Pengaruh Influencer, WOM, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sunscreen Azarine (Studi Kasus Mahasiswa IAIN Metro Tahun 2021)

Main Article Content

Lily Cahyanti
Yudhistira Ardana
Siti Zulaikha

Abstract

Studi ini memiliki tujuan untuk mengkaji dampak dari influencer, word of mouth (wom) dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk sunscreen azarine pada mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Metro. Metode riset yang diterapkan adalah kuantitatif, dengan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil studi menunjukan bahwa influencer berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, word of mouth (wom) dan kualitas produk memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai determinan sebesar 0,601 atau 60,1% menunjukan bahwa variabel bebas pada riset ini mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 60,1% sementara itu, faktor-faktor yang lain mempengaruhi sisa yang ada. Saran yang dapat disampaikan dari riset ini adalah penelitian berikutnya lebih memperluas objek penelitian, sehingga hasil yang diperoleh dapat menunjukan kualitas produk yang mendalam, disamping itu dapat menggunakan metode komparatif agar dapat mengetahui perbedaan antar produk. Perbedaan penelitian ini terletak pada hasil yang menunjukan bahwa secara umum mahasiswa merasakan kecocokan produk ini berdasarkan jenis kulit mereka.


Kata Kunci: Influencer; Kualitas Produk; Keputusan Pembelian; Word of Mouth

Article Details

How to Cite
Cahyanti, L., Ardana, Y. ., & Zulaikha, S. (2024). Pengaruh Influencer, WOM, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sunscreen Azarine : (Studi Kasus Mahasiswa IAIN Metro Tahun 2021). Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 16(2), 405–420. https://doi.org/10.24905/permana.v16i2.547
Section
Articles

