Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Menabung Generasi Z di Kota Surabaya

Main Article Content

Ariek Nur Indiarti
Rahman Amrullah Suwaidi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh literasi keuangan, gaya hidup, dan teman sebaya terhadap perilaku menabung generasi Z di Kota Surabaya. Di tengah kompleksitas ekonomi saat ini, sangat penting bagi generasi muda untuk membiasakan diri menabung dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden dari generasi Z. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa literasi keuangan memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku menabung. Sebaliknya, gaya hidup konsumtif dan pengaruh teman sebaya menunjukkan kontribusi negatif terhadap minat menabung. Temuan ini menegaskan pentingnya peningkatan literasi keuangan serta kesadaran akan pola hidup sehat untuk mendukung kebiasaan menabung yang lebih baik pada generasi muda. Selain itu, dukungan sosial juga berperan penting dalam membantu pengambilan keputusan keuangan yang tepat.

Article Details

How to Cite
Indiarti, A. N. ., & Suwaidi, R. A. . (2025). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Menabung Generasi Z di Kota Surabaya . Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 17(3), 1675–1685. https://doi.org/10.24905/permana.v17i3.1152
Section
Articles

References

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Disability, CBR and Inclusive Development, 33(1), 52–68. https://doi.org/10.47985/dcidj.475

Alfius, G., & Ivada, E. (2024). Pengaruh Uang Saku, Gaya Hidup, dan Pengetahuan Keuangan Terhadap Perilaku Menabung Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret. Jurnal Online Insan Akuntan, 9(1), 13. https://doi.org/10.51211/joia.v9i1.2887

Fitriasari, R., & Purwanto, E. (2021). PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN, KEPERCAYAAN, PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG GENERASI Z TULUNGAGUNG. Jurnal Ilmu Manajemen Vol., 10(2), 215–224. https://doi.org/10.22141/2224-0721.16.4.2020.208486

Husna, P. M., Hafid, R., Bahsoan, A., Ilato, R., & Mahmud, M. (2023). Pengaruh Gaya Hidup terhadap Minat Menabung Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019. Journal on Teacher Education, 5(1), 537–542.

Krisdayanti, M. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Uang Saku, Teman Sebaya, Gaya Hidup dan Kontrol Diri Terhadap Minat Menabung Mahasiswa. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(2), 79–91. https://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma

Raszad, S. E. F., & Purwanto, E. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Menabung (Studi Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Di Kota Surabaya). Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3(2), 51. https://doi.org/10.31599/jmu.v3i2.966

Rikayanti, V. R., & Listiadi, A. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Pembelajaran Manajemen Keuangan, dan Uang Saku Terhadap Perilaku Menabung. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 8(3), 117–124. https://doi.org/10.26740/jpak.v8n3.p29-36

Rosita, C. A., & Anwar, M. (2022). Financial Literacy On Saving Behavior Through Lifestyle (Study On Female Entrepreneurs In The Sepanjang Market Sidoarjo Regency). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(6), 3327–3336. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Sari., Anwar. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Menabung Dengan Self Control Sebagai Variabel Mediasi Pada Mahasiswa S1 FEB UPN “Veteran” Jawa Timur. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(4), 81–92. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.1911

Syahdina, A. ., Arulia, I. I., Priyanta, N. ., Khairina, N. R. ., Amelia, R. ., Khairunnissa, S. ., & Aji, Z. S. S. . (2025). Faktor-Faktor Dalam Performa Karyawan. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 3(1), 54–62. https://doi.org/10.62421/jibema.v3i1.137

Syahdina, A., Febriani, F. A., Melani, N. ., Airafaras, T. ., Prayudi, R. A. ., Arifien, M. R. ., & Abdulbar, H. . (2025). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 3(1), 26–35. https://doi.org/10.62421/jibema.v3i1.140

Syahdina, A. . ., Nuraini, S. ., Setiawan, S. D. ., Kumanireng, T. C., Saragih, E. D. ., Walid, A. F. ., & Nabilah, M. . (2025). Faktor-Faktor Dalam Keputusan Pembelian. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 3(1), 48–53. https://doi.org/10.62421/jibema.v3i1.152