Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian mengeksplorasi pengaruh Experiential Marketing dan Customer Value terhadap Customer Loyalty, dengan Customer Satisfaction sebagai variabel intervening di PT. Sun Life Financial Cabang Medan. Melibatkan 100 responden yang merupakan peserta asuransi, pengumpulan data dilakukan melalui metode skala Likert. Dalam penelitian ini, metode kuantitatif digunakan dengan analisis data yang melibatkan Structural Equation Modelling (SEM) dan pendekatan Partial Least Squares (PLS), termasuk regresi linier berganda, pengujian hipotesis, uji validitas, uji reliabilitas, analisis jalur, dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Experiential Marketing dan Customer Value memiliki pengaruh signifikan terhadap Customer Loyalty, hasil penelitian ini juga menemukan bahwa melalui analisis jalur, Customer Satisfaction berperan sebagai mediator parsial dalam hubungan antara Experiential Marketing dan Customer Loyalty, serta antara Customer Value dan Customer Loyalty. Penelitian ini mengindikasikan bahwa Customer Satisfaction tidak hanya berdampak langsung pada Customer Loyalty, tetapi juga memperkuat pengaruh Experiential Marketing dan Customer Value terhadap Customer Loyalty.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
- Abdi, R. R. (2020). Effect of customer value and experiential marketing on customer loyalty with customer satisfaction as an intervening variable: Case study on Gojek Makassar consumers. The Asian Journal of Technology Management, 13(1), 82–97.
- Affandi, R. K. (2022). Analisis kepuasan nasabah non-Muslim terhadap kualitas layanan bank syariah menggunakan metode customer satisfaction index (CSI) dan potential gain in customer value. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(5), 6704–6713.
- Amalita, T. I. R. (2022). Pengaruh kemudahan, kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian di marketplace Facebook pada mahasiswa/i UINSU dengan structural equation modeling. JMBI UNSRAT, 9(2), 123–137.
- Armayani, R. R. (2021). Analisis peran media sosial Instagram dalam meningkatkan penjualan online. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8920–8928.
- Armayani, R. R. (2022). Analisis potensi sumber daya manusia dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Gunung Meriah. SIBATIK Journal, 1(8), 1343–1352.
- Ashari, F. S. (2024). Penerapan konsep sustainable terhadap industri fashion halal ditinjau dari perspektif Islam: Studi kasus usaha jahit Wati. Jurnal Ilmu Manajemen, Bisnis dan Ekonomi, 1(4), 317–330.
- Daulay, A. N. (2017). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perkembangan produk tabungan haji perbankan syariah di Indonesia. Jurnal Human Falah, 4(1), 105–136.
- Daulay, A. N. (2019). Manajemen pemasaran asuransi syariah. Medan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UINSU.
- Dharmayanti, D. B. (2013). Pengaruh experiential marketing dan customer value terhadap customer satisfaction di Cafe My Kopi-O Surabaya Town Square. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), 34–48.
- Dumat, F. E. (2018). Pengaruh experiential marketing dan emotional marketing terhadap loyalitas pelanggan pada rumah kopi: Studi kasus pada Van Ommen Coffee Manado. Jurnal Manajemen, 6(4), 3493–3502.
- Fauzan, A. A. (2024). Paradigma ekonomi dalam Surah An-Nisa Ayat 6: Perspektif tafsir dan implementasinya. Jurnal Masharif Al-Syariah, 9(2), 45–58.
- Febrini, I. W. Y. (2019). Pengaruh experiential marketing terhadap kepuasan konsumen dan minat beli ulang di Warung Kopi Klotok, Kaliurang, Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 35–54.
- Ghozali, I. (2013). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS (Edisi ke-7). Semarang: Universitas Diponegoro.
- Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 23. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro.
- Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least squares: Konsep, teknik, dan aplikasi menggunakan program Smart PLS 3.0 (Ed. ke-2). Semarang: Universitas Diponegoro.
- Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24.
- Hanifuddin, W. A. (2022). Pengantar klausa baku asuransi syariah di Indonesia. Jurnal Syar'insurance, 8(1), 65–79.
