Pengembangan Standard Operating Procedure (SOP) Pengajuan Perjalanan Dinas Dalam Negeri

Main Article Content

Ratna Ayu Nuryanti
Slamet Usman Ismanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan Standard Operating Procedure (SOP) Pengajuan Perjalanan Dinas Dalam Negeri di PT Len Industri (Persero) guna meningkatkan pemahaman, efektivitas, dan kepatuhan terhadap kebijakan perusahaan. Metode yang digunakan yaitu action research (penelitian tindakan) dengan pendekatan kualitatif preskriptif. Temuan menunjukkan belum adanya prosedur yang berlaku terkait Pengajuan Perjalanan Dinas di Perusahaan, sehingga disusun purwarupa SOP berbasis flowchart. Pengembangan SOP dilakukan melalui tiga tahapan utama, yaitu pengumpulan informasi, penulisan SOP sesuai pedoman, dan reviu hasil penulisan SOP. Reviu SOP dilakukan secara berjenjang, melibatkan tiga kali reviu oleh staf Human Capital Services (HCS) dan satu kali oleh General Manager Human Capital Services (HCS). Tahapan pengesahan SOP yang diterapkan di Perusahaan memiliki keterlibatan dengan Divisi/Unit pembuat kebijakan, Business Process Management (BPM), dan Direksi. Sementara itu, pendistribusian SOP dilakukan melalui sosialisasi langsung serta digitalisasi di aplikasi Len-O, dengan penerapan mekanisme revisi kolektif untuk menjaga efektivitas SOP dalam operasional perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyusunan SOP berbasis flowchart nantinya dapat memberikan panduan yang lebih aplikatif dan mudah dipahami oleh seluruh pihak terkait, meningkatkan kepatuhan terhadap regulasi internal, serta meminimalkan potensi kesalahan dalam proses pengajuan perjalanan dinas.

Article Details

How to Cite
Ratna Ayu Nuryanti, & Slamet Usman Ismanto. (2025). Pengembangan Standard Operating Procedure (SOP) Pengajuan Perjalanan Dinas Dalam Negeri. Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 16(2), 1093–1105. https://doi.org/10.24905/permana.v16i2.699
Section
Articles

References

Basuki. (2021). Pengantar Metode Penelitian Kuantitatif (A. R. Baskara, Ed.). Media Sains Indonesia.
Budi, A. N. C. (2023). Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Penggunaan Uang Persediaan Dalam Rangka Belanja APBN Pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Magelang. Universitas Tidar.
Dermawan, F. N. A., & Sarah, I. S. (2024). Pembuatan Standar Operasional Prosedur Perjalanan Dinas dan Pengelolaan Pertanggung Jawaban Marketing and Sales PT XYZ. Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 1024–1031.
Haryadi, H. (2009). Administrasi Perkantoran untuk Manajer dan Staf (A. Sugiarto, Ed.; 1st ed.). TrasmediaPustaka.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis a Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications, Inc.
Nabelah, Y. K. (2019). Pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP) Surat Masuk pada PT Sucofindo (Persero) Cabang Surabaya. Institut Bisnis dan Informatika STIKOM Surabaya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD (1st ed., Vol. 19). ALFABETA.
Susanti, N., Susanti, I. D., Janah, Y., & Waru, A. P. D. T. (2021). Pelaksanaan Prosedur Perjalanan Dinas Bagi Pegawai PT. ASABRI (Persero) Jakarta. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 29. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jab.v1i1.315
Tathagati, A. (2017). Step By Step Membuat SOP (Standard Operating Procedure) (1st ed., Vol. 2). EfataPublishing.
Tukiran, M., Sari, N. P., & Amalia Nurul. (2023). Penyusunan Proses Bisnis dan SOP Perusahaan (U. Prastya, Ed.). PT Kanisius.