References

Arafah, R. N., & Subali. (2023). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Angkringan Cahsaiki Bekasi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 11(3), 361–367. https://doi.org/10.26740/jupe.v11n3.p361-367
Azarine. (n.d.). Hydrasoothe Sunscreen GEL SPF 45++++. Beauty Journal. Retrieved July 15, 2024, from https://azarinecosmetic.com/p/hydrasoothe-sunscreen-gel-spf45-pa
Azarine. (2024). Sunscreen Viral, Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel Terjual 1 Juta pcs Setiap Bulannya. Beauty Journal. https://azarinecosmetic.com/a/sunscreen-viral-azarine-hydrasoothe-sunscreen-gel-terjual-1-juta-pcs-setiap
Dian, M. (2022). Berawal dari Produk Salon dan Spa, Ini Cerita Cella Vanessa tentang Perjalanan Azarine Cosmetics. Beauty Journal. https://www.beautyjournal.id/article/interview-cella-vanessa-azarine?page=1
Bella, A., & Nisa, S.A.K. (2024). Wawancara Mahasiswa Manajemen Haji dan Umroh dan Akuntansi Syariah Angkatan 2021
Haryono, S. (2016). Metode SEM Untuk Penelitian Manajemen Amos Lisrel PLS (1st ed.). Badan Penerbit PT. Intermedia Personalia Utama. Jawa Barat.
Hidayanti, N. (2024). Wawancara Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2021
Khoirunnisa, S., Syarief, N., & Supriadi, Y. N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sunscreen Nivea. Bussman Journal?: Indonesian Journal of Business and Management, 2(1), 240–259. https://doi.org/10.53363/buss.v2i1.90
Larasati, N. R., & Chasanah, A. N. (2022). Pengaruh Persepsi Kualitas, Word of Mouth, Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Luwak White Koffie. Jurnal Manajemen Dan Dinamika Bisnis, 1(1), 51–60. https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/JMDB/article/view/6167
Lestari, A. T., & Cahya, S. B. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Korea Lee Minho, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sunscreen Azarine (Studi Pada Mahasiswa Aktif Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Unesa). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(2), 174–186. https://doi.org/10.26740/jptn.v11n2.p174-186
Lestiyani, D. N., & Purwanto, S. (2023). Analisis Pengaruh Influencer Marketing dan Brand Love terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific. BUDGETING?: Journal of Business, Management and Accounting, 5(1), 96–107. https://doi.org/10.31539/budgeting.v5i1.7479
Luciana, M. (2024). Wawancara Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2021
Marzella, A. (2024). Manfaat Matahari Pagi bagi Kesehatan Tubuh. Kementrian Keuangan Republik Indonesia. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-tangerang1/baca-artikel/16872/Manfaat-Matahari-Pagi-bagi-Kesehatan-Tubuh.html
Murtiningsih, D. (2023). Pengaruh Word of Mouth, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Minuman kopi. Judicious, 4(1), 29–37. https://doi.org/10.37010/jdc.v4i1.1215
Nuraini, A., & Aulia, P. (2024). Pengaruh Beauty Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Produk Make Up Make Over Di Kota Bandung (Studi Kasus Tasya Farasya). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(1), 2585–2594. https://journal.yrpipku.com/index.php/msej/article/view/2168
Oktavianti, A. N. R., Sarah, S., & Wijaya, F. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Trust dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Sunscreen Wardah Berkandungan 4-Methylbenzylidene Camphor (4-MBC). Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 5(1), 21–36. https://doi.org/10.47747/jismab.v5i1.1627
Priansa, D. J. (2017). Perilaku konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. In Bandung?: ALFABETA CV.
Putri, A.E., Bella, A., Sulistiani. R., Lovenia. D., & Sari. D. A. (2024). Wawancara Mahasiswa Manajemen Haji dan Umroh, Ekonomi Syariah, dan Perbankan Syariah Angkatan 2021
Putri, S. F. (2024). Wawancara Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2021
Qairiya, D. S. (2024). Wawancara Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2021
Rahayu, T. S. M., & Handayani, R. (2023). Pengaruh Label Halal, Promosi Di Media Sosial, Dan Word Of Mouth (Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Ms Glow Di Cilacap. Derivatif: Jurnal Manajemen, 17(1), 64–76. https://fe.ummetro.ac.id/ejournal/index.php/JM/article/view/977/568
Salsabila, S. A., Windayati, S., & Arfiyanti, M. P. (2023). Hubungan Pengetahuan Mengenai Sunscreen Terhadap Perilaku Penggunaan Sunscreen Pada Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang Di Era Covid-19. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, 10(6), 2111–2120. https://doi.org/10.33024/jikk.v10i6.9852
Siagian, M. S., & Kurnia. (2023). Pengaruh Influencer terhadap Brand Awareness melalui Media Sosial. Bandung Conference Series: Communication Management, 3(3), 972–983. https://doi.org/10.29313/bcscm.v3i3.9612
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (26th ed.). Bandung: Alfabeta.
Syahputri, W. A., Mufassiro, A., M, Y. R., Laila, R., & Sholihah, Z. (2024). Pengaruh Influencer Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unusida Angkatan 2021. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(6), 108–119. https://jurnalistiqomah.org/index.php/jemb/article/view/1610
Trihudiyatmanto, M. (2023). Efek Life Style dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Yang di Mediasi Oleh Variabel Brand Image. Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen, Dan Perbankan Syariah, 3(6), 83–96. https://doi.org/10.32699/jamasy.v3i6.6825
Ummat, R., & Hayuningtias, K. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Nature Republic. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(6), 2279–2291. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i6.1093
Yasinta, K. L., & Nainggolan, R. (2023). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Somethinc Di Surabaya Dimediasi Oleh Brand Image. Performa, 8(6), 687–699. https://doi.org/10.37715/jp.v8i6.3806
Yusuf, M., Agustina, L. F., Deden, D., & Fajarwati, N. K. (2024). Dampak Komunikasi Terhadap Psikologi. SABER?: Jurnal Teknik Informatika, Sains Dan Ilmu Komunikasi, 2(2), 40–47. https://doi.org/10.59841/saber.v2i2.960