Main Article Content

Abstract

UMKM jasa bengkel mobil Balaroda yang sudah didirikan selama 6 tahun merupakan sebuah usaha yang berfokus pada jasa servis kendaraan. Pendekatan kualitatif dengan teknik analisis deskriptif menggunakan analisis SWOT digunakan dengan tujuan untuk menjelaskan strategi pemasaran yang tepat untuk mengembangkan UMKM jasa bengkel mobil Balaroda terutama pada masa pandemi. Berdasarkan diagram IFAS dan EFAS maka dapat disimpulkan bahwa UMKM jasa bengkel mobil Balaroda terletak pada kuadran 1 yang berarti UMKM jasa bengkel mobil Balaroda memiliki posisi yang kuat dimana strategi SO dapat digunakan dengan menggunakan kekuatan untuk meraih peluang pasar yang besar. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa berdasarkan analisis SWOT yang dilakukan, strategi pemasaran kewirausahaan berupa pemasaran interaktif dapat otomatis terlaksana apabila strategi SO dapat ditingkatkan dan dilakukan secara berkesinambungan. Melalui pemasaran interaktif tersebut maka peluang UMKM jasa bengkel mobil Balaroda untuk mendapatkan stake holder serta memperluas target bottom-up pasar akan lebih besar.

Keywords

Analisis SWOT Strategi Pemasaran UMKM Pemasaran Kewirausahaan

Article Details

How to Cite
Nabilaturrahmah, A., & Kusnanto, D. (2021). Implementasi Analisis SWOT untuk Menciptakan Strategi Pemasaran Kewirausahaan pada Masa Pandemi. Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 13(2), 201-216. https://doi.org/10.24905/permana.v13i2.194

References

  1. Abshariena, T. K., & Fitria, S. E. (2019). The Impact of Entrepreneurial Marketing toward Work Perfromance at the Centre of Garut Specialty Food. Jurnal Ilmu Sosial Politik Dan Humaniora, 2(1), 42–50. https://doi.org/10.36624/jisora.v2i1.28
  2. Andharini, S. N. (2019). PEMASARAN KEWIRAUSAHAAN DAN KINERJA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH. 3(2). https://doi.org/10.22219/jibe.v3i2.223 5
  3. Ashari, U., Abidin, Z., & Tangahu, M. (2020). Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Emping Jagung IKM Al-Fazal Kabupaten Bone Bolango. 4(4), 794–807. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2020.004.04.09
  4. Fathoni, A., Supriyanto, A., & Danarbroto, H. (2019). Pengembangan Analisa Matrik SWOT dalam Usaha Pemetaan Potensi Pemasaran Kewirausahaan Desa Di Kelurahan Pulutan Salatiga. Artikel Penelitian, 1–22.
  5. Febriyantoro, M. T., & Bahar, H. (2019). Analisis Strategi Entrepreneurial Marketing Terhadap Keunggulan Bersaing Serta Kinerja Pemasaran Pada Pelaku UKM. 2(September), 372–382. https://ojs.umbbungo.ac.id/index.php/JMS/article/view/476
  6. Fitri, D., & Hasim, W. (2021). Implementasi SWOT Strategi Pemasaran Online Pada Counter Super Cell di Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. Jurnal Manajemen Sains, 1. http://dx.doi.org/10.36355/jms.v1i1.471
  7. Hadiyati, E. (2009). Kajian Pendekatan Pemasaran Kewirausahaan dan Kinerja Penjualan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship), 11(2), 183–192. https://doi.org/10.9744/jmk.11.2.pp.183-192
  8. Harini, C., & Handayani. (2019). PEMASARAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN KINERJA UMKM. Deviratif: Jurnal Manajemen, 13(02), 121–130. https://doi.org/10.22219/jekobisnis.v3i2.2235
  9. Kotler, Philip. (2018). Principle of Marketing. Pearson One. Prentice Hall.
  10. Kristanto, T., Muliawati, E. C., Arief, R., & Hidayat, S. (2017). Strategi peningkatan omset ukm percetakan dengan pendekatan analisis SWOT. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (Sesindo), November, 258–262.
  11. Kurniawati, E. (2020). Implementasi Swot Dalam Pengembangan Usaha Bagi Anggota Kub Srikandi Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal. Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 51–61. https://doi.org/10.35829/magisma.v8i2.90
  12. Nisak, Z. (2013). Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Kompetitif. Ekonomi Bisnis, 9(2), 468–476.
  13. Noor, S. (2014). Penerapan Analisis Swot dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio di Malang. Jurnal INTEKNA, 14(2), 102–209.
  14. Ramadhan, A., & Sofiyah, F. R. (2008). Analisis SWOT sebagai landasan dalam menentukan strategi pemasaran (studi McDonald ’ s Ring Road). Sistem Informasi, 1(2), 1–5.
  15. Rezvani, M., & Fathollahzadeh, Z. (2020). The impact of entrepreneurial marketing on innovative marketing performance in small- and medium-sized companies. Journal of Strategic Marketing, 28(2), 136–148. https://doi.org/10.1080/0965254X.2018.1488762
  16. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung
  17. Sulistyo, A. (2017). Analisis Swot 8-K Pada Objek Wisata Rekreasi Dan Hiburan Keluarga Kid ’ S Fun Yogyakarta. Jurnal Kepariwisataan, 11(2), 1–10. http://ejournal.stipram.ac.id/index.php/kepariwisataan/article/view/104
  18. https://www.researchgate.net/. (2017). Gambar 4 Matriks SWOT Skor Akhir IFAS dan EFAS Aspek Proses. diakses pada 20 April 2021, dari https://www.researchgate.net/figure/G ambar-4-Matrik-SWOT-Skor-AkhirIFAS-dan-EFAS-AspekProses_fig1_318213074