Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha dan faktor sosial terhadap penggunaan sistem informasi akuntansi pada minimarket yang berada di Kota Tegal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 minimarket di Kota Tegal. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Convenience sampling, yaitu teknik sampling yang sebagai kumpulan informasi dari anggota-anggota populasi yang mudah diperoleh dan mampu menyediakan informasi tersebut dengan jumlah sampel dihitung dengan menggunakan rumus slovin. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik kuesioner. Variabel penelitian ini terdiri dari ekspektasi kinerja (X1), ekspektasi usaha (X2), faktor sosial (X3) sebagai variabel independen, dan sistem informasi akuntansi (Y) sebagai variabel dependen, dengan skala pengukuran ordinal. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji F, uji t dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini adalah secara parsial ekspektasi kinerja dan faktor sosial berpengaruh signifikan terhadap sistem informasi akuntansi, akan tetapi ekspektasi usaha tidak berpengaruh terhadap sistem informasi akuntansi

Keywords

Ekspektasi Kinerja Ekspektasi Usaha Faktor Sosial

Article Details

How to Cite
Handayani, L. A., Tabrani, & Indriasih, D. (2019). Pengaruh Ekspektasi Kinerja, Ekspektasi Usaha dan Faktor Sosial terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi (Studi Kasus Pada Minimarket di Kota Tegal). Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 11(2), 130-143. https://doi.org/10.24905/permana.v11i2.46