Main Article Content
Abstract
Pemikiran ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan penerapan analisis margin komitmen dalam menentukan tingkat penjualan yang ideal untuk mencapai laba yang diinginkan, khususnya pada komoditas beras di Perusahaan Berom Bulog Divri Sumatera Utara tahun 2020-2022. Strategi yang digunakan bersifat subjektif dan diimplementasikan di perusahaan tersebut. Data diperoleh melalui pertemuan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa margin komitmen perusahaan untuk komoditas beras pada tahun 2020 sebesar 59,50%, tahun 2021 sebesar 53,26%, dan tahun 2022 sebesar 44,94%. Komoditas beras memberikan margin komitmen tertinggi pada tahun 2020, yaitu 59,50%, yang merupakan penyumbang laba terbesar bagi perusahaan.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
- Aditya Gede Pratama, Nasution, Y. S. J., & Nurwani. (2023). Pengaruh Manajemen Laba Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Pada Perusahaan Goods Consumer yang Terdaftar di BEI). J-Reb: Journal Research of Economic and Bussiness, 2(02), 21–31. https://doi.org/10.55537/jreb.v2i02.530
- Apriani, D., Saputri, R., Kadriyanti, S., Bisnis, J. A., Ilmu, F., Dan, S., Politik, I., Oleo, U. H., & Tenggara, S. (2023). Analisis Break Even Point Dalam Perencanaan Laba Pada Starcross Kendari. 8(2), 530–547.
- Belmo, K., & Neno, M. S. (2020). Analisis Biaya-Volume-Laba Sebagai Alat Perencanaan Laba Pada Pabrik Tahu Pink Jaya – Oebufu, Kupang. Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 13(3), 285–298. https://doi.org/10.35508/jom.v13i3.3308
- Cahyadi, N. Y., & Sulistiyo, S. (2018). Analisis Biaya Volume Laba Sebagai Alat Perencanaan Laba Pada Cv Waringin Putih Semarang. Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan (AKUNBISNIS), 1(1), 10–28. https://doi.org/10.32497/akunbisnis.v1i1.1225
- Dina Aulia Nasution, N. (2023). Strategi Peningkatan E-Business Untuk Meningkatkan Penjualan Internasional 1Dina. Ekonomi Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (EBMA), 4(1), 88–100.
- Fadhilla, S., Harmain, H., & Nasution, J. (2023). Pengaruh Efisiensi Biaya Bahan Baku , Biaya Tenaga Kerja Langsung dan Biaya Overhead Pabrik terhadap Rasio Profit Margin pada Pabrik Minyak Kelapa Sawit ( PMKS ) PT . Djaja Putra Indonesia Bandar Pulau. 7, 2202–2210.
- Fajri, H. (2019). ANALISIS PENDEKATAN KONTRIBUSI MARGIN TERHADAP PENCAPAIAN TAGET LABA PADA GANESHA OPERATION MAKASSAR. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
- Faradila, P., Nasution, Y. S. J., & Syafina, L. (2022). Analisis Break Even Point sebagai Alat Perencanaan Laba pada PT Garuda Food Putra Putri Jaya TBK Periode 2018-2021. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 1365–1371.