Peran Mediasi Kepuasan Kerja Pada Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan

Main Article Content

Ferdino Putra Pratama
Hesty Prima Rini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi terhadap kinerja karyawan serta peran kepuasan kerja sebagai variabel mediasi dalam hubungan tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan melibatkan 72 karyawan produksi PT Aerofood Indonesia Unit Surabaya sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan metode partial least square-structural equation modeling (PLS-SEM) dengan bantuan software SmartPLS. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kompetensi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Selain itu, kepuasan kerja terbukti mampu memediasi secara signifikan hubungan antara kompetensi dan kinerja. Temuan ini menunjukkan bahwa upaya peningkatan kompetensi karyawan sebaiknya tidak hanya berfokus pada pengembangan pengetahuan dan keterampilan semata, tetapi juga mempertimbangkan aspek kepuasan kerja. Salah satu caranya adalah dengan memastikan kesesuaian antara kompetensi yang dimiliki karyawan, minat pribadi, dan jenis pekerjaan yang dijalankan, sehingga kinerja mereka dapat tercapai secara optimal dan berkelanjutan.

Article Details

How to Cite
Pratama, F. P., & Rini, H. P. (2025). Peran Mediasi Kepuasan Kerja Pada Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan. Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 17(3), 1039–1052. https://doi.org/10.24905/permana.v17i3.1058
Section
Articles

References

Adilla, N., Sanjaya, S., & Charli, C. O. (2025). Pengaruh Pelatihan dan Kompetensi SDM terhadap Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja Kerja sebagai Variabel Intervening pada Kantor Camat Lubuk Sikarah Kota Solok. Lokawati: Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 3(2), 78–106. https://doi.org/10.61132/lokawati.v3i2.1628

Alvionita, S., & Marhalinda, M. (2024). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Karyawan. IKRAITH-EKONOMIKA, 7(2), 112–121. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v7i2.3340

Choi, H., & Marinescu, I. (2025). Work attendance anxiety, precarious work schedules, and job satisfaction of essential retail workers during the early COVID-19 pandemic. PLoS One, 20(3). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0318586

Gardapati, N. D., & Irbayuni, S. (2023). Pengaruh Beban Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT Wiharta Karya Agung Gresik. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(1), 1–6. http://dx.doi.org/10.33087/ekonomis.v7i1.631

Garnida, G. G., Kurnia, M. A., & Nursyifa, T. I. (2024). Pengaruh Service Quality dan Product Quality terhadap Customer Satisfaction di XX Catering Bandung. JIP (Jurnal Industri Dan Perkotaan), 20(1), 8–17. http://dx.doi.org/10.31258/jip.20.1.8-17

Hamali, A. Y. (2023). Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia. CAPS.

Hidayat, R. (2021). Pengaruh Motivasi, Kompetensi dan Disiplin terhadap Kinerja. Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 5(1), 16–23. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v5i1.8838

Hidayati, A., Barr, F. D., & Sigit, K. N. (2021). Kesesuaian Kompetensi Lulusan SMK dengan Kebutuhan Dunia Usaha dan Industri. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 284–292. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i2.39508

Ibrahim, N. N., & Irbayuni, S. (2022). Pengaruh K3 (Keselamatan Dan Kesehatan Kerja) Dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bambang Djaja. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 5(4), 997–1005. https://doi.org/10.37481/sjr.v5i4.575

Irmayani, N. W. D. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia. Deepublish.

Juniarti, A. T., & Putri, D. G. (2021). Faktor-Faktor Dominan Yang Mempengaruhi Kinerja. Pena Persada.

Khaeruman, Marnisah, L., Idrus, S., Irawati, L., Farradia, Y., Erwantiningsih, E., Hartatik, Supatmin, Yuliana, Aisyah, N., Natan, N., Widayanto, M. T., & Ismawati. (2021). Meningkatkan Kinerja Manajemen Sumber Daya Manusia (Konsep & Studi Kasus). CV. AA. Rizky.

