Pengaruh Sikap Pro-Lingkungan Terhadap Perilaku Konsumsi Pro-Lingkungan dengan Mediasi Kesejahteraan Psikologis dan Sosial
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengkaji hubungan antara kesejahteraan psikologis, kesejahteraan sosial, dan sikap pro-lingkungan dalam mempengaruhi perilaku konsumsi pro-lingkungan. Dengan meningkatnya isu lingkungan global, perubahan perilaku konsumsi menjadi langkah penting untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan 190 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling, penelitian ini menemukan bahwa kesejahteraan psikologis dan sosial berfungsi sebagai mediator signifikan dalam hubungan antara sikap pro-lingkungan dan perilaku konsumsi. Hasil analisis menunjukkan bahwa individu dengan kesejahteraan psikologis yang tinggi, yang mencakup kepuasan hidup dan kontrol atas kehidupan, cenderung mengambil keputusan konsumsi yang lebih ramah lingkungan. Selain itu, dukungan sosial dan norma-norma yang ada dalam komunitas juga memperkuat perilaku konsumsi yang mendukung keberlanjutan. Meskipun pengaruh sikap pro-lingkungan terhadap perilaku konsumsi pro-lingkungan lebih kecil dibandingkan dengan pengaruh kesejahteraan psikologis dan sosial, sikap positif terhadap lingkungan tetap berkontribusi dalam mendorong tindakan konsumsi yang lebih bertanggung jawab.
Article Details
Licensed under
a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
Anthony, U. V, Goni, S. Y. V. I., & Purwanto, A. (2023). Dampak Penjualan Pakaian Bekas Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Sosial Ekonomi Pedagang Di Pasar Pinasungkulan Bitung. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jurnalilmiahsociety/article/view/45908
Darsono, Darmaningrum, K., Rumaningsih, M., Alhusin, S., Handoko, T., & Budiana Kurniawati, S. (2023). Penerapan Theory of Planned Behaviour dalam keputusan konsumen untuk membeli Makanan Organik. Jurnal Mirai Management, 8(3), 261–272. https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.6167
Enrico, M., & Kuswati, R. (2024). PERAN PEMEDIASI PRO-ENVIRONMENTAL ATTITUDE PADA PENGARUH INNOVATIVENESS TERHADAP NIAT BELI PRODUK HERBAL. 17(2). https://doi.org/10.46306/jbbe.v17i2
Erlina, M. (2021). Kesejahteraan Psikologis Pada Istri Nelayan Di Kelurahan Marunda Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/psikologi/article/download/754/713
Kuslantasi, U., Pambudi, B., Sawitri, D. R., Psikologi, F., Diponegoro, U., Soedarto, J., Semarang, T., Tengah, J., Perencanaan, B., Pengembangan, D., Batang, K., Ra, J., No, K., & 51215, B. (2022). Hubungan Antara Kebijakan Lingkungan Dengan Perilaku Pro-Lingkungan: Sebuah Kajian Literatur Sistematis The Relationship between Environmental Policy and Pro-Environmental Behavior: A Systematic Literature Review (Vol. 18, Issue Juni). https://doi.org/10.33658/jl.v18i1.288
Leuwol, F. S., Yusuf, R., Wahyudi, E., & Jamin, N. S. (2023). Pengaruh Kualitas Lingkungan Terhadap Kesejahteraan Psikologis Individu di Kota Metropolitan. In Jurnal Multidisiplin West Science (Vol. 02, Issue 08). https://doi.org/10.58812/jmws.v2i08.592
Mahardhika, Z. M., Hapsari, I. M., & Rajib, R. K. (2024). Urgensi Reformasi Hukum Lingkungan Terhadap Perubahan Iklim di Indonesia. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 19(2), 235–244. https://doi.org/10.47441/jkp.v19i2.376
Mariani Manik, Y., Wahyono, H., & Sumarsono, H. (2024). Dampak peluang dan kemampuan untuk mengubah sikap terhadap lingkungan menjadi perilaku konsumen yang Pro-Lingkungan. https://doi.org/10.21067/jem.v19i3.10185
Musleh, & Rahman, A. (2024). DAMPAK PENGGUNAAN PLASTIK SEKALI PAKAI TERHADAP LINGKUNGAN BISNIS. JMA), 2(6), 3031–5220. https://doi.org/10.62281
Nawatmi, S., Nusantara, A., & Santosa, A. B. (2023). Information Intensity in Forming Consumer Attitude of invironmentally Friendly Products Intensitas Informasi dalam Pembentukan Sikap Konsumen Produk Ramah Lingkungan. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(3), 2023. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Nguyen, H. V., Le, M. T. T., Pham, C. H., & Cox, S. S. (2024). Happiness and pro-environmental consumption behaviors. Journal of Economics and Development, 26(1), 36–49. https://doi.org/10.1108/JED-07-2021-0116
Putra, D. A., Fitralisma, G., & Fata, M. A. (2024). Faktor Yang Mempengaruhi Kepedulian Masyarakat Terhadap Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon. Jurnal Riset Manajemen, Bisnis, Akuntansi Dan Ekonomi, 3(1), 1–27. https://doi.org/10.58468/jambak.v3i1.97
Ratri, R. S., & Arafah, W. (2024). Pengaruh Kesenjangan Perilaku Konsumen Ramah Lingkungan Terhadap Sebab-AkibatDalamPemasaran Di IndustriKosmetik. https://doi.org/10.54209/jasmien.v4i04.523
Rustamana, A., Wahyuningsih, P., Azka, M. F., & Wahyu, P. (2024). PENELITIAN METODE KUANTITATIF. Tahun, 5(6), 1–10. https://doi.org/10.9644/sindoro.v4i5.3317
Suhandi, A. (2023). STRATEGI FUNDRAISING DAN PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI MUSTAHIK PADA LEMBAGA FILANTROPI BAZNAS KABUPATEN KUNINGAN. AB-JOIEC: Al-Bahjah Journal of Islamic Economics, 1(1), 44–55. https://doi.org/10.61553/abjoiec.v1i1.22
Suliatiana, R. E., & Kuswati, R. (2024). Pengaruh Green Self Identity Dan Environmental Risk Perception Terhadap Sustainable Food Consumption Yang Dimediasi Oleh Self-Congruity The Influence Of Green Self-Identity And Environmental Risk Perception On Sustainable Food Consumption Mediated By Self-Congruity. In Bisnis dan Pendidikan (Vol. 11, Issue 1). https://e-journal.stie-aub.ac.id/index.php/excellent
Tampubolon, M. S. A., Purba, B., Sembiring, C. A. B., Patrisia Manurung, M., & Harahap, I. (2024). Analisis Kesadaran Dan Perilaku Ramah Lingkungan Mahasiswa di Universitas Negeri Medan. EKOMA?: Jurnal Ekonomi, 4(1). https://doi.org/10.56799/ekoma.v4i1.5503
Yulinda, V. R., Reza, F. A., & Fitriani, A. (2024). Membuat Tempat Lebih Baik: Kesadaran Lingkungan dan Place Attachment dengan Perilaku Pro Lingkungan pada Mahasiswa di Kampus. Annisa Fitriani INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 16058–16071. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.12076