Dinamika Implementasi Strategi Pemasaran pada Layanan Psikologi Modern: Studi Kualitatif Deskriptif di Brain Persona Manado

Main Article Content

Fitayantri Tamau
Francisca A. Therok
Zerah E. Derek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dinamika implementasi strategi pemasaran pada layanan psikologi modern dengan studi kasus di Brain Persona Manado. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh meningkatnya kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan mental pascapandemi, namun masih rendahnya literasi psikologis dan tingginya stigma terhadap layanan psikologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran Brain Persona meliputi pendekatan edukatif melalui media sosial, penguatan citra profesional tenaga psikolog, dan kolaborasi dengan institusi pendidikan. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat, meskipun tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan persepsi negatif terhadap psikologi masih dihadapi. Pendekatan berbasis komunitas dan kerja sama lintas sektor diidentifikasi sebagai solusi potensial dalam memperluas jangkauan dan meningkatkan penerimaan layanan. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi pemasaran layanan kesehatan berbasis psikologi yang lebih inklusif dan berkelanjutan di Indonesia.

Article Details

How to Cite
Tamau, F., Therok, F. A. ., & Derek, Z. E. . (2025). Dinamika Implementasi Strategi Pemasaran pada Layanan Psikologi Modern: Studi Kualitatif Deskriptif di Brain Persona Manado. Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 17(3), 1569–1576. https://doi.org/10.24905/permana.v17i3.1048
Section
Articles

References

Afifah, N., Putri, Y. F. P., & Trihandayani, D. (2022). Persepsi Masyarakat Pulau Jawa Terhadap Konseling Online. KPIN: Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara, 8(15), 2020–2022. https://buletin.k-pin.org/index.php/arsip-artikel/1095-persepsi-masyarakat-pulau-jawa-terhadap-konseling-online?utm_source=perplexity

Berliana Oktavia Setyawati, E. (2024). Digital marketing strategies in healthcare services: literature review. International Journal of Health Science and Technology, 06(2), 89–99.

Elmi Astrabel. (2025). Implementasi Program Kesehatan Jiwa Di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Wilayah Kerja Kota Pekanbaru Tahun 2024. Jurnal Kesehatan Madani Medika, 15(02), 189–198. https://doi.org/10.36569/jmm.v15i02.414

Fernando Pausoan Gultom, D., Rita Wahidi, K., & Nofierni, N. (2025). Pengaruh Dukungan Psikososial, KIE dan Fasilitas Layanan Kesehatan terhadap Keputusan Ibu Hamil dalam Memilih ANC dan Persalinan. Journal of Comprehensive Science (JCS), 4(3), 1247–1265. https://doi.org/10.59188/jcs.v4i3.3087

Lase, S. P. C., Waruwu, V. E., Zebua, Y., & Zebua, Y. (2025). Efektivitas Promosi Media Sosial Dalam Meningkatkan Brand Awareness Pada Generasi Milenial. Jukoni, 02(1), 80–87.

Manullang, Y., Rochadi, R. K., Tarigan, F. L., Nababan, D., & Bangun, H. A. (2022). Implementasi Pelayanan Kesehatan Jiwa Berbasis Komunitas di Puskesmas Parlilitan Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2022. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 8(2), 1219–1231. https://jurnal.uui.ac.id/index.php/JHTM/article/view/2390

Noferdy, R. (2023). Pengalaman Penggunaan Layanan Konseling Online Pada Generasi Z. Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi: Kajian Empiris & Non-Empiris Vol. 9, No. 2, 2023. Hal. 32-53, 9(2), 32–53.

Nurbadlina, F. R., Shaluhiyah, Z., & Suryoputro, A. (2021). Kolaborasi Lintas Sektor Dalam Pendidikan Kesehatan Reproduksi Anak Jalanan. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 12(2), 334–343. https://doi.org/10.26751/jikk.v12i2.1069

Pradana, R. G., Mada, U. G., & Taqiyyah, L. (2024). Prospek Eksistensi Konseling Psikologi Berbasis Online sebagai Alternatif Penguatan Kesehatan Mental Masyarakat dalam Rangka Menyongsong Era. October.

Qodariyah, Y., & Yuliaty, F. (2025). Efektifitas Media Sosial sebagai Strategi Pemasaran Digital di Klinik Ash-ShiddiQ Ciwalen. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 2707–2716.

Ridha Prananda Siagian Putri, A., & Maulidya Arifianti Ningtyas, R. R. (2023). Transformasi Kesehatan Mental : Tantangan dan Upaya Kebijakan Pemerintah Pada Masa Pandemi COVID-19. Promotor, 6(1), 37–44. https://doi.org/10.32832/pro.v6i1.94

Sinaga, P. P., & Sitorus, J. R. H. (2022). Pengaruh Sosial Ekonomi, Demografi dan Kesehatan Mental Terhadap Status Putus Sekolah Pada Usia SMA di Sumatera Utara Tahun 2021. Seminar Nasional Official Statistics, 2022(1), 713–722. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2022i1.1133

Yasin, Y., & Nurus Sa’adah. (2024). Konseling Online Sebagai Alternatif Pemeberian Dukungan Psikologis. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 4(2), 200–208. https://doi.org/10.56185/jubikops.v4i2.820

Yusainy, C. Al, Thohari, S., & Gustomy, R. (2016). StopAbleism: Reduksi stigma kepada penyandang disabilitas melalui intervensi bias implisit. Jurnal Psikologi, 43(1), 1. https://doi.org/10.22146/jpsi.9168

Zulfiah, E., Fadhilah, M., & Lukitaningsih, A. (2024). Analisis Pemasaran Media Sosial terhadap Sikap Merek melalui Kesadaran Merek dan Citra Merek pada Institusi Pendidikan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 560–569. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1615