Krisnawati, N. K. D., & Bagia, I. W. (2021). Pengaruh Kompetensi Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Bisma: Jurnal Manajemen, 7(1), 29–38. https://doi.org/10.23887/bjm.v7i1.28736

Kusnayanti, F., & Rini, H. P. (2024). The Influence of Competence, Training, and Career Development on Employee Performance at Pabrik Gula Lestari Nganjuk Installation Section. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(3), 3272–3284. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i3.5102

Lumanauw, M. K. (2022). Pengaruh Kompetensi dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan CV. Bumi Kencana Jaya. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(1), 49–57. https://doi.org/10.35130/jrimk.v6i1.182

McMahon, D. (2024). Top Challenges in Food Services Delivery and How to Overcome Them. Altametris.Com.

Pancasasti, R. (2023). Pengaruh Kompetensi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT FMI Area Bank Indonesia Provinsi Banten dan DKI Jakarta. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 170–185. https://doi.org/10.47080/jmb.v5i02.2809

Septiana, S., Wicaksono, R. N., Saputri, A. W., Fawwazillah, N. A., & Anshori, M. I. (2023). Meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia Untuk Masa Yang Mendatang. SRJ: Student Research Journal, 1(5), 446–466. https://doi.org/10.55606/srjyappi.v1i5.705

Silaen, N. R., Syamsuriansyah, Chairunnisah, R., Sari, M. R., Mahriani, E., Tanjung, R., Triwardhani, D., Haerany, A., Masyruroh, A., Satriawan, D. G., Lestari, A. S., Arifudin, O., Rialmi, Z., & Putra, S. (2021). Kinerja Karyawan. Widina Bhakti Persada.

Sugiono, E., Darmadi, & Efendi, S. (2021). Pengaruh Kompensasi, Gaya Kepemimpinan, dan Kompetensi terhadap Kinerja Pegawai melalui Kepuasan Kerja pada Pusdatin Kementan RI. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 7(2), 132–149. https://doi.org/10.32528/jmbi.v7i2.5599

Suristya, K. L., & Adi, N. R. (2021). Pengaruh Kompetensi Karyawan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(1), 50–70. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jmbi/article/download/32584/31465

Susilowati, Sodikin, M., & Purnomo, Y. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia. Deepublish.

Sutaguna, I. N. T., Yusuf, M., Ardianto, R., & Wartono, P. (2023). The Effect of Competence, Work Experience, Work Environment, and Work Discipline on Employee Performance. Asian Journal of Management, Entrepreneurship and Social Science, 3(1), 367–381. https://doi.org/10.98765/ajmesc.v3i01.263

Trisnaningsih, S. D., & Suhana. (2024). Peran Mediasi Kepuasan Kerja pada Pengaruh Kompetensi dan Mutasi terhadap Kinerja Pegawai. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5(2), 9363–9383. https://doi.org/10.37385/msej.v5i2.5883

Viardhillah, I. T. M., & Rini, H. P. (2023). The Effect of Self-Efficacy, Competence and Training on Employee Performance PT. Petro Oxo Nusantara Gresik. Indonesian Journal of Business Analytics, 3(5), 1591–1604. https://doi.org/10.55927/ijba.v3i5.5464

Wahyuni, A., & Budiono. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan melalui Motivasi Kerja. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(3), 769–781. https://doi.org/10.26740/jim.v10n3.p769-781

Yusepa, W., Kamilawati, A., Agesti, P. T., & Sanjaya, V. F. (2024). Peran Competitive Advantage Dalam Menarik Konsumen Di Pasar Lokal (Studi Pada Topshop Bandar Lampung). Al-A’mal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(2), 29–40. https://journal.staittd.ac.id/index.php/ai/article/view/201

Yustikasari, S. A. T., & Santoso, B. (2024). Pengaruh Beban Kerja, Stres Kerja, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Perawat Bagian Rawat Inap di Rumah Sakit Tingkat III Brawijaya Surabaya. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(1), 928–939. https://10.47467/alkharaj.v6i2.3831

Zulfikri, A., & Kasmawati, Y. (2025). Pengaruh Kompetensi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan yang Dimediasi Kepuasan Kerja di Hotel Grand Inna Malioboro Yogyakarta. YUME: Journal of Management, 8(1), 499–456. https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8462