Main Article Content

Abstract

Penelitian dilakukan pada Juli 2022 di Klinik Utama Mediktama Semarang untuk mengetahui sistem akuntansi per­sediaan barang yang dimiliki. Penelitian bertujuan untuk  men­dukung kinerja bagi penggunaannya efektifitas dari pe­ne­­rapan yang berdampak baik bagi Klinik Utama Me­dik­ta­ma Semarang. Metode penelitian deskriptif kualitatif. Me­to­de pengumpulan data menggunakan beberapa teknik dian­ta­ra­nya kepustakaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan 2 sistem pencatatan persediaan yaitu metode fisik dan metode perspektual. Stock Opname di klinik dilakukan setiap akhir bulan oleh apoteker untuk mengetahui sistem dan hasil fisik sudah sesuai atau belum. Diperoleh kesimpulan bahwa sistem akuntansi untuk data persediaan obat-obatan dan alat kesehatan pada klinik utama mediktama semarang dimulai dari penyelenggara pe­nge­lo­la­an sudah cukup baik dengan SOP yang berlaku dengan sis­tem yang tersedia lengkap, menyajikan informasi yang aku­rat. Namun juga memiliki kelemahan seperti sering error nya sistem dan pembaruan pada sistem persediaan, terdapat beberapa obat dan alat kesehatan yang kurang lengkap, data kartu formulir oleh farmasi

Keywords

Sistem Akuntansi Persediaan Obat-obatan Alat Kesehatan

Article Details

How to Cite
Kurniawati, A. (2023). Analisis Sistem Akuntansi untuk Persediaan. Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 15(2), 255-265. https://doi.org/10.24905/permana.v15i2.248

References

  1. Arif, M., Rudyanto. (2011). Pemrograman Web Dinamis Menggunakan Php dan Mysql. Andi : Yogyakarta.
  2. Denanta, D., H., G. 2017. Implementasi Persediaan Barang Dengan Metode FIFO Pada Studi Kasus Toko Sri Rejeki. Skripsi. STMIK AKAKOM Yogyakarta.
  3. Dewayani, J. 2016. Sistem Informasi Monitoring Persediaan Spareparts Motor dengan Menggunakan Metode FIFO pada Toko Adil Jaya Motor Semarang. Kompak.
  4. Dwiprastio, C. 2012. Aplikasi Penjualan dan Persediaan Barang Dagang dengan Metode Perpetual FIFO Berbasis Web (Studi Kasus pada PD. XYZ).
  5. Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Andi : Yogyakarta.
  6. Jusup, A., H. 2005. Dasar-dasar Akuntansi Jilid 2 edisi ke-6, Bagian Penerbit Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Yogyakarta.
  7. Jusup, A., H. 2011. Dasar-dasar Akuntansi Jilid 1 edisi ke-7, Bagian Penerbit Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Yogyakarta.
  8. Kieso, D.E., W, J. J., dan Warfield, T. D. 2011. Intermediate Accounting Volume 1 IFRS Edition. United States of America : Wiley.
  9. Prasetyo, Eko. 2008. Pemrograman Web PHP & MySQL untuk Sistem Informasi Perpustakaan. Graha Ilmu.
  10. Vandohop, Lukas (2016) Aplikasi Penjualan dan Nilai Persediaan Barang dengan Metode Fifo Di Toko Dot Print. Skripsi. STMIK AKAKOM Yogyakarta.
  11. Wahyuning, S. 2015. Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Barang dengan Metode Fifo. Kompak, 8(1)
  12. UU NO.9 Tahun 2014 Menurut Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia