Personal Branding di Linkedin: Faktor Kunci Dalam Hiring Decision
Main Article Content
Abstract
Usaha memperoleh karir yang sukses memerlukan kombinasi strategi yang tepat, ketekunan, keterampilan yang relevan, serta kemampuan beradaptasi dengan dinamika pasar kerja. Pengembangan personal branding dapat menjadi salah satu akselerator antara personal kepada Human Resources pada suatu perusahaan atau organisasi, salah satunya adalah personal branding di LinkedIn. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Proses penelitian ini meliputi upaya-upaya seperti mengajukan pertanyaan dan prosedur, pengumpulan data yang spesifik dari partisipan, menganalisis data secara induktif (menafsirkan khusus-umum), dan menafsirkan makna data. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Metode ini memungkinkan peneliti untuk memilih partisipan yang dinilai mampu memberikan informasi paling sesuai dan mendalam untuk menjawab pertanyaan penelitian. Hasil survei menunjukkan bahwa LinkedIn menjadi platform yang sangat membantu dalam proses penjelajahan maupun pencarian kerja. Bagi kelompok perekrut, fitur pencarian berbasis filter di LinkedIn diidentifikasi sebagai alat yang efektif untuk mengarahkan proses pencarian kandidat yang sesuai. Hasil survei juga mengidentifikasi indikator personal branding yang memiliki pengaruh terhadap keputusan perekrutan, yaitu pengalaman kerja, keterampilan, dan rekomendasi.
Article Details
Licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
From https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/Njk4IzI=/angkatan-kerja--ak--menurut-golongan-umur.html
Bantuan Bantuan Linkedin. Apa itu LinkedIn dan bagaimana cara menggunakannya? | Bantuan
LinkedIn.(n.d.).https://www.linkedin.com/help/linkedin/answer/a548441/apa-itu-linkedin-dan-bagaimana-cara-menggunakannya-?lang=in
Bolino, M., Long, D., & Turnley, W. (2016). Impression management in organizations: Critical
questions, answers, and areas for future research. Annual Review of Organizational Psychology and Organizational Behavior, 3, 377-406. https://doi.org/10.1146/annurev-orgpsych-041015-062337
Chandra, E. (2023). MANFAAT PERSONAL BRANDING & PROFESSIONAL NETWORKING UNTUK HIRING DECISION PADA MEDIA LINKEDIN BAGI PERUSAHAAN. AKSES?: JOURNAL OF PUBLIK & BUSINESS ADMINISTRATION SCIENCE, 5(1), 21–34. https://doi.org/10.58535/jasm.v5i1.35
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.
Dorn, D., Schoner, F., Seebacher, M., Simon, L., & Woessmann, L. (2024). Multidimensional Skills as a Measure of Human Capital: Evidence from LinkedIn Profiles. arXiv.org, 6.
Hasan, D. (2018, January 1). Analisis Manfaat sertifikat kompetensi terhadap peluang kerja alumni jurusan akuntansi politeknik negeri ujung pandang. Dahsan Hasan - Academia.Edu. https://www.academia.edu/97957425/Analisis_Manfaat_Sertifikat_Kompetensi_Terhadap_Peluang_Kerja_Alumni_Jurusan_Akuntansi_Politeknik_Negeri_Ujung_Pandang
Ishak, K. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengangguran Dan Inflikasi Terhadap Indeks Pembangunan Di Indonesia. Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 7(1), 22-38.
Jolda, L. (2023, March 27). Menggunakan rekomendasi untuk membangun kredibilitas - Tingkatkan Profil LinkedIn Anda. LinkedIn. https://id.linkedin.com/learning/tingkatkan-profil-linkedin-anda/menggunakan-rekomendasi-untuk-membangun-kredibilitas
Judijanto, L., Setiawan, Z., Saputra, R., Sarwono, D., Marbun, M., Permatasakti, D., Purba, A., & Ramadhan, H. (2024). Personal Branding?: Membangun Citra Positif dalam Persaingan Global (p. 59). PT. Sonpedia Publishing Indonesia. (2024)
Kadiyono, A. L., Moningka, C., Kuntari, C. I. S. R., Dwijayanthy, M., Indrianie, E., Theresia, E., ... & SeTin, S. (2022). Kesiapan Untuk Menghadapi Tantangan Dunia Kerja. Zahir Publishing.
KitaKompeten. (2023, May 13). Kesalahan dalam Membangun Personal Branding di LinkedIn. LinkedIn.https://id.linkedin.com/pulse/kesalahan-dalam-membangun-personal-branding-di-linkedin
Kunci Penting Memulai Personal Branding di LinkedIn. (2024, February 16). PPM SoM. https://ppmschool.ac.id/personal-branding-linkedin/
Kuantitatif, P. P. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).
LinkedIn Recruiter. (2024). Cari kandidat mana pun di LinkedIn menggunakan 40+ filter pencarian lanjutan.https://business.linkedin.com/talent-solutions/recruiter#plan-strategy.
Rohmah, D. D., & Wilandari, A. (2023). PENGARUH PROSES REKRUTMEN DAN SELEKSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN MENGGUNAKAN REGRESI LINIER BERGANDA. Jurnal Pariwisata Bisnis Digital Dan Manajemen, 2(2), 104–110. https://doi.org/10.33480/jasdim.v2i2.4580