Main Article Content

Abstract

Pembangunan pada hakikatnya adalah proses pembaruan berkesinambungan untuk mencapai suatu keadaan yang dianggap lebih baik. Pembangunan itu sendiri diartikan sebagai upaya meningkatkan, mengembangkan, dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia, baik berupa sumber daya alam maupun sumber daya manusia, yang hasilnya ditujukan bagi sebesar-besarnya kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Pembangunan hanya akan dapat dilaksanakan melalui rangkaian investasi dengan dukungan dana yang besar. Dana pembangunan itu dapat diperoleh dari berbagai sumber, pemerintah dan swasta, baik dari dalam negeri maupun manca negara. Salah satu sumber dana pembangunan ini berasal dari pajak. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan jenis pendekatan kuantitatif. Data primer diperoleh dari kuesioner menggunakan teknik sampling insidential dengan 100 responden. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah uji analisis linier berganda, uji t, uji F dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa perhitungan uji t variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan wajib pajak, sedangkan hasil perhitungan uji untuk variabel persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap kepuasan wajib pajak, pada uji F didapatkan hasil kualitas pelayanan, dan persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap kepuasan wajib pajak tahunan dalam penggunaan layanan samsat keliling pada Samsat Kabupaten Tegal.

Keywords

Kualitas pelayanan persepsi kemudahan Kepuasan

Article Details

How to Cite
Murdiati, S. (2024). Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Tahunan Dalam Penggunaan Layanan Samsat Keliling. Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 16(2), 368-378. https://doi.org/10.24905/permana.v16i2.388

References

  1. Anisa dan Suprajitno (2020), “Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Penggunaan E-Filing Bagi Wajib Pajak di Kebumen.”
  2. Apriliani, Chyntya; Suharno; Bambang Widarno (2019), “Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Persepsi Manfaat Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Badan Pengguna E-Filing di KPP Pratama Surakarta.” Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi Vol. 15 Edisi Khusus Oktober 2019
  3. Chusnah, C., & Indriana, K. T. (2020). Pengaruh Kemudahan Dan Keamanan Terhadap Kepuasan Konsumen Fintech. Kinerja, 3(1), 111-122.
  4. Delvi, Olyvia; Mila Fursiana Salma Musfiroh (2021), “Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking Pada BRI Syariah KCP Weleri.” Jurnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah Volume 1 Nomer 1, Desember 2021.
  5. Dewi, I Gusti Ayu Puspita dan I Made Santosa (2018), “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Gianyar (KPP Gianyar).” Jurnal MBE Vol. 4 No. 2 September 2018.
  6. Haris, Affandi (2020), “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Orang Pribadi UMKM dan Citra Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pekanbaru Senapelan.” Jurnal Ilmiah Manajemen. Volume 8. Nomor 4, Desember 2020.
  7. Indriasari, Meithiana (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Cetakan Pertama. Surabaya: Unitomo Press.
  8. Kotler, Philip & Kevin Keller (2013). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid Kedua. Jakarta : Erlangga.
  9. Mahendra, Denny Mahendra; Jarot Santosa dan Aris Tri Haryanto (2020), “Optimalisasi Kecepatan Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Dengan Kepercayaan Wajib
  10. Pajak Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Kantor UPPD Samsat Kabupaten Karanganyar).” Jurnal Ekonomi. Volume 3. Nomor 6. Tahun 2020.
  11. Mirza, Sri Yanna (2020), “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Samsat UPTD.” Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial dan Budaya. Vol. 6 No. 2 Mei 2022.
  12. Purba, Meyrilliana; Samsir; Kasmir Arifin (2020), “Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan dan Niat Menggunakan Kembali Aplikasi Ovo Pada Mahasiswa Pascasarjana Universitas Riau.” Jurnal Tepak Manajemen Bisnis. Volume XII. Nomor 1. Januari 2020.
  13. Puspaningrum, Astrid (2017). Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Kajian Perilaku Pelanggan Hypermarket. Cetakan Pertama. Malang: Media Nusa Creative.
  14. Putri, Nur Anisa dan Sihar Tambun (2018), “Pengaruh Kualitas Sistem Perpajakan dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepuasan Pengguna E-Filing dengan Kepercayaan Terhadap Otoritas Perpajakan Sebagai Variabel Moderating.” Jurnal Media Studi Ekonomi. Volume 21 No.1 Januari - Juni 2018.
  15. Sa’adah, Lailatus dan Abdullah Fajarul Munir (2020). Kualitas Layanan, Harga, Citra Merk Serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen. Cetakan Pertama. Jombang: Universitas KH A. Wahab Hasbullah.
  16. Santoso, Singgih. (2016). Panduan Lengkap SPSS Versi 23. Jakarta: Elex Media Komputindo.
  17. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Administrasi. Dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung : Alfabeta