Main Article Content
Abstract
Kota Tegal yang berada di pesisir pantai utara mempunyai beberapa wisata pantai yaitu Pantai Alam Indah, Pantai Pulau Kodok, Pantai Batam sari dan Pantai Muarareja. Kota Tegal memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan daerah sekitarnya, sehingga Pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya dalam upaya optimalisasi destinasi pariwisata pantainya, dibutuhkan strategi manajemen yaitu dengan strategi analisis SWOT. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif dari studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui survey dan observasi lapangan. Obyek penelitian ini adalah 4 destinasi pariwisata pantai. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan Purposive sampling. Hasil penelitian ini adalah keunggulan kota Tegal memiliki 4 destinasi wisata pantai dengan udara yang bersih, biaya murah dan aksesnya mudah dijangkau. Untuk mewujudkan destinasi pariwisata pantai sebagai daya tarik kota Tegal bukanlah hal yang mudah. Sarana dan prasarana, fasilitas lainnya yang kurang baik. Tidak ada promosi gencar yang dilakukan pihak pengelola dalam memperkenalkan destinasi pariwisata ini. Permasalahan pengelolaan destinasi antara pemeritah daerah dan pengelola/masyarakat sebagai penghambat masuknya investor untuk berpartisipasi dalam mengembangkan destinasi pariwisata, dan akan memperlambat pembangunan pariwisata pantai ini. Ancaman bagi bisnis pariwisata pantai kota Tegal adalah wilayah disekitarnya memiliki destinasi pariwisata yang sama dengan fasilitas lebih baik.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
- Amalu, Titus et all 2012. An Assessment of the Influence of Calabar Carnival on the Economy of the Residents of Calabar Metropolis, Cross River State, Nigeria. Global Journal of Human Science, Volume 12 Issue 10 Version 1.0 Year 2012
- Anim O. Ajake 2015. Influence of Marketing Strategies on Tourists. Choice of Destination Area in Cross River State, Nigeria. American Journal of Tourism Management 2015, 4 (3): 61-76 DOI:10.5923/j.tourism.20150403.03
- Basuki Antariksa, 2018. Kebijakan Pembangunan-Sadar Wisata menuju Daya Saing Kepariwisataan Berkelanjutan. Penerbit Intrans Publishing
- Christine Daymon & Immy Holloway, Riset Kualitatif, Penerbit Bentang
- Evi Sukmayaeti 2019. A Social Mapping of Fishermen Resource ang Accessibility for Coastal Tourism Development Policy. Society, https://doi.org/10.33019/society.v7i2.101
- Emmanuel L.A and Catherine E.Obang 2012,”Tourism: A Strategy for Sustainable Econemic Development in Cross River State, Nigeria,” International Journal of Business and social science Vol 3 No 5; March 2012
- https://id.wikipedia.org/wiki/otonomi_daerah
- https://id.wikipedia.org/wiki/pendapatan_asli_daerah
- I Gusti B.R.U, 2017. Pemasaran Pariwisata. Penerbit Andi
- I Gde Pitana & I Ketut S, Diarta 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Penerbit Andi
- Jay Heizer & Barry Render 2015. Manajemen Operasi. Edisi 11 Penerbit Salemba Empat
- Marine Kenzi et all, 2016. Coastal Tourism Development Planning based on Community and Natural Resources in Pangandaran Regency. International Journal of Science Reaserch (IJSR) ISSN (Online) : 2319-7064 volume 5 Issue 5, May 2016
- Mutia et all, 2018. SWOT analysis of marketing Tourism in Leading Tourism Object Of Bandung And Soppeng. The Internasional Journal of Organizational Innovation
- Muljadi A.J. 2012, Kepariwisataan dan Perjalanan, Raja Gtafimdo Persada
- Rangkuti Fredy 2014. SWOT-Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama
- Zulian Yamit 2017. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Penerbit Ekonisia
- https://www.kemenpar.go.id/categories/undang-undang
- https://semarang.bpk.go.id/wp-content/uploads/2015/09/Perda-Kota-Tegal-No.-3-Tahun-2014-RPJMD-2014-2019.pdf
- http://www.bphn.go.id/data/documents/16pdprovjateng002.pdf
- https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/92773/perda-kota-tegal-no-5-tahun-2017
- Taleghani (2011). Tourism Management as an Economic Development Tool in Iran. International Journal of Business Administration : ISSN 1923