Main Article Content
Abstract
Capain Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK) pada Pus-kesmas di Kabupaten Tegal terbilang masih perlu diperbaiki. Hal ini merujuk kepada KBK >95% yang baru tercapai di 10 Puskesmas pada tahun 2023. Berdasarkan permasalahan ter-sebut, penelitian ini kemudian bertujuan melakukan analisis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai tersebut baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pen-dekatan eksplanatori, metode pengumpulan data dilakukan melalui pembagian kuisioner, sedangkan analisis data meng-gunakan metode regresi mediasi melalui software olah data SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepe-mim-pinan dan kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, sedangkan komunikasi dan motivasi kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai Puskesmas di Kabupaten Tegal. Kepemimpinan dan motivasi kerja tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja, sedangkan komunikasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai Puskesmas di Kabupaten Tegal. Dari sisi pengaruh tidak langsung, kepemimpinan dan motivasi kerja tidak ber-pe-ngaruh terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja, namun disisi lain komunikasi berpengaruh signifikan ter-hadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja di Puskesmas Kabupaten Tegal.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
- Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeth.
- Assauri, S. (2010). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep & Strategi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
- Gunistyo (2023). The Influence of Price Perceptions, Service Quality and Store Image on Customer Loyalty through Customer Satisfaction Mutiara Cahaya Swalayan Slawi. Proceeding of Management, Law and Pedagogy, 225-229.
- Indra, & Lestari, F. A. (2016). Nilai pelanggan dan citra perusahaan terhadap minat beli di toko. JURNAL BENEFITA, 1, 1-5.
- Irawan, S. (2012). Manajemen Bisnis; Optimalisasi Sumberdaya Perusahaan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Kotler, P., & Gary, A. (2011). Principle Of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.
- Kotler, P., Keller, K. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
- Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen. Jakarta.
- Kotler, P., Keller, K. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
- Murni, K. (2019). engaruh Brand image dan Garansi Terhadap Keputusan Pembelian SmartPhone Merek Oppo. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 1, 2.
- Peter, J. P. dan Olson J. C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Salemba Empat.
- Raharjo, T. B. (2022). Peningkatan Marketing Performance Melalui Spiritual Network Agility: Sebuah Pendekatan Resources Based View dan Organizational Agility (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung (Indonesia)).
- Sangadji, M. E., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.
- Simamora, B. (2003). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif & Profitabel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
- Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta Bandung.
- Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Yogyakarta: Alfabeta Bandung.
- Suharsimi, A. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
- Sumiati, S., & Gea, D. (2021). Pengaruh Harga, Brand image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Obat Bermerek Pada Pt. Bernofarm. Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 16(1), 57-67.
- Tjiptono, F. (2011). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi.
- Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
- Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi.
- Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran . Yogyakarta: Andi.
- Wahyuni, S. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Word Of Mouth Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi (Studi Kasus Mahasiswa FEBI IAIN Purwokerto). Jurnal Manajemen, 21 (2).