Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji signifikansi harga, kualitas produk dan fasilitas dalam meningkatkan kepuasan konsumen baik secara parsial maupun simultan serta mengetahui variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen. Analisis hasil kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden menggunakan uji t, uji F dan analisis regresi linier berganda. Dari analisis data hasil penyebaran kuesioner diperoleh hasil bahwa melalui uji signifikansi (uji t) harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, sedangkan kualitas produk dan fasilitas secara parsial siginifikan terhadap kepuasan konsumen. Namun secara simultan ketiga variabel tersebut berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh hasil bahwa variabel fasilitas merupakan variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan konsumen.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
- Agusti, I. S., & Verano, Y. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen (KFCArjuna Medan Perjuangan). Niagawan, 11(1), 37.
- Andriyani, M., & Ardianto, R. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Bank. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(02), 133-140. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i02.73
- Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Rineka Cipta Edisi revisi 4
- Asti, E., & Ayuningtyas, E. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 1-14. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i01.2
- Irfan, A. M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas Yang Diberikan Kenari Waterpark Bontang Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 9(2), 82-97. https://doi.org/10.32507/ajei.v9i2.451
- Kotler, P., & Amstrong, G. (2004). Dasar-dasar pemasaran edisi kesembilan Jilid 1. Jakarta: PT Indeks.
- Mufidah, W. (2021). Pengaruh kelengkapan produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada toko tugu gede mayong.
- Muhtadi, M. F., Rahmawati, E., & Utomo, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Produk Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Nasabah Tabungan Mudharabah Al Barakah Di Bank Kalsel Kantor Cabang Syariah Banjarmasin). Jurnal Bisnis Dan Pembangunan, 9(2), 14-25. http://dx.doi.org/10.20527/jbp.v9i2.8864
- Prasetyo, M. D., Susanto, S., & Maharani, B. D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen: Studi Kasus Pada Pelanggan Barbershop Pojur Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(1), 23-32. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i1.427
- Purnomo, H., Sardanto, R., & Muslih, B. (2021). Signifikansi harga, fasilitas dan layanan terhadap kepuasan konsumen jasa hotel. Jurnal Ekobis: Ekonomi, Bisnis & Manajemen, 11(1), 67-78.
- Rosyidi, S. (2002). Pengantar Teori Ekonomi: Pendekatan kepada teori ekonomi mikro dan makro.
- Rutjuhan, A., & Ismunandar, I. (2020). Pengaruh fasilitas dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan: Studi kasus Mahfoed Life Gym. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 13(1), 105-109. doi.org/10.21107/pamator.v13i1.7015
- Solihin, I (2002), Pengantar Bisnis. Jakarta: Penerbit Erlangga
- Sugiyono, (2017), Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Jakarta : CV. Alfabeta
- Susanto, H. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kelengkapan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Foto Copy Dwiyan Di Sampit. Profit: Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 6(2), 58-67.
- Tjiptono, F. (2017). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Yogyakarta. Penerbit Andi Offset