Main Article Content
Abstract
Jenis penelitian ini adalah metode penelitian asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai PKTJ yang berjumlah yang berjumlah 129 pegawai. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data survei menggunakan kuesioner. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Analisis PLS. Beberapa simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah kompetensi digital berpengaruh terhadap kinerja pegawai PKTJ, budaya kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai PKTJ, iklim organisasi tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai PKTJ, kompetensi digital berpengaruh terhadap pemberdayaan psikologis pegawai PKTJ, budaya kerja berpengaruh terhadap pemberdayaan psikologis pegawai PKTJ, iklim organisasi berpengaruh terhadap pemberdayaan psikologis pegawai PKTJ, pemberdayaan psikologis terhadap kinerja pegawai PKTJ, pemberdayaan psikologis mampu memediasi pengaruh kompetensi digital terhadap kinerja pegawai PKTJ, pemberdayaan psikologis mampu memediasi pengaruh budaya kerja terhadap kinerja pegawai PKTJ, pemberdayaan psikologis mampu memediasi pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja pegawai PKTJ.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
- Afandi. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Unit Pelaksana Teknis Latihan Kerja. Ekonomi Bisnis, 35–36.
- Ari Ramdani, et. al. (2022). Good Governance Dalam Pelayanan Publik. Media Sains Indoneisa.
- Ari Wibowo, S. (2017). Pengaruh Quality of Work Life (Qwl) Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Kecamatan Di Kabupaten Kulonprogo D.I Yogyakarta. JBTI?: Jurnal Bisnis Teori Dan Implementasi, 8(1), 84–96. https://doi.org/10.18196/bti.81085
- Aridhona, N., Baga, L. M., & Affandi, M. J. (2016). Dampak Reformasi Birokrasi pada Perubahan Budaya Organisasi di Perwakilan BPKP Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 6(2), 104. https://doi.org/10.29244/jmo.v6i2.12242
- Arifah, A. N., Azizah, L. N., & Indriasih, D. (2022). Pengaruh Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban, Komitmen Organisasi dan Kompetensi Terhadap Kinerja Manajerial. Jurnal Manajemen Sosial Ekonomi (Dinamika), 2(1), 49–58.
- Asdiqoh, S. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Boyolali. LP2M Press IAIN Salatiga.
- Bismawati. (2022). Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Katalogis, 4(3), 1–12.
- Bonaraja Purba, S. G. (2020). Ilmu Komunikasi?: Sebuah Pengantar (Janner Simarmata (ed.); cetakan 1). Yayasan Kita Menulis.
- Bramantyo, A., & Mardjoeki. (2020). Urgensi Penyederhanaan Birokrasi dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi.Teknis Substantif Pemantauan, Analisis dan Pelaporan. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum Dan Hak Asasi Manusia Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
- Cordella, A., & Tempini, N. (2019). E-government and organizational change: Reappraising the role of ICT and bureaucracy in public service delivery. Government Information Quarterly, 32(3). https://doi.org/10.1016/j.giq.2015.03.005
- Domai, T. (2018). Desentralisasi dan Perencanaan Pembangunan. Laboratorium Administrasi Pemerintahan.
- Engdaw, B. (2022). The effect of administrative decentralization on quality public service delivery in Bahir Dar city administration: the case of Belay Zeleke sub-city. Cogent Social Sciences, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311886.2021.2004675
- Fauzi, A., & Nugroho, R. H. (2020). Manajemen Kinerja. Penerbit Airlangga University Press 2020.
- Ferdinand, A. (2019). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Universitas Diponegoro.
- Fitriasuri. (2021). Kinerja Desentralisasi dan Sistem Akuntansi Manajemen Terhadap Kinerja Manajer Pada Bisnis Perhotelan di Kota Palembang. Journal Management, Business, and Accounting, 20(3).
- Frinces, Z. H. (2020). Manajemen Reformasi Birokrasi. Mida pustaka.
- Gammahendra, F., Hamid, D., & Riza, M. F. (2014). Pengaruh Struktu r Organisasi terhadap Efektivitas Organisasi. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 7(2), 1–10.
