Main Article Content

Abstract

Perkembangan usaha dibidang olahan kopi saat ini sedang berkembang pesat, industry yang bergerak pada bidang pengolahan kopi saat ini menjadi salah satau bisnis yang banyak diminati, yaitu dengan membuka coffee shop. Dengan adanya peningkatan konsumsi kopi di Indonesia membuat bisnis ini menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Maka dari itu sebuah coffee shop harus memiliki kekuatannya masing dibandingkan dengan pesaingnya. Salah satunya terjadi pada Makmur Jaya Coffee Roaster. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pemasaran viral, citra merek dan kualitas pelayanan terhadap nilai pelanggan pada Makmur Jaya Coffee Roaster secara simultan dan juga secara parsial. Peneliti mengambil data dari sampel sebanyak 200 responden. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan pendekatan SEM-PLS dan penggunaan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel independen dan satu variabel dependen sejumlah 30 indikator. Hasil dari penelitian ini yaitu secara pemasaran viral, citra merek dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap nilai pelanggan pada Makmur Jaya Coffee Roaster. Secara parsial, pemasaran viral berpengaruh positif secara signifikan terhadap nilai pelanggan pada Makmur Jaya Coffee Roaster, citra merek berpengaruh positif secara signifikan terhadap nilai pelanggan, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap nilai pelanggan pada Makmur Jaya Coffee Roaster.

Keywords

Viral Marketing Brand Image Service Quality Customer Value

Article Details

How to Cite
Nainggolan, D. J. J., Suryana, Y., & Jujur, U. (2025). Pengaruh Pemasaran Viral, Citra Merek dan Kualitas Pelayanan Terhadap Nilai Pelanggan. Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 16(2), 515-535. https://doi.org/10.24905/permana.v16i2.591

