Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi online, citra perguruan tinggi, dan biaya kuliah ter­hadap keputusan berkuliah melalui word of mouth. Populasi penelitian adalah mahasiswa Universitas Pancasakti Tegal. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah PLS. Hasil penelitian Promosi Online berpengaruh terhadap Word of Mouth, promosi online berpengaruh ter­ha­dap Keputusan Berkuliah, citra Perguruan Tinggi berpe­nga­ruh terhadap Word of Mouth, citra Perguruan Tinggi tidak memiliki pengaruh terhadap Keputusan Berkuliah, biaya Kuliah berpengaruh terhadap Word of Mouth, biaya Kuliah Berpengaruh terhadap Keputusan Berkuliah, Word of Mouth berpengaruh terhadap Keputusan Berkuliah, promosi Online berpengaruh tidak langsung terhadap Keputusan Berkuliah melalui Word of Mouth, citra Perguruan Tinggi berpengaruh tidak langsung terhadap Keputusan Berkuliah melalui Word of Mouth, biaya Kuliah berpengaruh tidak langsung ter­ha­dap Keputusan Berkuliah melalui Word of Mouth

Keywords

promosi online citra perguruan tinggi biaya kuliah keputusan berkuliah word of mouth

Article Details

How to Cite
Hatyanto, T., Hartinah, S., & Roberto. (2024). Pengaruh Promosi Online, Citra Perguruan Tinggi, dan Biaya Kuliah terhadap Keputusan Berkuliah melalui Word Of Mouth sebagai Variabel Intervening. Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 16(2), 210-222. https://doi.org/10.24905/permana.v16i2.432

References

  1. Aaker, D., (2014). Building Strong Brands. (A. Baderi, Trans.) Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Armstrong, K. P. (2015). Marketing an Introduction. 12th. England: Prentice Hall.
  3. Ayunita, M., (2021). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Online Shop Thyy Thyy) Di Kota Sorong. Jurnal BADATI Ilmu Sosial & Humaniora, Vol. 4, No. 1, Hal. 42–53.
  4. Babin, B. J. et al Modeling consumer satisfaction and word-of-mouth: restaurant patronage in Korea Journal of Services Marketing 19/3 (2005) 133–139
  5. Basu Swastha dan Irawan, (2005). Asas-asas Marketing. Yogyakarta: Liberty.
  6. Boone, L. E. dan David L. Kurtz, (2002). Pengantar Bisnis. Erlangga: Jakarta.
  7. Creswell J. W., Klassen AC, Plano Clark VL, et al.. Best practices for mixed methods research in the health sciences. National Institutes of Health, 2012: 1–39.
  8. Darmansyah, Salim, M., & Bachri, S. (2014). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pem Belian Produk di Indonesia (Penelitian Online). Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(2), 230–238
  9. Fakhrudin, A., (2021). Word of Mouth Marketing Berpengaruh terhadap Keputusan Kuliah.
  10. Forum Ekonomi,23(4)2021,http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI., 648-657
  11. Fridayanthie, E. W., (2017). Pengaruh Strategi Promosi Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Pada Universitas Muhammadiyah Tangerang. Simposium Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (SIMNASIPTEK), Vol. 5, No. 1, Hal. 1–17.
  12. Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Universitas Diponegoro.
  13. Gitosudarmo, I. (2000). Manajemen Pemasaran. BPFE. Yogyakarta Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, Vol. 4, No. 1, Hal. 71–85.
  14. Hasan, A. (2010). Marketing. Yogyakarta: Media Presindo.
  15. Keller and Kotler.(2009).Manajemen Pemasaran. 13th. Jakarta: Airlangga
  16. Khotimah,N.(2020). Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media,Word of Mouth Marketing Dan Discount Terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbal.
  17. Kotler, P., & Keller, KL (2012). Manajemen Pemasaran New Jersey. Balai Prentice.
  18. Kotler, P.and Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing: Global Edition (14th ed.). New Jersey, US: Pearson Education, Inc
  19. Kotler, Philip R., Bowen, John T and Makens, James. (2014). Marketing for Hospitality and Tourism: Sixth Edition. Pearson Education Limited. London
  20. Lupiyoadi, H. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Salemba Empat. Jakarta
  21. M. Erdoğmuş, İ. E., (2012). The Impact of Social Media Marketing on Brand Loyalty. Journal of Soc. Behav. Sci. Vol. 58, pp,1353-1360.
  22. Maukuliah.blog,03 December 2020, Cara Mempromosikan Kampus Swasta dan Negeri untuk Menarik Minat Mahasiswa Baru.blog.maukuliah.id
  23. Narbuko, C. dan Achmadi, A. (2001), Metodologi Penelitian, Bumi Aksara,
  24. Park, E. J. (2017). A Study on the Effects of Social Media Marketing Activities on Brand Equity and Customer Response in the Airline Industry. J. Air Transp. Manag., Vol. 66, no. September pp. 36–41.
  25. Prasetyo, A. dan Wahyuati,A (2016). Pengaruh Strategi Promosi Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kopiganes. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Hal. 1–17.
  26. Priyatno, D., 2014, SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis, Andi, Yogyakarta
  27. R. F. Marta and D. M. W. Monica William, “Studi Terpaan Media Pemasaran Melalui Posting Instagram Terhadap Ekuitas Merek Pelanggan Sumoboo!,” J. Komun. Untar, vol. 8, no. 1, pp. 68–82, 2016, [Online]. Available: https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/50/53.
  28. Sanusi, A., 2014, Metodologi Penelitian Bisnis Disertai Contoh Proposal Penelitian Bidang Ilmu Ekonomi dan Manajemen, Salemba Empat, Jakarta
  29. Schiffman,L. G., Kanuk, L. L., dan Wisenblit, J., (2014). Consumer Behaviour. London: Pearson.
  30. Sistaningrum, Widyanintya, (2002). Manajemen Penjualan Produk. Jakarta: Kanisius.
  31. Sonedi, (2018). Strategi Pengembangan Manajemen Perguruan Tinggi Swasta: Management Development Strategy of Private Colleges. Anterior Jurnal, Hal. 69-78.
  32. Sopiah, (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.
  33. Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
  34. Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.
  35. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
  36. Suharsimi Arikunto (2006:137), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik; Rineka Cipta
  37. Sumardy, M. Silviana, dan M. Melona. 2011. The Power of Word of Mouth Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  38. Susanti, D. S., (2015). Manajemen Pemasaran Jasa: Merencanakan, Mengelola dan Membidik Pasar Jasa. Yogyakarta: Caps.
  39. Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran, Edisi III. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
  40. Widagdo, Herry. 2011. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Komputer Pada Pt. Xyz Palembang. Jurnal Ilmiah STIE MDP. Vol. 1 No. 1.
  41. Wijaya, N. Q., (2018). Penerapan Marketing Mix Universitas Wiraraja Dalam Upaya Meningkatkan Minat Mahasiswa Baru. Jurnal Bisnis & Akuntansi, Vol. 8, No. 2, September.