Main Article Content
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen. Objek penelitian adalah UMKM Burger Sikeling Cabang Kanal. Sampel penelitian adalah konsumen yang melakukan pembelian produk burger, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 86 responden. Metode teknik analisis adalah kuntitatif menggunakan program software SPSS. Analisis data yang dipakai ialah analisis regresi linear berganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji parsial (uji t), uji simultan (uji f) dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk dan harga baik secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Peneliti merekomendasikan agar penelitian selanjutnya dilakukan dengan sampel yang lebih banyak dan tambahan variabel. Sehingga, dapat lebih mewakilkan konsumen.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
- Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga dan brand image terhadap keputusan pembelian produk hand and body lotion merek Citra. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 4(1), 120–136.
- Arfah, Y., Nasution, B., & Siregar, R. J. (2022). Keputusan Pembelian Produk. PT Inovasi Pratama Internasional.
- Arifin, N. A., Fatmawati, F., & Fahmi, I. (2020). Hubungan Status Gizi dan Konsumsi Junk Food dengan Menarche Dini Pada Remaja Awal (Studi Kasus di 3 Sekolah Dasar Kota Malang). Journal of Issues in Midwifery, 4(2), 82–90.
- Arissaputra, R., Darsana, I. M., Pandowo, A., Pratiwi, N., Taliupan, R., Hapsari, T. P., Rahman, V., Yuswono, I., Rahmani, S., Akbar, A. Y., & others. (2023). Dasar-Dasar Marketing. CV. Intelektual Manifes Media.
- Aulia, D., & Hidayat, R. (2022). Upaya Peningkatan Volume Penjualan melalui Optimalisasi Kualitas Produk dan Saluran Distribusi. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(2), 665–671. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i2.2514
- Geraldine, Y. M. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Media Sosial Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Brand Wardah. POINT: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(1), 71–82.
- Ginting, S. T. U. A., & Sitorus, R. F. M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Bengkel Mobil Telaga Adil Di Medan. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 10(1), 88–101.
- Issalillah, F., & Khan Khayru, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Vitamin C. Bisnis, Dan Kewirausahaan, 1(2), 121–130.
- Khalik, I., & Musyaffa, A. A. (2022). Penetapan Atribut Produk dan Harga Terhadap Penciptaan Nilai Serta Danpaknya Pada Kinerja Pemasaran. Penerbit Insania.
- Lubis, D. I. D., & Hidayat, R. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 15–24.
- Milano, A., Sutardjo, A., & Hadya, R. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap pengambilan keputusan pembelian baju batik di toko “Florensia” Kota Sawahlunto. Matua Jurnal, 3(1), 13–24.
- Nainggolan, J. M., & Hidayat, R. (2023). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Objek Wisata. Journal of Management and Economics Research, 1(3), 103–108.
- Nisa, H., Fatihah, I. Z., Oktovianty, F., Rachmawati, T., & Azhari, R. M. (2021). Konsumsi Makanan Cepat Saji, Aktivitas Fisik, dan Status Gizi Remaja di Kota Tangerang Selatan. Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 31(1), 63–74. https://doi.org/10.22435/mpk.v31i1.3628
- Paramita, A., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas Produk, dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian (Literatute Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 660–669.
- Ponomban, D. P., Soegoto, A. S., & Lintong, D. C. A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Umkm Dapur Hot Di Desa Tatelu, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(4), 695–706. https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.52100
- Pratiwi, A., Junaedi, D., & Prasetyo, A. (2021). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen: El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 2(2), 150–160. https://doi.org/10.47467/elmal.v2i2.473
- Rorong, G. A., Tamengkel, L. F., Mukuan, D. D. S., Studi, P., & Bisnis, A. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Import di Pasar Baru Langowan. Productivity, 2(3), 228–233.
- Salsabila, A., & Maskur, A. (2022). Pengaruh kualitas produk, citra merek, persepsi harga dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian mie gacoan (studi pada pelanggan mie gacoan di Kota Semarang). SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 156–167.
- Sari, I., & Hidayat, R. (2020). Pengaruh Lokasi dan Fasilitas terhadap Keputusan Pembelian pada Cafe Bang Faizs. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 1(2), 74–81.
- Suwardi, S., & Berliana, R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Vans. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(05), 19–28. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i05.274
- Yuliana, S., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk , Persepsi Harga , Kualitas Layanan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian (studi pada pelanggan Sinestesa Coffeeshop pati). Journal Of Managemnt & Business, 5(c), 559–573. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1772