- Gheofani, D. (2021). Pengaruh Desentralisasi Dan Sistem Akuntansi Manajemen Terhadap Kinerja Manajerial (Study Pada PT. Stars Internasional Cabang Bojonegoro dan Lamongan). SENKIM: Seminar Nasional Karya Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 217–225.
- Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analysis Multivariate dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro.
- Ghozali, I. (2021). Struktural Equation Modelling Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Badan Penerbit UNDIP.
- Gunawan, I. (2020). Pengaruh Reformasi Birokrasi Terhadap Pelayanan Publik Di Dinas Sosial Kota Baubau. Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(2).
- Haning, M. T. (2018). Reformasi Birokrasi di Indonesia: Tinjauan Dari Perspektif Administrasi Publik. Jurnal Analisis Kebijakan Dan Pelayanan Publik, 4(1), 25–37.
- Haque, S. (2017). Revisiting the New Public Management. Public Administration Review, 67(1), 179–182.
- Hardiyansyah. (2019). Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Gava Media.
- Haris, S. (2017). Desentralisasi dan Otonomi Daerah. LIPI Press.
- Hartati, S. (2020). Penerapan Model New Public Management (NPM) Dalam Reformasi Birokrasi Di Indonesia. Jurnal MSDA (Manajemen Sumber Daya Aparatur), 8(2), 65–84. https://doi.org/10.33701/jmsda.v8i2.1293
- Haryani, S., & Sudiyono. (2023). Implementasi New Public Management (NPM) Badan Kepegawaian Daerah (Studi Kasus Kabupaten B). Proceeding of National Conference on Accounting & Finance, 5(1), 330–335.
- Haryono. (2018). Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Di Kementerian Hukum Dan HAM RI. Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum, 10(3), 27–42.
- Hendratno, E. T. (2020). Negara Kesatuan, Desentralisasi, dan Federalisme. Graha Ilmu.
- Huda, N. A., & Sasana, H. (2017). Analisis Dampak Desentralisasi Fiskal Terhadap Outcomes Pelayanan Publik Bidang Pendidikan (Studi Kasus: Provinsi Dki Jakarta). Diponegoro Journal of Economics, 2(1).
- Husin, W. L., & Muji’zat, P. (2023). Pengaruh Reformasi Birokrasi Dan Employee Engagement Terhadap Kinerja Pegawai (Pada Kantor Pelayanan Pajak Kota Pratama Gorontalo). Akmen Jurnal Ilmiah, 20(1), 52–62.
- Indriasih, D. (2014). “The Effect Of Government Apparatus Competence And The Effectiveness Of Government Internal Control Toward The Quality Of Financial Reporting In Local Goverment”. Research Journal Of Finance And Accounting.Vol.5, No.20 ISSN 2222-2847. “The Effect Of Government Apparatus Competence And The Effectiveness Of Government Internal Control Toward The Quality Of Financial Reporting In Local Goverment”. Research Journal Of Finance And Accounting.Vol.5, No.20 ISSN 2222-2847., 38–47.
- Indriasih, D., Fajri, A., & Febriana, D. (2022). Pengaruh Komitmen Organisasi, Sistem Pengendalian Internal, Kompetensi Pemerintah Desa, Transparansi, dan Aksesibilitas Laporan Keuangan Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(4), 972–981. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i4.1331
- Indriasih, D., Rahmatika, D. N., & Fajri, A. (2020). What (why) does factor influence fraud tendency in public sector? Jurnal Inovasi Ekonomi, 5(3), 93–98. https://doi.org/10.22219/jiko.v5i03.9894
- Islamiyah, A. N., Alyas, & Parawu, H. E. (2021). Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Gowa. Jurnal Adhikari, 2(5).
- Kadjintuni, Z., Hamim, U., & Gobel, L. Van. (2023). Pengaruh Transformasi Jabatan Struktural ke Jabatan Fungsional dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Pemerintah Kabupaten Boalemo. Journal Economy And Currency Study (JECS), 5(1). https://doi.org/10.51178/jecs.v5i1.1579
- Kairupan, J. K. (2019). Pengaruh Reformasi Birokrasi terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Administrasi Publik UNSRAT, 1(1), 1–10.
- Kasmir. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Teori Dan Praktik. Raja Grafindo Persada.
