Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh green marketing terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening di Starbucks Company Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif dengan populasi tidak terbatas yaitu konsumen yang berbelanja di Starbucks Company Kota Makassar dengan metode non-probability sampling serta menggunakan teknik sampel yaitu purposive sampling yang berjumlah 100 responden. Pengumpulan data menggunakan metode survei, yaitu menyebarkan kuesioner kepada responden dengan teknik convenience sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa green marketing berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas pelanggan, green marketing berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas pelanggan dan kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan dan positif dalam memediasi green marketing terhadap loyalitas pelanggan Starbucks Company Kota Makassar. Rekomendasi dan saran untuk Starbucks Company Kota Makassar yaitu untuk mempertahankan dan meningkatkan penerapan green marketing agar pelanggan puas dan loyalitas pelanggan meningkat, selain itu saran untuk peneliti selanjutnya yaitu untuk menganalisis variabel lain selain green marketing dan kepuasan pelanggan agar memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
- Bhaswara, Y. B., dan Patrikha, F. D. (2021). Pengaruh green marketing dan brand image terhadap loyalitas konsumen Effect of green marketing and brand image on consumer loyalty. 18(3), 603–612.
- Chang, S., Chou, P., dan Wen-chien, L. (2014). Evaluation of satisfaction and repurchase intention in online food group-buying , using Taiwan as an example, 116(1), 44-61.
- Chen, Y. S. (2010). “The Driver of Green Brand Equity: Green Brand Image, Green Statisfaction, and Green Trust”. Journal of Business Ethics. 9 (3): pp: 307- 319.
- Chen, Y. S., dan Chang, C. H. (2013). Towards green trust: The influences of green perceived quality, green perceived risk, and green satisfaction. Management Decision, 51(1), 63–82.
- Dharmmesta, B. S. (1999). Loyalitas Pelanggan: Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan Bagi Peneliti. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. 14, No. 3, Tahun 1999.
- Griffin, J. (2016). Customer Loyalty : Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan, Terj. Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga.
- Hasan, Ali. (2013). Marketing Dan kAsus – Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS
- Irawan, H. (2021). Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
- Irfan, M. (2023). Analisis Pengaruh Lingkungan, Kepuasan dan Persepsi Kualitas terhadap Kepercayaan Produk untuk Green Product (Studi Empiris: Konsumen Kosmetik The Body Shop di Daerah Yogyakarta). Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM), 1(3), 85-101.
- Kotler dan Keller. (2021). Manajemen Pemasaran, (Edisi Ke-13, Jilid Dua). Jakarta: Erlangga.
- Kotler, Philip, (2018). Marketing Management Edisi 14, Global Edition. Pearson. Prentice Hall.
- Lepojevic, Vinko dan Suzana Dukic. (2018). Factors Affecting Customer Loyalty In The Business Market – An Empirical Study In The Republic Of Serbia. Economics And Organization 15 (3).
- Lindgren, J. (2021). Values, beliefs and norms influencing sustainable consumer behavior among Finnish consumers in the context of fast-moving consumer goods.
- Maisaroh, R., dan Nurhidayati, M. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Toko Stars Madiun 2. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 1(2), 197-216.
- Padmawati, K. A. (2022). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pengguna Jasa J&T Express di Kecamatan Buleleng (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
- Parkman, I. D., dan Krause, A. J. (2018). The Diamond Model of Authentic Green Marketing: Evidence from the Sustainable Architecture Industry. Business and Society Review, 123(1), 83–118.
- Priharto, S. (2020, August). Indikator Kepuasan Pelanggan: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya Bagi Bisnis. Accurate. https://accurate.id/marketingmanajemen/indikator-kepuasan-pelanggan/
- Rizqiningsih, D. U., dan Widodo, A. (2021). Pengaruh Green Marketing dan Service Quality terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Interverning (Studi Kasus di Starbucks Coffee Kota Surabaya). Jurnal: Samudra Ekonomi & Bisnis, 12(2).
- Sandy, Naufal, B. A., dan Irmawati, Ir. S.E., M.Si. (2022). Pengaruh Green Marketing Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi Produk Starbucks Di Kota Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
- Santika, A. W., Wijayanti, J., Sugiarto, K., dan Pakpahan, A. K. (2023). Pengaruh Green Marketing dan Service Quality Terhadap Customer Loyalty dengan Customer Satisfaction Sebagai Moderasi Pada Kedai Kopi. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti, Jakarta, Vol. 7(2).
- Santo. (2022). Pengaruh Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Pt Jaya Timur. Skripsi: Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora Universitas Putera Batam.
- Sawitri, I. G. A. T. D., dan Rahanatha, G. B. (2019). Pengaruh Green Marketing Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 5267.
- Sofyan, I., dan Fitriani, L. K. (2023). Pengaruh Strategi Green Marketing Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Mcdonald's (Study Kasus McDonalds di Kota Cirebon). Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan, 4(2).
- Tjiptono. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta: Andy.
- Tjiptono Fandy. (2020). Strategi Pemasaran: Prinsip dan Penerapan. Yogyakarta: Penerbit Andi
- Trinanda, Rizky dan Marheni E. Si. (2021). Pengaruh Green Marketing dan Packaging terhadap Brand Image dan Loyalitas Pelanggan pada 143 Konsumen Starbucks di kota Bandung. e-Proceeding of Management : Vol.8, No.5.
- Yanti, Anggarwati, M., dan Devi, R. (2020). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Kilat Khusus Mitra Korporat Kantor Pos Purwokerto. Kajian Bisnis dan Manajemen, 73.