Main Article Content

Abstract

Statistical Process Control (SPC) adalah sebuah teknik statistik yang digunakan secara luas untuk memastikan bahwa proses memenuhi standar. SPC digunakan untuk mengukur kinerja sebuah proses. Alat yang digunakan dalam SPC adalah peta kendali. Peta kendali adalah gambaran grafis data sejalan dengan waktu yang menunjukkan batas atas dan bawah proses yang ingin kita kendalikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah Statistical Process Control (SPC) dengan alat bantu Peta Kendali P-Chart dan Diagram Sebab Akibat. Hasil yang didapat adalah jenis-jenis kerusakan yang terjadi pada produk benang Rayon Ne 100% 6s yang diproduksi oleh PT. Lakumas adalah Neps (serat tidak bisa diurai) sebanyak 2.145 kg, Thin (benang tipis) sebanyak 1.119 kg, Twist (pelintiran) sebanyak 1.102 kg,  dan Thick (benang tebal) sebanyak 1.073 kg, proses pengendalian kualitas di PT. Lakumas sudah dilaksanakan dengan baik, karena dari grafik Peta Kendali P-Chart diketahui tidak ada titik-titik yang berada di luar batas kendali (UCL dan LCL). Seluruh titik yang berjumlah 29 titik berada dalam kendali, artinya proses produksi di PT. Lakumas dapat dinilai terkendali atau menunjukkan tidak terdapat penyimpangan, walaupun tidak ada penyimpangan, akan tetapi dari grafik Peta Kendali diketahui terjadi abnormal/ketidaknormalan dalam proses produksi benang di PT. Lakumas yang termasuk dalam kategori pelekatan, artinya masih ada sesuatu yang salah dan harus diperbaiki, untuk memperbaiki kualitas produk benang di PT. Lakumas,  diberikan usulan tindakan perbaikan yang diklasifikasikan berdasarkan 4 faktor penyebab, yaitu manusia, metode, mesin, dan material, dimana masing-masing faktor penyebab diberikan rekomendasi atau usulan tindakan perbaikan untuk dapat meningkatkan kualitas produk benangnya.

Keywords

Statistical Process Control Peta Kendali P-Chart Diagram Sebab Akibat

Article Details

How to Cite
Sulistyani, T., & Safitri, R. (2024). Analisis Penggunaan Statistical Process Control (SPC) Dalam Pengendalian Kualitas. Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 16(2), 379-392. https://doi.org/10.24905/permana.v16i2.387

References

  1. Ahyari, Agus. (2002). Pengendalian Produksi. Yogyakarta : BPFE.
  2. Jacobs, F. Robert dan Richard B. Chase. (2014). Manajemen Operasi dan Rantai Pasokan. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.
  3. Hanum, F., (2020). Kebijakan Strategi Produksi. Medan: Undhar Press.
  4. Heizer, Jay and Barry, Render. (2005). Operations Management (Manajemen Operasi). Jakarta : Salemba Empat.
  5. Heizer, Jay and Barry, Render. (2015). Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan. Jakarta : Salemba Empat.
  6. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.
  7. Tjiptono, Fandi & Diana, Anastasia. (2003). TQM (Total Quality Manangement). Yogyakarta : CV. Andi Offset.