Main Article Content

Abstract

Tujuan dalam peneltian ini adalah menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, standar grooming dan kebersihan terhadap kepuasan pelanggan melalui citra merek pada miniresto Dyno Chicken. Penelitian ini menggunakan pendekatan explanatory research yang melibatkan penggunaan pendekatan kuantitatif sebagai metode eksplorasi. Objek penelitian meliputi kualitas pelayanan, kualitas produk, standar grooming, kebersihan, kepuasan pelanggan dan citra merek. Subjek penelitian adalah para pelanggan/konsumen Miniresto Dyno Chicken yang berada di Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pelanggan/konsumen sejumlah rata-rata 756 orang per hari. Pengambilan sambel menggunakan tehnik random sampling, sebanyak 88 responden berdasarkan rumus Slovin. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, Metode Analisis Data mengunakan Path Analysis, pengolahan data dengan metode partial square program PLS. Hasil yang didapatkan yitu citra merek pada Miniresto Dyno Chicken dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan kualitas produk, sedangkan kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh kebersihan

Keywords

Kualitas Pelayanan Kualitas Produk Standar Grooming Kebersihan Kepuasan Pelanggan Citra Merek

Article Details

How to Cite
Setiawan, M. U. A., Tabrani, & Raharjo, T. B. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Standar Grooming dan Kebersihan Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Citra Merek. Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 16(2), 289-313. https://doi.org/10.24905/permana.v16i2.435

