–141. https://doi.org/10.15294/baej.v6i1.12896

Herman, H., & Tobing, V. C. L. (2019). Kinerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Pengurusan KTP-el Dengan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Mederasi Di Kecamatan Batam Kota, Batam. Jurnal Akuntansi Balerang, 2(1), 1–15.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. (2017). Peraturan Menteri PANRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/118705/permen-pan-rb-no-14-tahun-2017

Miftahul, M., & Meirinawati, M. (2022). Kualitas Pelayanan Publik Untuk Meningkatkan Kepuasan Masyarakat Di Kantor Kelurahan Bulak Banteng Kota Surabaya. Publika, 515–526. https://doi.org/10.26740/publika.v10n2.p515-526

Nirmala, I. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat desa Bengkuang kecamatan Suak Tapeh kabupaten Banyuasin. … : Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 9(2), 603–614.

Nurasiah, S., Aden, & Rahman, A. N. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pelayanan Kantor Desa Peusar Dengan Menggunakan Metode Customer Service Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA) (Studi Kasus: Kecamatan Panongan Kabupaten Tangerang). Math Vision, 04(01), 19–29.

Pemerintah Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38782/uu-no-25-tahun-2009

Pramularso, E. Y. (2020). Kualitas Pelayanan dan Kinerja Pegawai terhadap Kepuasan Masyarakat di Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap Kementerian Ketenagakerjaan. Jurnal Perspektif, 18(1), 68–74. https://doi.org/10.31294/jp.v18i1.7549

Rawis, R. W., Ruru, J., & Kolondam, H. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Desa Kanonang Lima Kecamatan Kawangkoan Barat Kabupaten Minahasa. Administrasi Publik, VIII(114), 45–56.