- Harmain, H. A. N. (2020). Analisis value for money anggaran pendapatan pada pemerintah Kota Medan. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 4(2), 75–93.
- Hasibuan, R. S. (2022). Analysis of wadiah savings product marketing strategy at Bank Syariah Indonesia KCP Aek Kanopan. Emak: Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi dan Keuangan, 3(3), 87–102.
- Hasibuan, S. H. (2023). Strategi pemasaran produk gadai dalam menarik minat nasabah di PT. Pegadaian UPS Sibuhuan. Jurnal Masharif Al-Syariah, 8(3), 56–70.
- Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A new criterion for assessing discriminant validity in variance-based structural equation. Journal of the Academy of Marketing Science, 43(1), 115–135.
- Indahsari, L. N. (2023). Pengaruh experiential marketing dan customer value terhadap customer loyalty melalui customer satisfaction sebagai variabel intervening pada pelanggan café. Jurnal Ekonomika dan Bisnis, 3(2), 253–263.
- Jogiyanto, H. M. (2015). Partial least square (PLS): Alternatif structural equation modeling (SEM) dalam penelitian bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.
- Limanto, D. O. (2015). Pengaruh experiential marketing dan customer value terhadap customer loyalty dengan brand image dan brand trust sebagai variabel intervening di ARTOTEL Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 3(1), 1–13.
- Nurbaiti, T. I. (2021). Pengaruh e-commerce Shopee pada kualitas layanan Shopee terhadap loyalitas pengguna Shopee: Studi kasus masyarakat Kota Medan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8600–8606.
- Nurhayati, M. S. (2022). Human trafficking in the perspective of Maqashid al-Sharia. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 22(2), 150–163.
- Nurhidayanti, A. A. (2022). Pengaruh kompensasi, motivasi terhadap kinerja pegawai melalui variabel intervening kepuasan kerja dan perspektif maqashid syariah pada RSUD Dr. Pirngadi Kota Medan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 2995–3002.
- Rahmidani, A. W. (2022). Pengaruh kepercayaan dan customer value terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada produk sampo Lifebouy. Jurnal Ecogen, 5(3), 211–225.
- Ridwan, M. I. (2018). Ekonomi mikro Islam. Medan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.
- Saputri, F. A. (2018). Pengaruh experiential marketing terhadap customer loyalty melalui customer satisfaction sebagai variabel intervening pada Dunkin' Donuts Indonesia. Jurnal Almana, 5(3), 57–72.
- Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F. (2017). Partial least squares structural equation modeling. In C. Homburg, M. Klarmann, & A. Vomberg (Eds.), Handbook of Market Research (pp. 1–40). Springer.
- Schermelleh-Engel, K., Moosbrugger, H., & Müller, H. (2003). Evaluating the fit of structural equation models: Tests of significance and descriptive goodness-of-fit measures. MPR-Online, 8(2), 23–74.
- Siregar, R. W. (2023). Implementasi strategi marketing mix pada pembiayaan pensiun PT. Bank Syariah Indonesia KCP Kota Pinang. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 1036–1042.
- Sitompul, M. H. A. (2024). Integrasi preferensi manusia dalam pengembangan indeks pembangunan manusia (IPM): Perspektif surat Ar Ra’d ayat 11. Jurnal Masharif Al-Syariah, 9(1), 56–72.
- Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
- Sutedjo, K. S. (2024). Pengaruh customer value dan customer experience terhadap purchase intention dan customer satisfaction: Studi pada pelanggan produk fashion di e-commerce Shopee. JIMEA Jurnal Ilmiah MEA, 8(1), 12–26.
- Tarigan, H. I. (2019). Loyalitas pelanggan dan kualitas pelayanan pada pelanggan jasa transportasi online. Philanthropy Journal of Psychology, 3(1), 43–57.
- Wulandari, A. N. S. (2024). Analisis penerapan standar akuntansi pemerintah di kantor camat Sei Balai. Jurnal Rimba: Riset Ilmu Manajemen Bisnis dan Akuntansi, 2(2), 332-339.