- KemenpanRB. (2021). Permenpan RB Nomor 18 Tahun 2021 Tentang Road Map Reformasi Birokrasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Tahun 2020-2024.
- Kristiadi, J. B. (2015). Bahan Materi pendidikan Dan pelatihan Prajabatan Pegawai negeri Sipil Golongan II. Lembaga Administrasi Negara RI.
- Kurniawan, A. (2018). Transformasi Pelayanan Publik. Pembaruan.
- Kurniawan, B. (2017). Implementasi Kebijakan Reformasi Birokrasi dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai di Sekretariat Daerah Kota Tangerang 2017. Mozaik, IX(1), 1–15.
- Lengkong, O., Lengkong, V. P. K., & Pandowo, M. H. C. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja Karyawan Hotel Berbintang Di Manado. Jurnal EMBA, 9(3), 1286–1295.
- Lestari, Y. D., & Senain. (2018). Pengaruh Reformasi Birokrasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Situbondo. Acton, 14(1), 55–67.
- Lupiyoadi, R. (2019). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Salemba Empat.
- Luthans, F. (2018). Perilaku Organisasi. Penerbit Andi.
- Mananeke, T. D. W., Rares, J. J., & Tampongangoy, D. (2021). Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Di Puskesmas Kecamatan Lembeh Utara Kota Bitung. Jurnal Administrasi Publik, 2(1).
- Mangkunegara, A. P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya.
- Mangkunegara, A. P. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya.
- Manuaba, I. B. A. A. B., & Lestari, N. P. N. E. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Dimediasi Oleh Variabel Kepuasan Kerja Pada Era New Normal Di Dinas Perindustrian Dan Tenaga Kerja Kabupaten Badung. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1), 177–198. https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i1.31835
- Mardiasmo. (2020). Akuntansi Sektor Publik. Andi.
- Moeheriono. (2018). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. PT Raja Grafindo Persada.
- Moenir, H. A. . (2017). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Bumi Aksara.
- Mulasari, H., & Suratman, B. (2021). Pengaruh Motivasi dan Kinerja Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 198–210.
- Muliani, T., Rinaldo, J., & Ardiany, Y. (2021). The Effect Of Decentralization And Management Accounting Systems On Managerial Performance (Case Study at PT. P&P Lembah Karet Padang). Pareso Jurnal, 3(3), 665–682.
- Muluk, K. (2019). Desentralisasi Pemerintah dan Daerah. Bayumedia Publishing.
- Nisa, L. S., Setyati, S., Maliani, Siska, D., & Fitriyanti, S. (2022). Analisis Pelaksanaan Kebijakan Penyederhanaan Birokrasi Di Lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 17(2), 167–184. https://doi.org/10.47441/jkp.v17i2.284.
- Nurhestitunggal, M., & Muhlisin, M. (2020). Penyederhanaan Struktur Birokrasi: Sebuah Tinjauan Perspektif Teoretis dan Empiris Pada Kebijakan Penghapusan Eselon III dan IV. Jurnal Kebijakan Pembangunan Daerah, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.37950/jkpd.v4i1.100
- Nurjanah, N. (2023). Pengaruh Motivasi, Kompetensi Dan Reformasi Birokrasi Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Pegawai Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Banjar). Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis (JUPSIM), 2(3). https://doi.org/10.55606/jupsim.v2i3.2007
- Padmaningrum. (2021). Penyederhanaan Birokrasi Melalui Agile Governance Menuju Layanan Prima. Pawiyatan, XXVIII(2), 54–64.
- Perempuan, K. P., Perlindungan, D. A. N., & Republik, A. (2020). Buku panduan tim reformasi birokrasi. Kemen PPPA.
- Pernanda, F. I. (2022). Reformasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Niara, 15(1), 47–53. https://doi.org/10.31849/niara.v15i1.8297
- Prasojo, E., & Kurniawan, T. (2018). Reformasi Birokrasi dan Good Governance: Kasus Best Practices dari Sejumlah Daerah di Indonesia. Makalah the 5th international Symposium of Antropologi Indonesia. Reformasi Birokrasi Dan Good Governance: Kasus Best Practices Dari Sejumlah Daerah Di Indonesia.
