Optimalisasi Destinasi Pariwisata dengan Pemberdayaan Potensi Alam Pesisir Pantai Utara sebagai Daya Tarik Kota Tegal: Analisis Swot
Main Article Content
Abstract
Kota Tegal yang berada di pesisir pantai utara mempunyai beberapa wisata pantai yaitu Pantai Alam Indah, Pantai Pulau Kodok, Pantai Batam sari dan Pantai Muarareja. Kota Tegal memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan daerah sekitarnya, sehingga Pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya dalam upaya optimalisasi destinasi pariwisata pantainya, dibutuhkan strategi manajemen yaitu dengan strategi analisis SWOT. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif dari studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui survey dan observasi lapangan. Obyek penelitian ini adalah 4 destinasi pariwisata pantai. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan Purposive sampling. Hasil penelitian ini adalah keunggulan kota Tegal memiliki 4 destinasi wisata pantai dengan udara yang bersih, biaya murah dan aksesnya mudah dijangkau. Untuk mewujudkan destinasi pariwisata pantai sebagai daya tarik kota Tegal bukanlah hal yang mudah. Sarana dan prasarana, fasilitas lainnya yang kurang baik. Tidak ada promosi gencar yang dilakukan pihak pengelola dalam memperkenalkan destinasi pariwisata ini. Permasalahan pengelolaan destinasi antara pemeritah daerah dan pengelola/masyarakat sebagai penghambat masuknya investor untuk berpartisipasi dalam mengembangkan destinasi pariwisata, dan akan memperlambat pembangunan pariwisata pantai ini. Ancaman bagi bisnis pariwisata pantai kota Tegal adalah wilayah disekitarnya memiliki destinasi pariwisata yang sama dengan fasilitas lebih baik.
Article Details
Licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
Amalu, Titus et all 2012. An Assessment of the Influence of Calabar Carnival on the Economy of the Residents of Calabar Metropolis, Cross River State, Nigeria. Global Journal of Human Science, Volume 12 Issue 10 Version 1.0 Year 2012
Anim O. Ajake 2015. Influence of Marketing Strategies on Tourists. Choice of Destination Area in Cross River State, Nigeria. American Journal of Tourism Management 2015, 4 (3): 61-76 DOI:10.5923/j.tourism.20150403.03
Basuki Antariksa, 2018. Kebijakan Pembangunan-Sadar Wisata menuju Daya Saing Kepariwisataan Berkelanjutan. Penerbit Intrans Publishing
Christine Daymon & Immy Holloway, Riset Kualitatif, Penerbit Bentang
Evi Sukmayaeti 2019. A Social Mapping of Fishermen Resource ang Accessibility for Coastal Tourism Development Policy. Society, https://doi.org/10.33019/society.v7i2.101
Emmanuel L.A and Catherine E.Obang 2012,”Tourism: A Strategy for Sustainable Econemic Development in Cross River State, Nigeria,” International Journal of Business and social science Vol 3 No 5; March 2012
https://id.wikipedia.org/wiki/otonomi_daerah
https://id.wikipedia.org/wiki/pendapatan_asli_daerah
I Gusti B.R.U, 2017. Pemasaran Pariwisata. Penerbit Andi
I Gde Pitana & I Ketut S, Diarta 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Penerbit Andi
Jay Heizer & Barry Render 2015. Manajemen Operasi. Edisi 11 Penerbit Salemba Empat
Marine Kenzi et all, 2016. Coastal Tourism Development Planning based on Community and Natural Resources in Pangandaran Regency. International Journal of Science Reaserch (IJSR) ISSN (Online) : 2319-7064 volume 5 Issue 5, May 2016
Mutia et all, 2018. SWOT analysis of marketing Tourism in Leading Tourism Object Of Bandung And Soppeng. The Internasional Journal of Organizational Innovation
Muljadi A.J. 2012, Kepariwisataan dan Perjalanan, Raja Gtafimdo Persada
Rangkuti Fredy 2014. SWOT-Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama
Zulian Yamit 2017. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Penerbit Ekonisia
https://www.kemenpar.go.id/categories/undang-undang
http://www.bphn.go.id/data/documents/16pdprovjateng002.pdf
https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/92773/perda-kota-tegal-no-5-tahun-2017
Taleghani (2011). Tourism Management as an Economic Development Tool in Iran. International Journal of Business Administration : ISSN 1923