Pelaksanaan Manajemen Klaim Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bandung Suci

Main Article Content

Nandhita Putri Cipta Harsoyo
Nina Karlina

Abstract

Penelitian ini menganalisis pelaksanaan manajemen klaim Jaminan Hari Tua (JHT) di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bandung Suci. Tujuan penelitian adalah untuk mencapai efektivitas prosedur klaim, mengidentifikasi kendala yang dihadapi peserta, serta menilai kesesuaian pelaksanaan klaim dengan regulasi yang berlaku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun BPJS Ketenagakerjaan telah mengadopsi sistem digital seperti Jamsostek Mobile (JMO) dan Lapak Asik untuk mempercepat proses klaim, berbagai kendala teknis dan administratif masih terjadi. Peserta mengalami kesulitan dalam mengakses layanan digital akibat kendala sistem dan literasi digital yang rendah, yang menyebabkan peningkatan jumlah klaim secara langsung di kantor cabang. Selain itu, keterlambatan pencairan manfaat JHT masih ditemukan akibat ketidaksesuaian dokumen dan masalah data verifikasi. Implikasi dari temuan ini menekankan perlunya perbaikan infrastruktur teknologi, peningkatan pendidikan bagi peserta, serta optimalisasi sistem layanan untuk meningkatkan efisiensi dan kepuasan peserta.

Article Details

How to Cite
Nandhita Putri Cipta Harsoyo, & Nina Karlina. (2025). Pelaksanaan Manajemen Klaim Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bandung Suci. Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 16(2), 1181–1193. https://doi.org/10.24905/permana.v16i2.721
Section
Articles

References

BPJS Ketenagakerjaan. (2024). BPJS Ketenagakerjaan. https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). RESEARCH DESIGN: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. In Writing Center Talk over Time (5th ed.). SAGE Publications. https://doi.org/10.4324/9780429469237-3
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. In Sustainability (Switzerland) (3rd ed., Vol. 11, Issue 1). SAGE.
O.O., Banmore, A.D., Adefulu, & G. O., Makinde. (2023). Claims Management and Firm Performance of Insurance Companies in Nigeria: Moderating Effect of Marketing Factors. Journal of Economics, Finance and Management Studies, 06(06). https://doi.org/10.47191/jefms/v6-i6-67
Rendek, K., Holtz, J., & Fonseca, C. (2014). THE MOMENT OF TRUTH: CLAIMS MANAGEMENT IN MICROINSURANCE Kelly (1st ed.). International Labour Organization.
Wijaya, A. (2017). Hukum Jaminan Sosial Indonesia (1st ed.). Sinar Grafika.