Pengaruh Website Capability, Service Performance, E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa/I Pada Marketplace Di Kota Pontianak
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara variabel kemampuan website, kinerja layanan, dan electronic word ofmouth (E-Wom) terhadap keputusan pembelian pelajar di marketplace di Kota Pontianak, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan variabel independen, yaitu kemampuan website, kinerja layanan, dan e-Wom, dan variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna marketplace di Kota Pontianak, dengan sampel 124 siswa ditentukan melalui nonprobabilitas sampling dengan teknik dan dikumpulkan melalui kuesioner. Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) kemampuan website mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli, hal ini menegaskan bahwa kualitas website yang andal dan efektif mampu mempengaruhi keputusan pembelian siswa; (2) Kinerja layanan mempunyai hubungan positif serta signifikan terhadap keputusan pembelian, sehingga layanan sesuai dengan ekspektasi konsumen mampu meningkatkan pembelian; dan (3) e-WOM mempunyai hubungan positif dan signifikan terhadap keputusan membeli, yang berarti bahwa ulasan yang baik dapat mempengaruhi seseorang untuk membeli suatu barang. Temuan ini menekankan pentingnya kemampuan website, kinerja layanan, dan e-WOM sebagai cara untuk meningkatkan keputusan pembelian.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Licensed under
a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
Alghifari, A.Y., & Rahayu, T.S. (2021). Pengaruh Diskon, Kualitas Website, Persepsi Risiko dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian di Shopee Online Shop: Studi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Turunan: Jurnal Manajemen, 15(2), 223-236. https://doi.org/10.24127/jm.v15i2.635
Adha, A., & Subambang, S. (2022). Pengaruh ulasan pelanggan online, influencer marketing, dan kualitas website terhadap keputusan pembelian toko online Shopee pada mahasiswa Sekolah Tinggi Ekonomi Graha Kirana. Jurnal Manajemen Ekonomi dan Bisnis, 1 (2), 62-75. https://doi.org/10.61715/jmeb.v1i2.13
Bancin, JB, Damayanti, NE, Aprilita, A., & Banurea, JJ (2023). Pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian melalui Peran Mediasi Citra Merek di McDonald's Palangkaraya. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 14(4), 392-413. https://Doi.org/10.29244/jmo.v14i4.51251
Bima, AIS, Haris, A., & Hermanto, H. (2025). Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan, dan E-Wom Terkait Keputusan Membeli Sepeda Motor di CV. Dunia Motor Jaya Probolinggo City. Ekonomi & Bisnis, 24(1), 79-90. https://doi.org/10.32722/eb.v24i1.7459
Budiarno, B., Udayana, I. B. N., & Lukitaningsih, A. (2022). Pengaruh kualitas layanan, kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan. Keseimbangan: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(02), 226-233. doi.org/10.25134/equi.v19i02.4531
Djafar, N., Yantu, I., Sudirman, S., Hinelo, R., & Hasiru, R. (2023). Pengaruh kualitas layanan pada keputusan pembelian. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 1(2), 78-82.doi.org/10.37479/jebe.v1i2.18046
Febriyanti, NF, & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh kualitas e-service dan electronic mouth of mouth (e-WOM) terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Emina (Studi pada remaja di kota Surabaya). Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan, 2(2), 181-191.
Fradani, AC, & Indriani, A. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (e-WOM) terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia Marketplace (Studi Pendidikan Ekonomi Mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro). Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis, 1(2), 110-117.doi.org/10.47233/jakbs.v1i2.74
Ghaisani, F. A. P., & Purbawati, D. (2020). Pengaruh citra merek dan kualitas website terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan (e-trust) sebagai variabel intervensi (studi konsumen e-commerce di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 230-241.doi.org/10.14710/jiab.2020.2632
Himmah, ARA, & Prihatini, AE (2021). Pengaruh Brand Image dan Electronic Word Of Mouth (e-WOM) terhadap Keputusan Pembelian (Studi Konsumen Pixy di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(2), 1153-1161.doi.org/10.14710/jiab.2021.31359
Liberty, GA, & Utama, NU (2024). Pengaruh Ulasan Pelanggan Online dan Penilaian Pelanggan Online terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee pada Mahasiswa Program Studi Manajemen, Feb, Universitas Panca Bhakti, Pontianak. Jurnal Manajemen Keseimbangan, Fakultas Ekonomi, Universitas Panca Bhakti, 10 (2), 75-85.doi.org/10.54035/jem.v10i2
Munandar, I. (2022). Pengaruh Kualitas Website terhadap Pembelian Impulsif Konsumen Shopee melalui Motivasi Belanja Hedonik dan Nilai Utilitarian sebagai intervensi (Survei Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). Jurnal Riset dan Manajemen Bisnis Tirtayasa, 6(1), 1-13. doi.org/10.48181/jrbmt.v6i1.15666
Mandias, GF, Kom, S., Septiawan, Y., & Bojoh, MJ (2021). Analisis kualitas situs web menggunakan metode Webqual 4.0 dan Ipa untuk situs Sla Tompaso. Jurnal Psikologi Cerdas, 7(2), 396-406. https://Doi.org/10.31154/cogito.v7i2.331.396-406
Pertama, VFH (2023). Pengaruh e-WOM terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh citra merek dan kepercayaan merek di cabang Indomaret Mandala By Pass. Jurnal Ilmiah Ilmu Saraf, 5(2), 350-372.doi.org/10.47652/metadata.v5i2.389
Pradata, KC, & Puryandani, S. (2022). Pengaruh Pemasaran Hubungan dan Service performance terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Mediasi (Studi Nasabah Tabungan Bank Jateng Cabang Purbalingga). Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 10(1), 91-106.doi.org/10.35829/magisma.v10i1.116
Prabowo, F. I., Keke, Y., & Istidjab, B. (2021). Pengaruh strategi pemasaran dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian konsumen di pt sarana bandar logistik. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(2), 75-82. doi.org/10.9744/pemasaran.15.2.75-82
Pratama, M. I., Rizal, M., & Normaladewi, A. (2023). Pengaruh kepercayaan merek, ulasan pelanggan, dan kualitas website terhadap keputusan pembelian di Shopee (studi kasus warga Desa Dinoyo). E-JRM: Jurnal Elektronik Penelitian Manajemen, 12(02).
