Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian AMDK galon AQUA pada Kapal di pelabuhan Tasik Agung Rembang. Teknik pengumpulan data dilakukan dalam penelitian ini melalui kuesioner. Sumber data yang digunakan dalam penelitian yang dilakukan adalah dari sumber data primer yang diperoleh dari instrumen penelitian berupa kuesioner yang diisi oleh responden yang menyebarkan kuesioner secara langsung kepada konsumen air dalam kemasan galon merek AQUA di pelabuhan Rembang. Populasi penelitian ini terdiri dari jumlah kapal yang datang di pelabuhan Tasik Agung adalah 1.599 kapal. Teknik pengambilan sampel teknik sampel yang akan digunakan menggunakan non probability sampling, yakni teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh kualitas produk dan citra merek berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian AMDK Galon AQUA pada kapal di Pelabuhan Tasik Agung Rembang, sedangkan harga berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian AMDK Galon AQUA pada kapal di Pelabuhan Tasik Agung Rembang. Kualitas produk, harga dan citra merek dapat menjelaskan keputusan pembelian sebesar 39%, sedangkan sisanya 61% dipengaruhi atau dijelaskan di luar model penelitian ini.


 


Kata Kunci: kualitas produk, harga, citra merek, keputusan pembelian


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian AMDK galon AQUA pada Kapal di pelabuhan Tasik Agung Rembang. Teknik pengumpulan data dilakukan dalam penelitian ini melalui kuesioner. Sumber data yang digunakan dalam penelitian yang dilakukan adalah dari sumber data primer yang diperoleh dari instrumen penelitian berupa kuesioner yang diisi oleh responden yang menyebarkan kuesioner secara langsung kepada konsumen air dalam kemasan galon merek AQUA di pelabuhan Rembang. Populasi penelitian ini terdiri dari jumlah kapal yang datang di pelabuhan Tasik Agung adalah 1.599 kapal. Teknik pengambilan sampel teknik sampel yang akan digunakan menggunakan non probability sampling, yakni teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh kualitas produk dan citra merek berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian AMDK Galon AQUA pada kapal di Pelabuhan Tasik Agung Rembang, sedangkan harga berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian AMDK Galon AQUA pada kapal di Pelabuhan Tasik Agung Rembang. Kualitas produk, harga dan citra merek dapat menjelaskan keputusan pembelian sebesar 39%, sedangkan sisanya 61% dipengaruhi atau dijelaskan di luar model penelitian ini.

Keywords

kualitas produk harga citra merek keputusan pembelian

Article Details

How to Cite
Setiawan, A., & Lukiarti, M. M. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 16(2), 277-288. https://doi.org/10.24905/permana.v16i2.351

References

  1. Destarini, Fahra. &Bono, Prambudi. (2020) ‘pengaruh produk dan harga, terhadap keputusan pembelian pada konsumen212 mart condet batu amper.’, Jurnal Ekonomi Bisnis, 10, 2716-3830,
  2. Fera. &Charisma, Ayu, Pramudhita. (2020) ‘pengaruh kualitas produk, harga, harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian handphone Xiomi di kota Palembang.’, Publikasi Riset Mahasiswa Manajmen, 3.
  3. Ghozali, Imam. (2018) Aplikasi Analisis Multivasriate dengan Program IBM SPSS 25, Edisi 9, Semarang, Universitas Diponegoro
  4. Kurniawan, Devi, Dwi. Kharisma, &Nawang, Sigit. (2020) ‘Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Mineral AQUA Di Indomaret Subah Kabupaten Batang’, Jurnal Ekonomi Bisnis, 7, 2685-2446.
  5. Kotler, Philip.& Keller, K.L. (2012) Manajemen Pemasaran, Jakarta, Erlangga.
  6. Miati, Lis. (2020) ‘Pengaruh Citra Merek (Brand image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay’, Jurnal Abiwara, 1, 2686-219.
  7. Prabowo, R, E. Kis, Indriyaningrum. & Anggita, D, S. ‘Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas ProdukTerhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Adidas’, Majalah Ilmu Solusi, 18, 1412-5331.
  8. Sugiyono. (2016) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan Ke-23, Bandung, Alfabeta.
  9. Tim Penyusun, (2021) Pedoman Penyusunan Skripsi STIE YPPI Rembang, Edisi Revisi, STIE YPPI Rembang, Rembang.
  10. Tjiptono, Fandy.(2019) Pemasaran Jasa, Edisi Terbaru, Yogyakarta, Andi Offset.
  11. https://harga.web.id/harga-air-kemasan-merk-aqua-gelas-botol-galon-per-1-dus-dan-ecer.info/amp
  12. https://www.topbrand-award.com/en/2021/02/air-minum-dalam-kemasan-beroksigen-fase-1-2021/1/6/2022 16.45
  13. Wawan Hari Subagyo dan Ranti Chairunisha Febriana (2020) ‘Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek Aqua Di Kelurahan Pabuaran Bogor’, jurnal Economicus, Vol. 14, No. 1.