Pengaruh Capital Structure, Tax Planning, dan Sales Growth Terhadap Company Value

Main Article Content

Ghinaa Hazrina
I Ketut Wenten

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh capital structure, tax planning dan sales growth terhadap company value. Analisis dilakukan dengan menggunakan laporan tahunan perusahaan yang terdaftar pada sektor Barang Konsumen Primer di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama rentang waktu 2019 hingga 2023. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 12 sampel perusahaan Barang Konsumen Primer yang diperoleh menggunakan teknik pemilihan sampel Purposive Sampling dengan menggunakan kriteria-kriteria yang telah di tetapkan. Data yang digunakan merupakan data sekunder berupa laporan tahunan perusahaan terbuka yang di publish pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI) dan web resmi perusahaan. penelitian ini menggunakan 3 variabel bebas yaitu capital structure (X1), tax planning (X2) dan sales growth (X3) dengan variabel terikat yaitu company value (Y). Penelitian ini menggunakan regresi data panel sebagai teknik analisis yang dilakukan dengan menggunakan bantuan perangkat lunak E-Views 12 Student Version Lite. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa capital structure, tax planning dan sales growth berpengaruh secara simultan terhadap company value. Capital structure secara parsial berpengaruh terhadap company value, tax planning secara parsial tidak berpengaruh terhadap company value, dan sales growth secara parsial tidak berpengaruh terhadap company value.

Article Details

How to Cite
Hazrina, G., & Wenten, I. K. (2025). Pengaruh Capital Structure, Tax Planning, dan Sales Growth Terhadap Company Value. Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 16(2), 1194–1209. https://doi.org/10.24905/permana.v16i2.627
Section
Articles

References

Artamevia, D. P., & Ekaningtias, D. (2022). Pengaruh Struktur Modal , Profitabilitas , Likuiditas dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan Food & Beverage. 3(November), 72–84.
Christiani, Y. N., Rane, M. K. D., & Sine, D. A. (2021). ANALISIS PENGARUH PERENCANAAN PAJAK TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERTANIAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Yuningsih Nita Christiani 1 ,Melvin K Djami Rane 2 , Devit Alfan Sine 3. 14(2), 77–88.
Fung, K. (2021). ANALISIS PENGARUH EARNING PER SHARE, SALES GROWTH DAN TOTAL ASSETS TURNOVER TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PROPERTY DAN REAL ESTATE DI BURSA EFEK INDONESIA. 6(8), 1710–1721.
Ghozali, I. (2020). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. In Semarang?: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, & Ratmono, D. D. (2020). Analisis Multivariat dan Ekonometrika Teori, Konsep, dan Aplikasi dengan Eviews 10.
Hamidah, L., & Ramdani, E. (2023). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Barelang, 7(2), 37–47. https://doi.org/10.33884/jab.v7i2.7371
Harahap, R. (2019). Pengaruh Profitabilitas , Growth Opportunity Dan Stuktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017. JURNAL Manajemen Tools, 11(1), 175–187.
Idx, C. i. (2022). Ikhtisar dan Sejarah BEI.
Irawan, D., & Kusuma, N. (2019). Pengaruh Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal AKTUAL, 17(1), 66–81. https://doi.org/10.47232/aktual.v17i1.34
Kurniawan, & Munawaroh. (2022). PENGARUH STRUKTUR MODAL, LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Sektor Pertanian Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2019). GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 2(4), 138–153. https://doi.org/10.56910/gemilang.v2i4.177
Manggale, N., & Widyawati, D. (2021). Pengaruh Return on Equity, Leverage, Ukuran Perusahaan, Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 10(1), 1–22.
Marsaid, M. T., & Pesudo, D. A. A. (2019). Pengaruh Tax Planning Terhadap Nilai Perusahaan Mauliana Tiani Marsaid. Jurnal Bingkai Ekonomi, 4(2), 11–24. http://itbsemarang.ac.id/jbe/index.php/jbe33/article/view/91
Mudjijah, S., Khalid, Z., & Astuti, D. A. S. (2019). Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Struktur Modal Terhadap Nilai . Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 8(1), 41–56.
Muslim, A., & Junaidi, A. (2020). Pengaruh Perencanaan Pajak Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 1. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.373
Octaviani, A. T., & Gultom, J. B. (2023). Pengaruh Perencanaan Pajak, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Pada Sektor Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018 - 2021). Global Accounting, 2(2), 1–18. https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/ga/article/view/2416%0Ahttps://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/ga/article/download/2416/1557
Rianti, A. D., & Prasetya, E. R. (2021). Pengaruh Struktur Modal Dan Tax Avoidance Terhadap Nilai Perusahaan. Sakuntala, 1(1), 302–312. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/SAKUNTALA/article/view/13564
Romadhina, A., & Andhitiyara, R. (2021). Pengaruh Perencanaan Pajak, Pertumbuhan Penjualan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5 (2), 358–366.
Sari, D., & Irawati, W. (2021). Pengaruh Perencanaan Pajak , Struktur Modal Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Moderasi. Jurnal Akuntansi Barelang, 6(1), 1–12.
Setyawati, W. (2019). Pengaruh Struktur Kepemilikan, Struktur Modal, Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen sebagai Moderasi (studi empiris pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di BEI periode 2011-2015). Jurnal Akuntansi Berkelanjutan Indonesia, 2(2), 214–240.
Subandi, M., & Bagana, B. D. (2024). the Influence of Capital Structure, Company Size and Profitability on Company Value (Empirical Study of Manufacturing Companies in the Primary Consumer Goods Sector Listed on the Idx. COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting, 7(4), 7347–7359. www.idx.co.id
Sugiyono, P. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Tunggal, C. A., & Ngatno. (2018). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran dan Umur Perusahaan sebagai Variabel Moderator (Studi Kasus Tahun 2014-2016) pada Perusahaan Sub-Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2), 141–157. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/
Veronica, C., Aprilyanti, R., & Jenii. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Leverage dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan Claudia. Jurnal.Kdi.or.Id, 4(41), 635–646.
Wijaya Satria N. G. I. (2019). PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Juima, 9 (2), 8–15.
Wikipedia, O. (2022). Bursa Efek.