Pengaruh Perceived Defferentiation, Promotion, dan Brand Experience Terhadap Brand Loyalty Pada Produk AeroStreet dengan Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Perceived Differentiation, Promotion, dan Brand Experience terhadap Brand Loyalty dengan Brand Trust sebagai variabel mediasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM). Data dikumpulkan melalui survei terhadap konsumen merek AeroStreet dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perceived Differentiation dan Brand Experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Trust, sementara Promotion memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan. Selain itu, Brand Experience dan Perceived Differentiation juga terbukti secara langsung berpengaruh signifikan terhadap Brand Loyalty. Namun, Brand Trust tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Brand Loyalty. Brand Trust berperan sebagai mediator yang signifikan dalam hubungan antara Perceived Differentiation dan Brand Loyalty, tetapi tidak signifikan dalam hubungan antara orientasi protean karir dan Brand Loyalty. Temuan ini memberikan wawasan bagi perusahaan untuk lebih fokus pada diferensiasi produk dan pengalaman merek dalam membangun loyalitas pelanggan
Article Details
Licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
Anggelina, R. T. (2022). Analisis Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian. Business and Enterpreneurship Journal (BEJ), 2(2), 119–128. https://doi.org/10.57084/bej.v2i2.771
Aprilia, D., & Hendrawan, A. (2020). Pemanfaatan Daun Ketapang (Ficus lyrata) Sebagai Pewarna Alam dengan Teknik Ikat Celup pada Produk Fashion. E- Proceding Of Art And Design, 7(2), 2800–2811.
Atulkar, S. (2020). Brand trust and brand loyalty in mall shoppers. Marketing Intelligence and Planning, 38(5), 559–572. https://doi.org/10.1108/MIP-02-2019-0095
Bastian, D. A. (2014). Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–9.
Cardia, D. I. N. R., Santika, I. W., & Respati, N. N. R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6762. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i11.p19
Dejawata, T. B., Kumanji, S., & Abdillah, Y. (2014). DAN LOYALITAS PELANGGAN ( Survei pada Pelanggan “ Cake in Jar ” Cafe Bunchbead Kota Malang ). Jurnal Administrsi Bisnis, 17(2), 1–8.
Edwina, D. E. (2020). Kesadaran Merek Dan Citra Merek Dalam Menentukan Loyalitas Merek Serta Implikasinya Pada Preferensi Merek (Suatu Survey Pada Konsumen Elzatta Di Pasar Baru, Bandung). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–48.
Gumilang, P. B., Listyorini, S., & Ngatno, N. (2022). Pengaruh Perceived Quality dan Brand Experience terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Mio (Studi pada Yamaha Flagship Shop (FSS) Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(3), 420–432. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.34919
Hutapea, D., & Osiyo, D. (n.d.). ANALISIS PRODUCT DIFFERENTIATION , PRICE DECISIONS , PRODUCT QUALITY TERHADAP KUATNYA MOTIF REPEAT PURCHASE. 3, 209–221.
Kwon, J. H., Jung, S. H., Choi, H. J., & Kim, J. (2020). Antecedent factors that affect restaurant brand trust and brand loyalty: focusing on US and Korean consumers. Journal of Product and Brand Management, 30(7), 990–1015. https://doi.org/10.1108/JPBM-02-2020-2763
Mahyarni, M. (2013). Theori TRA Behavior(Sebuah Kajian Historis tentang Perilaku). Jurnal El- Rizasah, 4(1), 13–23. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/elriyasah/article/view/17/0
Mustajab, D. (2023). Brand Experience on Brand Loyalty through Brand Satisfaction and Brand Trust: Study on Altex Cat Customers in East Java. Innovation Business Management and Accounting Journal, 2(3), 111–126. https://doi.org/10.56070/ibmaj.v2i3.49
Nuha, A. (2017). Populasi Dan Sampel?. Pontificia Universidad Catolica Del Peru, 8(33), 44.
Purbarani Hanesty, V. (2012). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Diferensiasi Produk, Kualitas Layanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Semarang , Universitas Diponogoro, 2015.
Semuel, H., & Putra, R. S. (2018). Brand Experience, Brand Commitment, Dan Brand Loyalty Pengguna Apple Iphone Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 69–76. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.69-76
Trisnawati, T. Y. (2016). Fashion sebagai Bentuk Ekspresi Diri dalam Komunikasi. Jurnal The Messenger, 3(2), 36. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.268