Analisis Reputasi Brand, E-Service Quality, dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Tokopedia di Sidoarjo

Main Article Content

Surya Farhan Permadi
Lilik Indayani
Muhammad Yani

Abstract

Advances in information technology have encouraged companies to utilize digital platforms to reach consumers more effectively, including in marketing activities. This study aims to analyze the influence of Brand Reputation, E-Service Quality, and Electronic Word of Mouth (e-WOM) on consumer purchase intent for Tokopedia in Sidoarjo. The approach used is quantitative, with data collected through questionnaires and analyzed using inferential statistical methods. The results of the study indicate that all three independent variables significantly influence consumer purchase intent. Brand Reputation builds trust, E-Service Quality enhances convenience, and e-WOM strengthens purchasing decisions. These findings underscore the importance of consumers' perceptions of brand image, service quality, and digital reviews in driving the success of e-commerce marketing strategies.

Article Details

How to Cite
Permadi, S. F., Indayani, L. ., & Yani, M. . (2025). Analisis Reputasi Brand, E-Service Quality, dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Tokopedia di Sidoarjo. Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 17(3), 1530–1547. https://doi.org/10.24905/permana.v17i3.1076
Section
Articles

References

Alicia Prasasti, F., Ratnasari, I., & Fathan Muhammad, R. (2022). PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-TRUST TERHADAP MINAT BELI PADA E-COMMERCE BLIBLI.COM DI KOTA BEKASI. Journal for Management Student (JFMS), 2(2), 18–26. https://doi.org/10.35706/jfms.v2i2.7605

Alicia Prasasti, F., Ratnasari, I., Fathan Muhammad, R., Singaperbangsa Karawang JlHS RonggoWaluyo, U., Telukjambe Timur, K., Karawang Indonesia, K., & Artikel, I. (2022). PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-TRUST TERHADAP MINAT BELI PADA E-COMMERCE BLIBLI.COM DI KOTA BEKASI. Journal for Management Student (JFMS, 2(2). https://journal.unsika.ac.id/index.php/jfms

Ambiyah, D., Putri, M. I. P., & Yuliana, L. (2024). Analisis Reputasi Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Merek iPhone. Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business, 4(5), 1723–1737. https://doi.org/10.54373/ifijeb.v4i5.1992

C. W. Pramesti, & A. A. Setyawan. (2024). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan E-WOM terhadap Minat Beli Produk Ramah Lingkungan. 17(1).

Dimas Bayu Anggoro, & Murwanto Sigit. (2023). Pengaruh Pemasaran Media Sosial Instagram Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli. MASMAN : Master Manajemen, 2(1), 01–09. https://doi.org/10.59603/masman.v2i1.249

F. Sari, & S. Iskandar. (2024). Analisis Pengaruh eWOM terhadap Minat Beli yang Dimediasi oleh Brand Image (Studi Kasus Pengguna iPhone di Kota Padang). 01(04).

Fadhli Nursal, M., Rianto, M. R., Rohaeni, H., & Saputra, F. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth (EWOM) Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Pada Jasa Transportasi Online Maxim di Kota Bekasi. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Digital (JMPD), 1(3), 111–118. https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Febrianda, D., & Saputra, H. (2025). Analisis Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Minat Beli Layanan Internet Indihome Di Desa Mekar Sari Kecamatan Deli Tua. Journal of Social Science Research, 5(2), 1184–1199.

Habibah, N. F., & Fikriyah, N. (2022). PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP MINAT BELI PRODUK FASHION DI SHOPEE (Studi kasus konsumen Toko Adilla.Id). Journal of Business Finance and Economic (JBFE), 3(2). https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jbfe

Hanum, A. L. (2023). PENGARUH E-SERVICE QUALITY, ONLINE CUSTOMER REVIEW, DAN RATING TERHADAP MINAT BELI (Studi pada Milenial Pengguna Shopee di Solo Raya).

Idris, I. N., Hamid, R. S., & Maszudi, E. (2023). Peran E-wom Konten Marketing dan Lifestyle Dalam Meningkatkan Kepercayaan Dan Minat Beli Generasi Milenial Pada Tokopedia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(1), 90–103. https://doi.org/10.32528/jmbi.v9i1.241

Indartini, M., & Rachma, N. (2023). ANALISIS PENGARUH WEBSITE DESIGN QUALITY, E-SERVICE QUALITY DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA E-COMMERCE SOCIOLLA. JAMER : Jurnal Akuntansi Merdeka, 4(1), 11–21. https://doi.org/10.33319/jamer.v4i1.94

Islamiyati. (2024). Pengaruh Brand Ambassador, Harga dan Reputasi Merek terhadap Minat Beli Body Lotion Scarlett Whitening. Univ. Pelita Bangsa.