- Pratama, A., Rajak, A., & Sabuhari, R. (2022). Pengaruh Penyederhanaan Birokrasi Terhadap Kepuasan Kerja dan Dampaknya Pada Kinerja Pegawai di Lingkup Bps Se- Provinsi Maluku Utara Studi Tentang Pengalihan Jabatan Struktural Ke Jabatan Fungsional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(23), 712–728. https://doi.org/10.5281/zenodo.7578784
- Puspawati, A. A. (2018). Reformasi Birokrasi, Desentralisasi, Kerjasama Pemerintah dan Swasta Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. PUBLISIA (Jurnal Ilmu Administrasi Publik), 1(1).
- Putri, N. D., & Mursyidah, L. (2022). The Effect of Employee Performance on the Quality of Administrative Services. Indonesian Journal of Public Policy Review, 19(1), 1–8. https://doi.org/10.21070/ijppr.v19i0.1227
- Raharjo, K. D., & Rahmatika, D. N. (2021). Pengaruh Komunikasi Internal, Quality Of Work Life, Dan Spiritualitas Di Tempat Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Motivasi Kerja (Studi Kasus Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan). Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 15(2).
- Rahmatika, D. N., Kartikasari, M. D., Indriasih, D., Sari, I. A., & Mulia, A. (2019). Detection of Fraudulent Financial Statement; Can Perspective of Fraud Diamond Theory be applied to Property, Real Estate, and Building Construction Companies in Indonesia? European Journal of Business and Management Research, 4(6), 1–9. https://doi.org/10.24018/ejbmr. 2019.4.6.139
- Ratminto, & Winarsih, A. S. (2018). Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar.
- Ratna, Y., Dudi, E., & Sudewa, J. (2021). Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung. Co-Management, 4(2), 680–687.
- Restu, R. R., & Diana. (2022). Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Palaran Kota Samarinda. Prediksi Jurnal Administrasi Dan Kebijakan, 21(3), 1–15. https://doi.org/10.31293/ pd.v21i3.6636
- Reyna, A., Indartuti, E., & Hariyoko, Y. (2022). Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kasus di Rumah Sakit DKT Surabaya). Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 1(1).
- Ria, M. D., & Bratakusumah, D. S. (2018). Analysis Of Bureaucratic Reform Influence On Local Government Performance: A Case Study Government Of West Java Province. Civil Service, 10(1), 51–67.
- Riansyah, A. (2021). Pengaruh Reformasi Birokrasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Kementerian Agama Kota Tasikmalaya. Journal of Management Review, 5(2), 639–644.
- Ricky. (2022). Pengaruh Reformasi Birokrasi Terhadap Pelayanan Pengaduan Masyarakat. Arajang?: Jurnal Ilmu Sosial Politik, 5(1), 46–57. https://doi.org/10.31605/arajang.v5i1
- Risdiana, Y. (2016). Analisis Pengaruh Penataan Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Kesehatan Kota Banjar. Jurnal Kesehatan, 1(1), 1–9.
- Ristala, H., & Rahmandika, M. A. (2022). Penyederhanaan Birokrasi Dan Transformasi Kelembagaan Demi Mewujudkan Pelayanan Publik Yang Prima Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Academia Praja?: Jurnal Ilmu Politik, Pemerintahan, Dan Administrasi Publik, 5(1), 118–127. https://doi.org/10.36859/jap.v5i1.956
- Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2020). Perilaku Organisasi. Salemba Empat.
- Romli, L. (2008). Masalah reformasi birokrasi. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen PNS, 2(2), 1–8.
- Rondinelli, D. A., & Cheema, S. (2018). Implementing Decentralization Policies?: An Introduction in Decentralization and Development, Policy Implementation in Developing Countries. Sage Publication.
- Sedarmayanti. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Mandar Maju.
- Setyadi, Y. W. (2017). Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening.
- Sinambela, L. P. (2018). Reformasi Pelayanan Publik?: Teori, Kebijakan dan Implementasi.
- Sinambela, L. P. (2019). Kinerja Pegawai. Graha Ilmu.
- Soebhan, S. R. (2000). Model Reformasi Birokrasi Indonesia. Ppw Lipi, 1–10.
- Sofyandi, H. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Graha Ilmu.
