Pengaruh Pemasaran Digital dan Kualitas Layanan Pendukung Terhadap Kepuasan Pengguna Kendaraan Listrik
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pemasaran digital melalui aplikasi PLN Mobile dan kualitas layanan pendukung Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) terhadap kepuasan pengguna kendaraan listrik menggunakan metode analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil uji regresi linear berganda, diketahui bahwa nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,632 menunjukkan bahwa 63,2% variasi kepuasan pengguna kendaraan listrik dapat dijelaskan oleh variabel pemasaran digital melalui aplikasi PLN Mobile dan kualitas layanan pendukung SPKLU, sementara 36,8% sisanya dijelaskan oleh faktor lain di luar model. Penelitian ini memiliki arti penting karena belum ada penelitian yang meneliti tentang pengaruh pemasaran digital melalui aplikasi PLN Mobile terhadap kepuasan pengguna kendaraan listrik.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Licensed under
a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Aristi, Santika. 2022. “Optimalkan Aset, PLN Kembangkan Bisnis Internet hingga Digital Service Melalui Sub Holding Icon Plus”. https://web.pln.co.id/cms/media/siaran-pers/2022/09/optimalkan-aset-pln-kembangkan-bisnis-internet-hingga-digital-service-melalui-sub-holding-icon-plus/ Diakses pada 12 Mei 2025.
Badruddin, Syamsiah, Halim, Paisal, dan Gazaly, Hikmat. 2024. Dasar-dasar Statistik Sosial: Teori dan Praktik serta Petunjuk Praktis Pengolahan Data Sosial dengan SPSS. Yogyakarta: 2024.
Balaka, Muh Yani, dkk. 2023. Aplikasi Mobile dalam Pemasaran Digital: Analisis Literatur tentang Pengaruhnya terhadap Keuangan dan Strategi Pemasaran Bisnis. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 7 Nomor 3 Tahun 2023. Chaffey, Dave dan Fiona Ellis-Chadwick. 2016. Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice. Inggris Raya: Pearson Education Limited.
Ciptaningtyas, Annisa Lestari. 2016. “PLN Luncurkan Layanan Aplikasi PLN Mobile”. https://ekonomi.bisnis.com/read/20161031/44/597770/pln-luncurkan-layanan-aplikasi-pln-mobile Diakses pada 11 Mei 2025
Computers in Human Behavior. Volume 106. ISSN 0747-5632. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106245
Dewangga, Oktavian Surya. 2020. “Ini Beda New PLN Mobile dengan yang Old”. https://rm.id/baca-berita/ekonomi-bisnis/58203/ini-beda-new-pln-mobile-dengan-yang-old Diakses pada 12 Mei 2025.
Eun, Young Kim dan Kim, Y. 2004. “Predicting online purchase intentions for clothing products”, European Journal of Marketing, Vol. 38 No. 7, Hlm. 883-897. https://doi.org/10.1108/03090560410539302
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Hardi, Try M. 2022. “Aplikasi PLN Mobile Diunduh 16,2 Juta Pengguna” https://babel.antaranews.com/berita/248093/aplikasi-pln-mobile-diunduh-162-juta-pengguna Diakses pada 12 Mei 2025
Hardisman. 2020. Tanya Jawab Analisis Data: Prinsip Dasar dan Langkah-langkah Praktis Aplikasi pada Penelitian Kesehatan dengan SPSS. Guepedia, The First On-Publisher in Indonesia.
Indrasari, M. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Infografis SPKLU PLN Jabar Periode Nataru 2024-2025. 2024. Data PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat.
Kaufmann, Hans Ruediger dan Panni, Mohammed Fateh Ali Khan. 2013. Customer-Centric Marketing Strategies: Tools for Building Organizational Performance. Amerika Serikat: Business Science Reference.
Kingsnorth, Simon. 2016. Digital Marketing Strategy: An Integrated Approach to Online Marketing. London, Philadelphia, New Delhi: KoganPage.
Kotler, M., Cao, T., Wang, Sam., dan Qiao, Colen. 2020. Marketing Strategy in the Digital Age: Applying Kotler’sStrategies to Digital Marketing. Singapura: World Scientific Publishing.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2012. Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall.
Mardiansyah, Diki. 2024. “PLN Mobile Diunduh 55 Juta Pengguna”. https://industri.kontan.co.id/news/aplikasi-pln-mobile-diunduh-55-juta-pengguna Diakses pada 11 Mei 2025.
Martins, F. S., Cunha, J. A. C. da, & Serra, F. A. R. 2018. Secondary Data in Research – Uses and Opportunities. Revista Ibero-Americana de Estratégia, 17(04), 01–04. https://doi.org/10.5585/ijsm.v17i4.2723
Mulyana, Asep, dkk. 2024. Metode Penelitian Kuantitatif. Makassar: Tohar Media.
Mulyana, Dedy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif (Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Novia. 2023. “Mengenal 9 Fitur Layanan Listrik di Aplikasi PLN Mobile” https://www.kabarbumn.com/trending/11682757/mengenal-9-fitur-layanan-listrik-di-aplikasi-pln-mobile Diakses pada 12 Mei 2025
Nugraha, Billy. 2022. Pengembangan Uji Statistik: Implementasi Moetode Regresi Linier Berganda dengan Pertimbangan Uji Asumsi Klasik. Pradina Pustaka.