Pramustia, RFD, & Suyatno, DF (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Website terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Sociolla Menggunakan WebQual 4.0 (Studi Kasus: Pelanggan Sociolla di Jawa Timur). Jurnal Sistem Informasi dan Intelijen Bisnis yang Muncul (JEISBI), 2(3), 94-100. doi.org/10.26740/jeisbi.v2i3.41857
Ramialis, AF, & Besra, E. (2021). Pengaruh Kualitas Website dan Merek Website terhadap Minat Pembelian Online dengan Kepercayaan sebagai Variabel Mediasi (Survei Konsumen Shopee Kota Padang). JRB-Jurnal Riset Bisnis, 4(2), 209-221.doi.org/10.35814/jrb.v4i2.1964
Rahayu, M. S. R. S., Saputro, A. H., & Herlinawati, E. (2024). Pengaruh E-Wom (E-wom), Kualitas E-Service dan Ulasan Pelanggan Online Tentang keputusan pembelian produk ms-glow di marketplace Shopee (Studi Konsumen Toko Resmi Ms Glow Indonesia): Indonesia. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 10(1), 100-108. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i1.1768
Randabunga, PE, Hudayah, S., & Indriastuti, H. (2021). Pengaruh promosi dan penjualan dari mulut ke mulut elektronik terhadap peralihan merek dengan citra merek sebagai variabel intervensi di klinik kecantikan Erha di kota Samarinda. Jurnal Studi Bisnis dan Manajemen Saudi, 6(4), 102-113. https://Doi.org/ 10.36348/sjbms.2021.v06i04.001.
Rembet, V. N., Mananeke, L., & Loindong, SS (2020). Pengaruh kinerja layanan, kepercayaan, dan lokasi terhadap kepuasan nasabah Cabang Bank Sulutgo Beo. Jurnal EMBA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Riset Akuntansi, 8(3).doi.org/10.35794/emba.v8i3.30239
Satriyo, B., Indriana, Y., & Ridlo, M. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, kualitas e-service, dan konten ulasan terhadap minat UMKM dalam membeli produk organik. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(4), 1563-1571. Doi.org/10.26740/jim.v9n4.p1563-1571
Sari, CP, & Sari, VP (2025). Pengaruh Kualitas Layanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian E-commerce Tokopedia di Kota Palembang. Jurnal Studi dan Penalaran Manajemen, 3(1), 102-116. https://Doi.org/10.59031/jkpim.v3i1.522
Siwu, R., Mananeke, L., & Loindong, S. (2021). Pengaruh Dari Mulut ke Mulut dan Kualitas Produk terhadap Pembelian Produk di Dump Line Restaurant Dua Kotamobagu," Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9 (3). Https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.34749
Sriyanto, A. (2024). Pengaruh E-WOM, E-Trust, dan E-Service pada Keputusan Pembelian. Jurnal Internasional Layanan Sosial dan Penelitian (IJSSR), 04. https://doi.org/10.46799/ijssr.v4i03.757
Tanjung, J., & Effendy, J. A. (2023). Pengaruh kualitas website, electronic mouth of mouth, dan kualitas website pada keputusan pembelian konsumen shopee. Kinerja, 8(1), 20-32. https://doi.org/10.37715/jp.v8i1.3201
Yulindasari, ER, & Fikriyah, K. (2022). Pengaruh e-WoM (Electronic Word of Mouth) pada Keputusan Pembelian Kosmetik Halal pada Shopee. Jurnal Studi Ekonomi dan Keuangan Islam, 3 (1), 55-69.doi.org/10.47700/jiefes.v3i1.4293