Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Daya Saing Destinasi Pantai Losari di Tingkat Pariwisata Nasional
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengkaji optimalisasi strategi pemasaran digital untuk meningkatkan daya saing Pantai Losari sebagai destinasi pariwisata nasional. Meskipun memiliki potensi besar dan telah melakukan upaya digital, Pantai Losari masih menghadapi tantangan seperti keterbatasan sumber daya, kurangnya koordinasi, konten yang belum beragam, minimnya analisis data, dan isu kebersihan. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam, observasi non-partisipatif, serta analisis dokumen, penelitian ini mengidentifikasi peluang optimalisasi. Ini mencakup diversifikasi platform digital (TikTok, YouTube, SEO), pengembangan konten berbasis cerita dan pengalaman otentik, kolaborasi multistakeholder, pengelolaan reputasi online proaktif, dan pemanfaatan big data. Optimalisasi strategi digital secara terintegrasi dan inovatif tidak hanya meningkatkan visibilitas, memperkuat citra, dan meningkatkan kunjungan wisatawan, tetapi juga memberdayakan ekonomi lokal dan menjaga relevansi destinasi di tengah persaingan ketat. Ini menegaskan bahwa pergeseran dari promosi sporadis menjadi strategi berbasis data dan kolaboratif sangat krusial bagi keberlanjutan Pantai Losari.
Kata Kunci: Pemasaran digital, daya saing destinasi, pantai losari, optimalisasi strategi, pariwisata nasional
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Licensed under
a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
Akramul Kabir, S. M. (2024). Thematic Analysis: A Practical Guide. Pasaa Paritat Journal, 39(September), 142–145. https://doi.org/10.58837/chula.ppj.39.8
Bekele, H., & Raj, S. (2025). Digitalization and digital transformation in the tourism industry: a bibliometric review and research agenda. Tourism Review, 80(4), 894–913. https://doi.org/10.1108/TR-07-2023-0509
Buhalis, D. (2020). Technology in tourism-from information communication technologies to eTourism and smart tourism towards ambient intelligence tourism: a perspective article. Tourism Review, 75(1), 267–272. https://doi.org/10.1108/TR-06-2019-0258
Dramićanin, S., Perić, G., & Gašić, M. (2023). The impact of TikTok on travel decision. December, 129–138. https://doi.org/10.46793/icemit23.129d
Novia, N. H., Bahri, K. N., Rotua, E., Kanaidi, K., Noviany, H., & ... (2024). Strategi digital marketing (Issue March). https://repository.um.ac.id/5476/%0Ahttps://repository.um.ac.id/5476/1/fullteks.pdf
Rahman, A., Kusumadewi, R. A., & Nurzaman, F. (2025). Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Daya Saing Perusahaan di Era Transformasi Teknologi. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 8–20.
Rêgo, B. S., Jayantilal, S., Ferreira, J. J., & Carayannis, E. G. (2022). Digital Transformation and Strategic Management: a Systematic Review of the Literature. Journal of the Knowledge Economy, 13(4), 3195–3222. https://doi.org/10.1007/s13132-021-00853-3
Sari, J., & Putri, J. (2024). Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Umkm Di Indonesia. AL-IQTISHAD : Jurnal Perbankan Syariah Dan Ekonomi Islam, 2(2), 45–59. https://doi.org/10.47498/iqtishad.v2i2.3753
Sinaga, S. B. (2023). Konsep, Metode, Dan Analisis Big Data. December, 1–5. https://www.researchgate.net/publication/376782573
Tarnoki, C., & Puentes, K. (2019). Something for everyone: A review of qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Qualitative Report, 24(12), 3122–3124. https://doi.org/10.46743/2160-3715/2019.4294
Tran, N. L., & Rudolf, W. (2022). Social Media and Destination Branding in Tourism: A Systematic Review of the Literature. Sustainability (Switzerland), 14(20). https://doi.org/10.3390/su142013528
Widiatmika, K. P. (2015).. In Etika Jurnalisme Pada Koran Kuning : Sebuah Studi Mengenai Koran Lampu Hijau (Vol. 16, Issue 2).
Yeoman, I., & McMahon-Beattie, U. (2025). Future past of tourism: critical reflection’s on the rise of tourism futures. Tourism Geographies, 27(3–4), 476–492. https://doi.org/10.1080/14616688.2023.2270937
Zhang, G., Chen, Q., Zhao, Z., Zhang, X., Chao, J., Zhou, D., Chai, W., Yang, H., Lai, Z., & He, Y. (2023). Nickel Grade Inversion of Lateritic Nickel Ore Using WorldView-3 Data Incorporating Geospatial Location Information: A Case Study of North Konawe, Indonesia. Remote Sensing, 15(14). https://doi.org/10.3390/rs15143660