Kusuma, S. (2022). PENGARUH PROMOSI DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP MINAT BELI PADA SITUS BELANJA ONLINE LAZADA. Organ. Behav. Hum. Decis. Process., 3(1), 96–104.

Latief, F. L., Firman, A., & Dirwan, D. (2023). Keputusan Pengguna Gopay dari Aspek E-Service Quality, Promosi dan Harga. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1). https://doi.org/10.37676/ekombis.v11i1.3060

M. H. Setiawan, R. Komarudin, & D. N. Kholifah. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Tampilan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pemilihan Aplikasi Marketplace. 4(2).

Mahardika, Y., & Jumhur, H. M. (2023). PENGARUH KUALITAS LAYANAN, PERSEPSI HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 10(2), 401–411. https://doi.org/10.37606/publik.v10i2.594

Miharta, K. J., & Khusnudin. (2022). PENGARUH REPUTASI, CITRA MEREK, KUALITAS PELAYANAN, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGAMBIL PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BANK MUAMALAT KC KEDIRI. NISBAH: Jurnal Perbanka Syariah, 8(1), 57–65. https://doi.org/10.30997/jn.v8i1.6000

Miko Putra Gunanda, A., & Alifiyah Rahmawati, K. (2024). Pengaruh Brand Awareness Terhadap Minat Beli Cokelat Silverqueen Pada Konsumen Minimarket Di Berbagai Wilayah Tangerang. Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 3, 186–199. https://doi.org/10.61132/lokawati.v3i1.1483

Nita, N., & Ratnasari, I. (2022). Pengaruh E-Service Quality terhadap Minat Beli Ulang dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening pada Marketplace Shopee. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 867. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.510

Omas, P., Kurniawan, M., & Lorensia, F. (2022). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Minat Beli Pada Situs E-Commerce (Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak). In 370 | Prosiding National Seminar on Accounting UKMC (Vol. 1, Issue 1).

Purnomo, N. (2025). PENGARUH GREEN MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN. 14(1), 1–15.

R. Agustina, H. T. Hinggo, & H. Zaki. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo. 1.

R. Leovina, & S. B. Utomo. (2023). PENGARUH KUALITAS LAYANAN, PROMOSI, DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN WIZZMIE DI SURABAYA. 12.

Sabila, N., Komariah Hildayanti, S., & Bahrul Ulum, M. (2024). Pengaruh Discount Framing, Brand Reputation Dan Brand Image Terhadap Purchase Intention Konsumen Marketplace Shopee. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEBMA), 4(1), 291–301. https://doi.org/10.47709/jebma.v4i1.3643

Safitri, I., & Indra, N. (2024). Pengaruh Harga dan E-WOM (Electronic Word Of Mouth) Melalui Media Sosial TikTok Terhadap Minat Beli Produk Skincare Skintific. Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 2(3), 193–206. https://doi.org/10.59603/ppiman.v2i3.449

Saputra, A. L., & Aprilia, T. (2023). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen. Journal of Innovation in Management, Accounting and Business, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.56916/jimab.v2i1.344

Satriawan, L. P., & Saputra, A. (2023). Pengaruh Brand Image, Kreativitas Iklan dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Kaum Milenial Pengguna Shopee Di Kota Batam. Dynamic Management Journal ISSN, 7(1), 2580–2127. https://doi.org/10.31000/dmj.v7i1

Sono, M. G., Erwin, E., & Muhtadi, M. A. (2023). Strategi Pemasaran Digital dalam Mendorong Keberhasilan Wirausaha di Era Digital. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan West Science, 1(04). https://doi.org/10.58812/jekws.v1i04.712

Steven, J., & Ramli, A. H. (2023). E-Service Quality, E-Wallet Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Pada Pengguna Pembayaran Non Tunai Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 11(2). https://doi.org/10.37641/jimkes.v11i2.1997

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D mix method (2nd ed.). Alfabeta.

V. F. H. Nst. (2023). Pengaruh E-WOM terhadap Keputusan Pembelian dengan Dimediasi Citra Merek dan Kepercayaan Merek pada Indomaret Cabang Mandala By Pass.

William, A., & Tjiptodjojo, K. I. (2025). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) dan Brand Image terhadap Purchase Decision. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 553–558. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Wulandari, A., Kuntari, W., & Penulis:, N. (2025). Pengaruh Brand Awareness dan Branding Melalui Instagram terhadap Minat Beli (Studi Kasus Cv Subang Aqiqah). In JIMU: Jurnal Ilmiah Multi Disiplin (Vol. 03, Issue 02). JIMU.