References

  1. Alfora, D., Saori, E., & Fajriah, L. N. (2023). Pengaruh Konsumsi Makanan Cepat Saji terhadap Gizi Remaja. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 2(1), 43–49.
  2. Amelia, A. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Distrik Hingk Kabupaten Pegunungan Arfak Provinsi Papua Barat. Jurnal Competitiveness, 7(1), 65–77.
  3. Andalusi, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Instrumen Penunjang Laboratorium (Studi kasus Pada PT Laborindo Sarana Jakarta). Jurnal Madani, 1(2), 305–322.
  4. Arfani, M. R., & Luturlean, B. S. (2018). Pengaruh Stres Kerja dan Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan di PT Sucofindo Cabang Bandung. E-Proceeding of Management, 5(2), 2770–2785.
  5. Ariani, D. W. (2019). Manajemen Kualitas.
  6. Arindita, A. R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Citra Perusahaan di Olimart PT Wina Wira Usaha (Studi Eksplanatif Kuantitatif mengenai Pengaruh Kualitas pelayanan terhadap Citra Perusahaan di Olimart PT. Wina Wira Usaha melalui Kepuasan Customer). Jurnal Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 3(2), 274–282.
  7. Benny, & Nainggolan, N. P. (2015). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan PT Indokaca Mitra Fortuna. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(1).
  8. Cahyaningtyas, A. (2016). Upaya Peningkatan Kemampuan Berpakaian Melalui Metode Drill Pada Anak Cerebral Palsy Di Sekolah Luar Biasa Daya Ananda. Jurnal Unnes.
  9. Candra, C., Amil, A., & Iswanto, D. (2019). Pengaruh Citra dan Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Merek (Studi Kasus Kepada Konsumen Telkomsel di Kantor PT Grapari Mataram). Journal of Government and Politics (JGOP), 1(1), 29–42. https://doi.org/10.31764/jgop.v1i1.943
  10. Elvandari, L. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan, Kepercayaan terhadap Komitmen Hubungan Pada Nasabah Tahapan BCA di Surabaya. Proceedings of the National Academy of Sciences, 3(1), 1–10.
  11. Ervina, & Kurniawati, M. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Merek Peralatan Kebersihan Rumah Tangga Merek X. Seri Seminar Nasional Ke-IV Universitas Tarumanagara, 703–708.
  12. Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 edisi ke-9.
  13. Hardiana, C. D., & Kayadoe, F. R. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Starbucks Coffee Grand Wisata Bekasi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 71–88.
  14. Hartono, A. (2013). Analisa Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan di Restoran the Naked Crab Surabaya. Encyclopedia of Systems Biology, 1646–1646.
  15. Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
  16. Izzuddin, A., & Muhsin, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 72–78.
  17. Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga.
  18. Kusuma, W., & Marlena, N. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Go-Jek di Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1174–1180.
  19. Mahriani, E., Pramanik, P. D., Srisusilawati, P., Wiratanaya, G. N., Sukmana, E., Mustika, A., Hasbi, I., Mutafarida, B., Nugraha, I. G. P., Butarbutar, R. R., Bafadhal, A. S., Mokodompit, E. A., Santi, I. N., Ihwanudin, N., Sekarti, N. K., Sutiarso, M. A., Arifin, F., Handayani, T., Rahmi, M., & Ariani. (2020). Manajemen Pariwisata (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). In Pemasaran bisnis pariwisata di era digital. www.penerbitwidina.com
  20. Manullang, M. (2016). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Sim Card Telkomsel. Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara, 4(1), 49–71.
  21. Maria, A. D. (2023). Analisis Dampak Promosi dan Inovasi Menu Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 9(1), 13–20.
  22. Maulana, I. A., & Nurrahmawati. (2022). Grooming Front Officer dan Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Public Relations, 53–58.
  23. Nuraeni, R., Mulyati, S., Putri, T. E., Rangkuti, Z. R., Pratomo, D., Ak, M., Ab, S., Soly, N., Wijaya, N., Operasi, S., Ukuran, D. A. N., Terhadap, P., Sihaloho, S., Pratomo, D., Nurhandono, F., Amrie, F., Fauzia, E., Sukarmanto, E., Partha, I. G. A., … Abyan, M. A. (2017). Hubungan Hasil Belajar Grooming dengan Penampilan Diri Mahasiswa PKK Universitas Negeri Jakarta. In Diponegoro Journal of Accounting (Vol. 2, Issue 1).
  24. Nurul, N., & Burda, H. A. (2020). Produk dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen Starbucks Grand Indonesia Jakarta Pusat. Jurnal STEI Ekonomi, 4,
  25. Parwata, I. N. (2020). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Dalam Menaati Tata Tertib Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Riset Intervensi Pendidikan, 2(1), 8–13.
  26. Pitoy, V., Tumbel, A., & Tielung, M. (2016). Analisis Strategi Bersaing dalam Persaingan Usaha Bisnis Document Solution (Studi Kasus pada PT Astragraphia, Tbk Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(3), 302–312.
  27. Prabandari, W. D., Tarigan, E., & Sembiring, V. A. (2021). Pelatihan Grooming, Personal Hygiene dan K3 serta Tata Cara Mencuci Pakaian dan Pengemasan Pakaian Untuk Cleaning Service di STP Trisakti saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pemberddayaan Pariwisata, 3(2), 54–58.
  28. Priyadi, G. A. (2020). Pengaruh Kebersihan, Musik, Aroma, Suhu, Pencahayaan, Warna, dan Display dada Niat Beli Ulang Konsumen (Studi Pada Toko Ritel H&M). Jurnal Atmajaya, 15(2), 1–23.
  29. Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif (Issue 1).
  30. Purba, T. (2020). Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Mazda di Kota Batam. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 1987–1996.
  31. Putro, S. W. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 1–9.
  32. Razak, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(2), 7–8.
  33. Safitri, D., Rahmawati, T., & Afridah, N. (2020). Pengaruh Jumlah UMKM dan Modal UMUM terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Brebes. Journal of Accounting and Finance (JACFIN), 2(2), 62–72.
  34. Salim, E. G. M., & Harianto, E. (2024). Analysis of Dumpling House Msmes From The Perspective of Mc Kinsey 7s. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(1), 67–82. https://doi.org/10.62421/jibema.v2i1.78
  35. Sarifuddin, & Isra, M. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Kentucky Fried Chicken Cabang Palu Grand Mall. Jemma | Jurnal of Economic , Management and Accounting, 2(4), 77–88.
  36. Sinollah, S., & Masruroh, M. (2019). Pengukuran Kualitas Pelayanan dalam Membentuk Kepuasan Pelanggan sehingga Tercipta Loyalitas Pelanggan. DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(1), 45–64.
  37. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. CV Alfabeta.
  38. Syaripudin, J. (2021). Pengaruh Kebersihan dan Kenyamanan di Pasar Segar Paal Dua manado Terhadap Kepuasan Konsumen. 20.
  39. Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Andi Offset.
  40. Triyoko, T. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Di Kedai Yoko. Jurnal Daya Saing, 8(1), 56–61.
  41. Tyas, S. R. N. (2001). Pengaruh Kebersihan, Musik, Aroma, Pencahayaan, Warna, dan Display pada Niat Beli Konsumen (Studi pada Matahari Departement Store di Yogyakarta). E-Journal Akuntansi Universitas Udayana, 11.
  42. Ufrida, K., & Harianto, S. (2022). Konsumerisme Makanan Siap Saji Sebagai Gaya Hidup Remaja di Kota Surabaya: Studi Kasus Siswi Sma Muhammadiyah 4 Kota Surabaya. Jurnal Analisa Sosiologi, 11(1), 137–156.
  43. Zikri, A. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia Regional I Sumatera. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 1(1), 129–138.