References

  1. A, Davis. (2003). Everything You Shoud Know About Public Relations. Panduan Lengkap tentang Public Relation. Jakarta: Gramedia.
  2. Abdillah, W., & Hartono, J. (2016). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Andi Offset.
  3. Adhiyanto, M., & Mudiantono. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Balai Latihan Kerja Industri ( BLKI ) Semarang,
  4. Agmeka, F., Wathoni, R. N., & Santoso, A. S. (2019). The influence of discount framing towards brand reputation and brand image on purchase intention and actual behaviour in e-commerce. Procedia Computer Science.
  5. Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.
  6. Andayani, Ni Luh Henny. 2014. Manajemen Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: Penebit Graha Ilmu
  7. Andhansari, P., Nawazirul Lubis, dan Andi Wijayanto. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Nilai Pelanggan. Jurnal Manajemen.
  8. Anik Lestari A. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Word Of Mouth dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengunjung Timezone Plaza Surabaya) Buletin Ekonomi Vol. 11, No. 1, April 2013
  9. Anuraga, Gangga, dkk. (2021). Pelatihan Pengujian Hipotesis Statistika Dasar Dengan Software R. Jurnal BUDIMAS. Vol 3 (2).
  10. Aria, M., & Atik, I., L. (2018). Tata Kelola dan Administrasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi PT. BAM. Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan.
  11. Arianto. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor; Dalam Jurnal Pemasaran Kompetitif .
  12. Arlan Tjahyadi, Rully. (2006). Brand Trust Dalam Konteks Loyalitas Merek: Peran karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan Dan Karakteristik Hubungan Pelanggan-Merek. Jurnal Manajemen, Vol.6, No.1
  13. Cheung, C. M. K., & Thadani, D. R. (2012). The impact of electronic word-of- mouth communication: A literature analysis and integrative model. Decision Support Systems.
  14. Danang Sunyoto. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Center for Academic Publishing Service (CAPS)
  15. Dimyati dan Mudjiono. (2016). Definisi Hasil Belajar. Bandung : Alfabeta.
  16. Dzikra, F. M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Mobil Ud. Sari Motor Di Pekanbaru. Ekonomi Dan Bisnis: Riau Economic And Business Review.
  17. Fandy, Tjiptono. (2011). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.
  18. Ghozali, I. & Fuad. (2008). Structural Equation Modeling. Semarang: Universitas Diponegoro.
  19. Goyette, et al. (2010). E-Wom : Word of Mouth Measurement Scale for E- Service Context. Journal of Administrative Sciences. Volume 27: 5-23.
  20. Hair, Joseph F., William C. Black, Barry J. Babin, Rolph E. Anderson, & Ronald L. Tatham. (2014). Multivariate Data Analysis. New Jersey: Pearson Education.
  21. Hennig- Thurau, Thorsten, Kevin P. Gwinner, Gianfranco Walsh, and Dwayne D. Gremler. (2004). “Electronic Word-of-Mouth via Consumer-Opinion Platforms: What Motivates Consumers to Articulate Themselves on the Internet?” Journal of Interactive Marketing, 18 (1): 38-52.
  22. Henry Simamora. (2012). Riset Pemasaran. Penerbit Gramedia Utama Jakarta
  23. Herliza, R., & Saputri, M. E. (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Pada Zara Di Mall Pvj Bandung Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Komunikasi dan Bisnis. Journal Of Management, 3(2), 1949–1955.
  24. Hu, X., & Ha, L. (2015). Which Form of Word-Of-Mouth Is More Important to Online Shoppers A Comparative Study of WOM Use Between General Population and College Students. Journal of Communication and Media Research, 7(2), 15–35.
  25. Husein, Umar. (2005), Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Gramedia Pustaka Tama, Jakarta.
  26. Ismagilova, Elvira et.al (2017). Electronic Word of Mouth (e-WOM) in Marketing Context .Switzerland : Spriger .
  27. Iwan Satibi. (2011). Teknik Penulisan Skripsi, Tesis & Disertasi. Bandung: Ceplas.
  28. J. Supranto. (1997). Pengukuran Tingkat kepuasan Pelanggan. Jakarta: Rineka ipta.
  29. Kanthi, YA., Suharyono, S. Kumadji. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Nilai Pelanggan, Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Studi pada Klinik dr. Sumakto, Sp. A(K) di Malang). Malang: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.
  30. Kasmir. (2017). Customer Service Excellent. PT Raja Grafindo Persada. Depok.
  31. Kotler, Philip. (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo.
  32. Kotler, Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga. Jakarta
  33. Kotler, Philip dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 14. Jakarta : Penerbit Erlangga.
  34. Kotler, Philip., Keller, Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.
  35. Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
  36. Kunja, S. R., & GVRK, A. (2017). Examining the effect of eWOM on the customer purchase intention through value co-creation (VCC) in social networking sites (SNSs): A study of select Facebook fan pages of smartphone brands in India. Management Research Review, (Vcc).
  37. Latan, H. (2013). Structural Equation Modelling : Konsep Dan Aplikasi Menggunakan Program Lisrel 8.80. Bandung: Alfabeta.
  38. Lovelock, Christopher dan Jochen Wirtz. (2011). Services Marketing : People, Technology, Strategy. Seventh Edition. United States : Pearson Education, Inc.
  39. Malhotra. (2010). Marketing Research: An Applied Orientation. (6th ed). USA: Pearson Education Inc.
  40. Nurhalimah, N., & Nurhayati, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan & Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan. 6(2), 1–5.
  41. Philip Kotler. (2005). Managemen Pemasaran. edisi kesebelas Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.
  42. Pitt, L. F., Watson, R. T., & Kavan, C. B. (1997). Measuring information systems service quality: concerns for a complete canvas. MIS quarterly, 209-221.
  43. Prasevie, Silviana Fadilla dan Razak Ismail. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Junal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana Vol 6 No 2.
  44. Priansa, Doni Juni. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu (Cetakan Pertama) Pustaka Setia, Bandung.
  45. Ramadiani. (2010), “Structural Equation Model Untuk Analisis Multivariate Menggunakan LISREL”, Jurnal Informatika Mulawarman, vol. 5.
  46. Rangkuti, Freddy. (2004). Manajemen Persediaan Aplikasi di Bidang Bisnis. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
  47. Sarwono, J. dan Narimawati, U. (2015). Membuat Skripsi, Tesis dan Disertasi dengan Partial Least Square SEM (PLS-SEM). Yogyakarta: Penerbit ANDI.
  48. Schiffman & Kanuk. (2004). Perilaku Konsumen (edisi 7). Jakarta: Prentice Hall.
  49. Schivinski, B., & Dabrowski, D. (2015). The Impact of Brand Communication on Brand Equity Through Facebook, 9 No.I, 31–53.
  50. Setiadi, Nugroho J. (2013). Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
  51. Stefen, Y., & Efendi. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lingkungan Fisik dan Kualitas Makanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Restoran Kampoeng Kita. ULTIMA Management, 10(2).
  52. Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: ALFABETA)
  53. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.
  54. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta.
  55. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
  56. Supriyati. (2012). Metodologi Penelitian Komputerisasi Akuntansi. Bandung: LABKAT.
  57. Tsao, W. C., & Hsieh, M. T. (2015). eWOM persuasiveness: do eWOM platforms and product type matter? Electronic Commerce Research, 15(4), 509–541.
  58. Usparani, Putu Ayu Yulia dan Ni Made Rastini. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Pelanggan Kamera Canon Digital Single Lens Reflex (Dslr) Di Kota Denpasar, Jurnal Administrasi Bisnis.
  59. Utami. (2006). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Menabung di PT. BPR “PALA” Sleman JBMA – Vol. IV, No. 1, Maret 2017
  60. Viot. (2007). Effect of Inner and social dimension of brand image on consumer attitude toward brand extension.