Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Kompensasi dan Komitmen Pimpinan terhadap Kepuasan Layanan. Penelitian ini menggunakan data primer. Objek penelitian adalah Perusahaan Daerah Air Minum Palembang. Populasi Penelitian ini berjumlah 618 karyawan. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan rumus slovin dengan total sampel sebanyak 242 sampel. Metode Teknik Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan Partial Least Square (PLS) dengan program SmartPLS versi 4.0.  Hasil Penelitian ini menemukan bahwa Kompensasi dan Komitmen Pimpinan berpengaruh terhadap Kepuasan Layanan. Hal ini berarti bahwa semakin baik pemberian kompensasi dan komitmen pimpinan akan berdampak positif bagi kepuasan layanan. Penelitian ini dapat memberikan wawasan baru dan informasi berharga kepada Perusahaan Daerah Air Minum Palembang. Kontribusi berupa informasi kepada perusahaan terkait pengaruh kompensasi dan komitmen pimpinan terhadap kepuasan layanan sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi manajemen dalam mengambil keputusan. dan diharapkan dapat menjadi referensi bagi pihak lain yang tertarik untuk melakukan penelitian yang sama di masa mendatang. Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu hanya berfokus pada pengujian variabel kompensasi dan komitmen pimpinan terhadap kepuasan layanan, maka tidak dipungkiri adanya variabel lain diluar variabel tersebut yang mempengaruhi kepuasan layanan. Dan keterbatasan lainnya Penelitian ini hanya menggunakan 242 responden dari 618 karyawan Perusahaan Daerah Air Minum Palembang


 

Keywords

Kompensasi Komitmen Pimpinan Kepuasan Layanan

Article Details

How to Cite
Alenarda, Y. R., & Gunarto, M. (2024). Pengaruh Kompensasi dan Komitmen Pimpinan Terhadap Kepuasan Layanan. Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 16(1), 28-36. https://doi.org/10.24905/permana.v16i1.329

References

  1. Afifah, H. N. (2021). Pengaruh kompensasi dan komitmen organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dimediasi oleh motivasi kerja pada karyawan PDAM Kota Batu. 4, 33–53.
  2. Aisyah, A., Risal, M., & Kasran, M. (2019). Pengaruh Pengembangan Karir Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Air Minum Tirta Mangkaluku Kota Palopo. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 5(1), 17–24. https://doi.org/10.35906/jm001.v5i1.343
  3. Azmy, A. (2022). Effect of Compensation and Organizational Commitment on Employee Performance During WFH at Digital Company. Jurnal Economia, 18(1), 70–88. https://doi.org/10.21831/economia.v18i1.44949
  4. Bahaudin, M. (2020). Pengaruh Komitmen Organisasional, Kepuasan Kerja, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Layanan (Studi Kasus pada Karyawan PT Kereta Api Indonesia Di Kabupaten Lamongan). Jekma, 1(5), 1–7.
  5. Bunawan, I., & Turangan, J. A. (2021). Pengaruh Kompensasi Dan Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT X Di Jakarta. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(1), 277. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i1.11321
  6. Danni, H., & Alim Bachri, A. (2021). Analysis of The Effect of Compensation, Organizational Commitment, and Work Environment on Employee Performance. Journal of Sosial Science, 2(4), 375–380. https://doi.org/10.46799/jss.v2i4.174
  7. Faniran, Q., & Velayutham, D. K. (2023). Effect of compensation policies on employee’s commitment in care homes northwest England UK. International Journal of Research in Human Resource Management, 5(1), 36–43. https://doi.org/10.33545/26633213.2023.v5.i1a.128
  8. Imron, H., Indradewa, R., & Syah, T. Y. R. (2020). Compensation Effects and Organizational Climate on Employees’ Performance by Organizational Commitment. Journal of Multidisciplinary Academic, 4(5), 300–307.
  9. Karina, N. K., & Ardana, I. K. (2020). PENGARUH TALENT MANAGEMENT TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA KARYAWAN. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i02.p05
  10. Katidjan, P. S., Pawirosumarto, S., & Isnaryadi, A. (2017). Pengaruh Kompensasi, Pengembangan Karir dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Manajemen.
  11. Maharani, C. (2016). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kualitas Layanan Publik Dinas Kesehatan Kota Manado. 1–23.
  12. Nurlina, N. (2022). Examining Linkage Between Transactional Leadership, Organizational Culture, Commitment and Compensation on Work Satisfaction and Performance. Golden Ratio of Human Resource Management, 2(2), 108–122. https://doi.org/10.52970/grhrm.v2i2.182
  13. Panjaitan, M., Sinaga, A. O., & Manurung, E. D. (2018). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Sentral Pembangunan Indonesia. Jurnal Manajemen, 4(3), 83–92.
  14. Poluakan, A. K. (2019). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai PT. PLN (Persero) UP3 Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(2), 70. https://doi.org/10.35797/jab.9.2.2019.25114.70-77
  15. Prawira, I. (2020). Pengaruh Kompensasi, Kepemimpinan Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 28–40. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4681
  16. Purwanti, Y. D., & Nurastuti, P. (2020). PENGARUH ANALISIS FUNDAMENTAL DAN RISIKOSISTEMATIK TERHADAP HARGA SAHAM PADA PASAR MODAL SYARIAH. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 103–116. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i01.12
  17. Rika, P. (2021). PENGARUH KOMPENSASI, PROFESIONALISME, DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI SEKRETARIAT DAERAH KOTA PAYAKUMBUH. Jurnal PROFITA: Akuntansi Dan Bisnis, 2(1), 42–52. https://doi.org/10.47896/ab.v2i1.365
  18. Rukmini, R., Nawar, J., Safina, W. D., & ... (2022). Pengaruh Komitmen Organisasional, Kepuasan Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Layanan Pegawai di Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura …. Jurnal AKMAMI …, 3(3), 433–448. http://jurnal.ceredindonesia.or.id/index.php/akmami/article/view/724
  19. Selviana Lie, E. (2014). Kepemimpinan Terhadap Kualitas Pelayanan Bank Ntt. 4(2), 12–18.
  20. Setiawati, L., & Tjahjono, J. K. (2018). Pengaruh Komitmen Manajemen Terhadap Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan di Rumah Sakit Umum Daerah (Studi Kasus di RSUD Dr. Soetomo). SenasPro2: Seminar Nasional Dan Gelar Produk, November 2016, 964–975.
  21. Syukur, I. B., Wibisono, C., Rumengan, A. E., & Indrayani, I. (2023). The Relationship of Leadership Style, Spiritual Motivation and Compensation on Employee Performance: Mediating Role of Employee Loyalty. International Journal of Advances in Social Sciences and Humanities, 2(1), 65–72. https://doi.org/10.56225/ijassh.v2i1.156
  22. Toni, R. (2020). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kualitas Pelayanan ditinjau dari semangat kerja tenaga kependidikan di SMA N 6 Luwu Utara. File:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANAK_and_REMAJA_PRINT.Docx, 21(1), 1–9. http://jurnal.ceredindonesia.or.id/index.php/akmami/article/view/724
  23. Yusril, M. (2017). PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP MOTIVASI KERJA, KEPUASAN KERJA, DAN KINERJA KARYAWAN (Studi pada Karyawan Tetap PT. Otsuka Indonesia di Lawang, Malang). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(1), 288. https://doi.org/10.58258/jime.v3i1.103