Parveen, H., & Gull, M. (2017). Conceptual and Operational Definition of Continuous and Discrete Variables Bibliometric Analysis of Borderline Personality Disorder View projectQuadrant-I (e-Text) Quadrant-I (e-Text). Dari https://www.researchgate.net/publication/353829408
Pengaruhnya terhadap Keuangan dan Strategi Pemasaran Bisnis. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 7 Nomor 3 Tahun 2023.
Priyantoro, Donny D. dan Ferdian, Azwar. 2024. “Perbedaan Aplikasi Charge.IN dan PLN Mobile untuk Mobil Listrik” https://otomotif.kompas.com/read/2024/12/13/182100915/perbedaan-aplikasi-charge.in-dan-pln-mobile-untuk-mobil-listrik Diakses pada 3 Februari 2025.
Rahmawati, Ita, Sa’adah, Lailatus dan Aprilia, Devi. 2020. Faktor Kompensasi, Motivasi, dan Disiplin Kerja serta Pengaruhnya terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi pada Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang). Jombang: LPPM Universitas K.H. A. Wahab Hasbullah.
S. Salehi, I, Miremadi, M. Ghasempour Nejati dan H. Ghafouri. 2024. Fostering the Adoption and Use of Super App Technology. IEEE Transactions on Engineering Management. Vol. 71.
Santosa, Purbayu Budi, dan Hamdani, Muliawan. 2007. Statistik Deskriptif dalam Bidang Ekonomi dan Niaga. Erlangga.
Stokes, Rob. 2011. eMarketing; The Essential Guide to Digital Marketing. Fourth Edition. Cape Town: Quirk eMarketing (Pty) Ltd.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukarta, Agus Wira. 2024. “PLN tampilkan EVDS, platform digital terintegrasi layanan kendaraan listrik di Indonesia”. Diakses pada 12 Mei 2025 dari https://lampung.antaranews.com/berita/718782/pln-tampilkan-evds-platform-digital-terintegrasi-layanan-kendaraan-listrik-di-indonesia
Tran, T., & Khuc, Q. (2021). Primary data. https://doi.org/10.31219/osf.io/f25v7
Umar, Husein. 2003. Metode Riset Bisnis: Panduan Mahasiswa untuk Melaksanakan Riset Dilengkapi Contoh Proposal dan Hasil Riset Bidang Manajemen dan Akuntansi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Umar, Husein. 2019. Metode Riset Manajemen Perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Wang, Rebecca Jen-Hui. 2020. Branded mobile application adoption and customer engagement behavior,
web.pln.co.id Transformasi Digital PLN Perkuat Komunikasi Publik dan Peningkatan Pelayanan Pelanggan. Diakses pada 12 Mei 2025, dari https://web.pln.co.id/media/siaran-pers/2023/09/transformasi-digital-pln-perkuat-komunikasi-publik-dan-peningkatan-pelayanan-pelanggan
web.pln.co.id. Di IIMS 2024 PLN tampilkan EVDS, Platform Digital Yang Integrasikan Layanan Kendaraan Listrik di Indonesia. Diakses pada 3 Februari 2025 dari https://web.pln.co.id/media/siaran-pers/2024/02/di-iims-2024-pln-tampilkan-evds-platform-digital-yang-integrasikan-layanan-kendaraan-listrik-di-indonesia
web.pln.co.id. Penuhi Kebutuhan Konsumen, PLN Sukses Tambah Jumlah SPKLU hingga 299% di Seluruh Indonesia Sepanjang 2024. Diakses pada 23 Februari 2025, dari https://web.pln.co.id/media/siaran-pers/2025/02/penuhi-kebutuhan-konsumen-pln-sukses-tambah-jumlah-spklu-hingga-299-di-seluruh-indonesia-sepanjang-2024
web.pln.co.id. Profil Perusahaan. Diakses pada 3 Februari 2025, dari https://web.pln.co.id/tentang-kami/profil-perusahaan
web.pln.co.id. Transformasi Digital, Titik Perubahan Besar Layanan PLN yang Mudahkan Konsumen, Diapresiasi Banyak Pihak. Diakses pada 3 Februari 2025, dari https://web.pln.co.id/media/siaran-pers/2023/04/transformasi-digital-titik-perubahan-besar-layanan-pln-yang-mudahkan-konsumen-diapresiasi-banyak-pihak
What Affects User Engagement in a Mobile App?. 2023. Diakses pada 2 Mei 2025, dari https://thisisglance.com/learning-centre/what-affects-user-engagement-in-a-mobile-app
Zahriyah, Aminatus. 2021. Ekonometrika: Tekhnik dan Aplikasi dengan SPSS. Jember: Mandala Press.
Zed, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Edisi 2. Jakarta: Yayasan Obor.
Zeithaml, Valarie A. 2010. Delivering Service Quality. New York: The Free Press.
Zeithaml, Valarie A., Parasuraman, A., Berry, Leonard L. 2010. Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions. New York: The Free Press