- Solechah. (2021). Dampak Desentralisasi Fiskal Terhadap Outcomes Pelayanan Publik Bidang Pendidikan (Studi Kasus: Provinsi Jawa Tengah). Program Studi MIESP Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.
- Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.
- Sulistyorini, A., & Saleh, S. (2014). Dampak desentralisasi fiskal terhadap pelayanan public. Studi kasus pelayanan kesehatan di Kota Yogyakarta. Tesis Magister Administrasi Publik.
- Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi, Tesis, & Disertasi. Andi Offset.
- Sumaryadi, I. N. (2017). Perencanaan Pembangunan Daerah Otonom dan Pemberdayaan Masyarakat. Citra Utama.
- Surya, I., Budiman, Syarifuddin, T. I., & Nurmiyati, N. (2021). Dampak Desentralisasi Terhadap Pelayanan Publik Di Daerah Perbatasan Kalimantan. Jurnal Aksi Reformasi Government Dalam Demokrasi, 9(1), 1–23.
- Susanto, A., Tabrani, T., & Jalil, M. (2022). The Influence of Logical Thinking, Work Place, Work Achievement, Work Motivation on Employee Performance through Innovation as Middle Variables in Regional Secretariat of Brebes Regency. https://doi.org/10.4108/eai.28-5-2022.2320443
- Susiawati, M. (2021). Penyederhanaan Struktur Organisasi Perangkat Daerah Wonosobo. 1(2), 1–10.
- Suwandi. (2018). Desentralisasi Fiskal Dan Dampaknya Terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Penyerapan Tenaga Kerja, Kemiskinan, Dan Kesejahteran Di Kabupaten/Kota Induk Provinsi Papua. Deepublish.
- Taqiroh, U., Darmayanti, N., & Dientri, A. M. (2019). Pengaruh Desentralisasi Dan Sistem Akuntansi Manajemen Terhadap Kinerja Manajerial (Study Pada PT. Stars Internasional Cabang Bojonegoro dan Lamongan). Jurnal Analisa Akuntansi Dan Perpajakan, 3(2), 35–46.
- Taufik, & Supriadi, Y. N. (2022). Pengaruh Penyederhanaan Birokrasi, Motivasi Kerja, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Tenaga Kependidikan Aparatur Sipil Negara UPN “Veteran” Jakarta. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(10), 29–41. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i10.13131
- Thoha, M. (2018). Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya. Raja Grafindo Persada.
- Tjiptono, F., & Chandra, G. (2020). Service, Quality, Dan Satisfaction. Andi.
- Umasugi, R., Kiyai, B., & Palar, N. R. A. (2019). Pengaruh Reformasi Struktur Birokrasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Daerah Kota Manado. Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 1–15.
- Wahyuningsih, S., Suswati, W., Santoso, D., & Ekowati, S. (2021). Pengaruh Peralihan Jabatan Fungsional ke Jabatan Fungsional dan Motivasi Kerja Terhadap Produktifitas Kerja Pegawai di Universitas Jenderal Soedirman. Prosiding Seminar Nasional Dan CallFpr Papers, 120–129.
- Wasistiono, S. (2017). Kapaita selekta manajemen pemerintahan daerah. Fokusmedia.
- Wijaya, M. (2018). Kualitas Pelayanan E-Ktp Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Lumajang (Studi Di Dispendukcapil Kabupaten Lumajang). University of Muhammadiyah Malang, 20–39.
- Yani, U., Rosmanidar, E., & Nofriza, E. (2023). Pengaruh Desentralisasi Dan Sistem Akuntansi Manajemen Terhadap Kinerja Karyawan PT. Patria Anugrah Sentosa Di Jambi. Jurnal Publikasi Manajemen Informatika, 2(2).
- Yolanda, L., Agustina, D., & Maulidizen, A. (2022). Pengaruh Reformasi Birokrasi dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Kantor Pusat Perusahaan XYZ di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(13), 597–612. https://doi.org/10.5281/zenodo.7036713
- Yusriadi, & Misnawati. (2019). Reformasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik (Studi Pelayanan Terpadu Satu Pintu). Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 7(2), 99–108. http://ojs.unm.ac.id/index.php/iap/index%0A