A Study on the Capability of Competitive Products Through Brand Image Toward Marketing Performance
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh produk kompetitif terhadap kinerja pemasaran dengan citra merek sebagai variabel mediasi pada UMKM cafe dan resto di Kota Pontianak. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan probability sampling terhadap 122 responden, dan data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk kompetitif berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek maupun kinerja pemasaran, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, serta citra merek terbukti memediasi pengaruh produk kompetitif terhadap kinerja pemasaran. Keterbatasan penelitian ini terletak pada lingkup objek yang hanya berfokus pada UMKM café dan resto di Pontianak, sehingga generalisasi hasil masih terbatas. Temuan penelitian memberikan implikasi praktis bahwa UMKM perlu memperkuat citra merek melalui inovasi produk dan strategi pemasaran agar mampu meningkatkan daya saing. Nilai orisinalitas penelitian ini terletak pada integrasi variabel produk kompetitif, citra merek, dan kinerja pemasaran pada konteks UMKM kuliner lokal yang masih jarang diteliti.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Licensed under
a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
Pontianak Post. (2016, Juni 20). Balada secangkir kopi. Pontianak Post. https://pontianakpost.jawapos.com/metropolis/1462713338/balada-secangkir-kop
Ningrum, S., Fitra, V. D., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, dan Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Mutiara Manajemen, 5(2), 1–9. https://doi.org/10.51544/jmm.v5i2.1614
Ramadzan, D. D. (2022). Analisis Pengaruh Citra Merek, Inovasi Produk Dan Iklan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing Sebagai Intervening. Pragmatis, 1(2), 100. https://doi.org/10.30742/pragmatis.v1i2.2090
Ilma Wulansari Hasdiansa, & Sitti Hasbiah. (2025). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Kesadaran Merek Produk Madu Herbal Zymuno di Kota Makassar. Gemilang: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 5(3), 354–361. https://doi.org/10.56910/gemilang.v5i3.2272
Ikrima, D., Redjeki, S., & Mariatul Ulfa, N. (2025). Pengaruh kualitas produk, harga dan citra merek terhadap kepuasan konsumen UMKM kue kering bolu Citra Snack Rogojampi. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 1(13). https://doi.org/10.25273/equilibrium.v1i13.21474
Hapenan Ye Kris Laoli, Yupiter Mendrofa, Kurniawan Sarototonafo Zai, & Yuterlin Zalukhu. (2024). Pengaruh Citra Merek Dan Desain Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Rifi Gamumu Di CV. Wery Group Kota Gunungsitoli. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (Jebma), 4(3), 1452–1459. https://doi.org/10.47709/jebma.v4i3.4710
Amalia, R., Syauqi, A., & Prasetya, A. A. (2024). Pengaruh E-Service QualityCitra Merek, dan Transformasi Digital terhadap Kinerja UMKM Batik Banyumas melalui Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA), 11(2). doi: https://doi.org/10.54131/jbma.v11i2.196
Mani, J. (2018). Pengaruh Peran Nilai Pelanggan dan Citra Merek Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 2(2), 263 - 280. https://doi.org/10.33753/mandiri.v2i2.43
Monikawati, W. A., Windi, W., & Yahya, A. (2025). Pengaruh Sosial Media Marketing, Selebriti Endorse, dan Citra Merek terhadap Kinerja Pemasaran UMKM di Cikarang. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 5(2). doi: https://doi.org/10.55606/jaemb.v5i2.6468
St. Rukaiyah, Syamsuddin Bidol, & Derry Suryadi. (2024). Pengaruh Digital Marketing dan Inovasi Produk Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Usaha Kecil di Kota Makasar. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 16(2), 13–27. https://doi.org/10.55598/jmk.v16i2.4
Fanreza, A., & Kramadibrata, B. S. (2022). Pengaruh strategi pemasaran dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran UMKM food and beverage di Kota Tangerang. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan. https://doi.org/10.55606/jurimbik.v2i3.290
Sinambela, E. A., & Darmawan, D. (2025). Strategi Peningkatan Kinerja Pemasaran UMKM melalui Media Sosial, Inovasi Produk, Orientasi Kewirausahaan, dan Pengembangan SDM. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 54–63. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/24140
Matondang, F. N., & Wahyuni, Dr. S. (2023). The Effect Of Brand Image and Quality Service on Saving Decision With Competitive Advantage as an Intervening Variabel at Bank DKI Mayor Branch, East Jakarta. Journal of Entrepreneurship, 43–58. https://doi.org/10.56943/joe.v2i2.287
Margi Dwi Daryanti, Rachmad Hidayat, Sri Rahayu, & Rifda Fitrianty. (2025). Pengaruh Strategi Pemasaran Digital Marketing, Word Of Mouth dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Pada Produk Kecantikan Ms Glow Di Kota Sumenep. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 4(6), 1321–1336. Retrieved from https://bajangjournal.com/index.php/Juremi/article/view/10173
Muh. Yaqhzan, M. Ikhwan Maulana Haeruddin, M. Ilham Wardhana H., Isma Azis Riu, & Rahmat Riwayat Abadi. (2025). Efek Mediasi Citra Merek pada Pengaruh Green Product Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Yotta di Kota Makassar. Journal of Business, Finance, and Economics (JBFE), 6(1), 114–124. https://doi.org/10.32585/jbfe.v6i1.6612
Hartanty, I. I., & Ratnawati, A. (2013). Peningkatan Kinerja Pemasaran Melalui Optimalisasi Keunggulan Bersaing. Ekobis, 14(2), 72–89. Retrieved from https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ekobis/article/download/568/470
Munir, S. A. M. M. A. (2020). Development Model of Competitiveness of Chicken Farm SMEs in Sidrap Regency, South Sulawesi, Indonesia. Revista …. w.revistaespacios.com. Retrieved from http://w.revistaespacios.com/a20v41n10/20411023.html
Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766
Ramadhani, U., Wibowo, L. A., & Widjajanta, B. (2019). Minat Beli: Peran Citra Merek yang Dipersepsikan oleh Konsumen Produk Otomotif. Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 19(1), 19. https://doi.org/10.17509/strategic.v19i1.17666
Fajri Fillanov, M., & Karmela Fitriani, L. (2023). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Intervening (Survey Pada UMKM di Kabupaten Kuningan). Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(2), 251–277. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v4i2.5756
Latifah, R. Y., & Vania, A. (2025). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembeliaan dengan Citra Merek sebagai Variabel Intervening. Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 3(4), 1033–1044. https://doi.org/10.57141/kompeten.v3i4.160
Nurudin, N., Muyassarah, M., & Asyifa, L. N. (2021). Competitive Advantage: Influence of Innovativeness, Marketing Sensing Capabilities and Brand Image on Marketing Performance MSE’s. At-Taqaddum, 13(2), 197–212. http://journal.walisongo.ac.id/index.php/attaqaddum/index
Nofrizal, N., Aznuryandi, A., N, A., Affandi, A., & Juju, U. (2021). Pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran pengrajin rotan Pekanbaru. Journal of Business and Banking, 10(2), 279. https://doi.org/10.14414/jbb.v10i2.2487
Fadlilah, A.,A,N., & Muanas, A. (2025). Peran Citra Merek Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Accounting and Finance Management, 6(2), 583–597. https://doi.org/10.38035/jafm.v6i2.1860