Pengaruh Product Quality, Social Media Influencer, Brand Image Terhadap Purchase Intention Pada Fashion Korean Style

Main Article Content

Nadiva Esa Aisyah Namira
Rojuaniah

Abstract

Dalam masa perkembangan ini, gaya berpakaian  di kalangan remaja Indonesia terutama generasi Z yang banyak mengikuti fashion dari negara lain seperti K-Pop, atau Hallyu, adalah salah satu budaya populer di kalangan remaja Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Product Quality, Social Media Influencer, dan Brand Image memengaruhi Purchase Intention produk fashion Korean style. Penelitian ini akan dilakukan dengan metode kuantitatif, dengan tujuan penelitian kausal atau untuk mengetahui hubungan sebab akibat antara variabel independen (X) yaitu Product Quality (X1), Social Media Influencer (X2), dan Brand Image (X3) dan variabel dependen (Y) yaitu Purchase Intention. Metode penelitian kuantitatif digunakan dengan cara mengumpulkan dan menganalisis data kuantitatif, dan kemudian menggunakan alat data primer (dasar) untuk menjelaskan pengaruh yang terjadi antara kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah orang-orang yang terlibat dalam penelitian ini sudah mengetahui tentang fashion Korean melalui media sosial dan e-commerce dan jumlah sampel 140 sampel Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Data yang terkumpul dengan menggunakan  analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Product Quality, Social Media Influencer, dan Brand Image secara simultan (bersama-sama) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention. Secara parsial Product Quality berpengaruh positif terhadap Purchase Intention, Social Media Influencer berpengaruh positif terhadap Purchase Intention, dan Brand Image berpengaruh positif terhadap Purchase Intention, memiliki rekomendasi penelitian untuk penelitian yang akan datang. Saran penelitian ini yaitu pertama dan terpenting, memasukkan variabel tambahan seperti harga, ketersediaan produk, dan ulasan pelanggan dapat membantu Anda memahami lebih baik apa yang memengaruhi niat pembelian. Kontribusi penelitian ini yaitu perusahaan dapat menggunakan data tentang pengaruh kualitas produk untuk mengembangkan strategi produk yang lebih baik, termasuk inovasi dan perbaikan produk, sehingga produk menjadi lebih menarik bagi konsumen dan meningkatkan niat beli, Influencer yang memiliki pengaruh besar terhadap niat beli dapat membantu merek dalam memilih Influencer yang sesuai dengan audiens target mereka; ini memungkinkan strategi pemasaran yang lebih terarah dan efektif. memberikan pemahaman tentang bagaimana persepsi merek memengaruhi keinginan pembeli untuk membeli barang, yang mencakup elemen seperti persepsi kualitas, nilai-nilai merek, dan ikatan yang dibentuk melalui komunikasi.


 

Article Details

How to Cite
Namira, N. E. A. ., & Rojuaniah. (2025). Pengaruh Product Quality, Social Media Influencer, Brand Image Terhadap Purchase Intention Pada Fashion Korean Style. Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 16(2), 1371–1385. https://doi.org/10.24905/permana.v16i2.765
Section
Articles

References

Alhadar, L. F., & Sirat, A. H. (2022). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kue Khas Ternate (Bagea, Makron dan Roti Kenari). Jurnal Manajemen Sinergi, 10(2).

Astuti, A. D., & Febriatmoko, B. (2023). Diferensiasi Produk, Persepsi Harga, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 20(01), 10–19. https://doi.org/https://doi.org/10.25134/equi.v20i01.5154

Awalya, S. S., Winarso, W., & Anas, H. (2023). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap minat beli produk sunscreen “merek Azarine”(pada generasi Z Bekasi). Jurnal Economina, 2(10), 2704–2721. https://doi.org/https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.895

Castillo, D., Pérez-González, B., Raya-González, J., Fernández-Luna, Á., Burillo, P., & Lago-Rodríguez, Á. (2019). Selection and promotion processes are not associated by the relative age effect in an elite Spanish soccer academy. PLoS One, 14(7), e0219945. https://doi.org/https://doi.org/10.1371/journal.pone.0219945

Hair Jr, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) using R: A workbook. Springer Nature.

Husain, N., Karundeng, D. R., & Suyanto, M. A. (2022). Analisis lokasi, potongan harga, display produk dan kualitas produk terhadap minat beli pada Alfamart Kayubulan. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(1), 63–85. https://doi.org/https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i1.332

Iskandar, D. F. L. (2023). Replikasi Budaya Visual dan Tiktok. Universitas Islam Indonesia.

Kinanti, S., & Saputra, A. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening di Kota Batam. ECo-Buss, 5(3), 880–893. https://doi.org/https://doi.org/10.32877/eb.v5i3.635

Kotler, P., Burton, S., Deans, K., Brown, L., & Armstrong, G. (2015). Marketing. In Pearson Higher Education AU. Pearson Higher Education AU.

Kurniawan, D. M. (2023). Pengaruh beauty influencer TikTok terhadap keputusan pembelian kosmetik Maybelline New York (Studi pada penonton video TikTok Laura Siburian). Universitas Lampung.

Muhaditia, M., Narawati, P. C., & Lisnawaty, R. Y. (2022). Pengaruh Korean Waves Terhadap Fashion Remaja Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan, Seni, Sains Dan Sosial Humaniora, 1(01), 138–153.

Natassja, E., & Simamora, B. (2023). The Effect of Using Twice’s Girlband K-pop as The Brand Ambassador on Increasing The Value of The Scarlett Whitening Brand. Global Research on Economy, Business, Communication, and Information, 1(1), 43–53. https://doi.org/https://doi.org/10.46806/grebuci.v1i1.975

Putri, I. P., Liany, F. D. P., & Nuraeni, R. (2019). K-Drama dan penyebaran Korean wave di Indonesia. ProTVF, 3(1), 68–80. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i1.20940

Sari, P. P. (2023). Strategi Influencer dalam Upaya Meningkatkan Niat Beli di Social Commerce. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 4(4), 214–237.

Sutrisno, S., Tannady, H., Ekowati, D., MBP, R. L., & Mardani, P. B. (2022). Analisis Peran Kualitas Produk Dan Visual Identity Terhadap Purchase Intention Produk Teh Dalam Kemasan. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(6), 4129–4138.

Valenciana, C., & Pudjibudojo, J. K. K. (2022). Korean Wave; Fenomena budaya pop Korea pada remaja milenial di Indonesia. Jurnal Diversita, 8(2), 205–214. https://doi.org/10.31289/diversita.v8i2.6989

Wicaksono, M. A., & Maryana, D. (2021). Pengaruh Fenomena Tren Korean Wave Dalam Perkembangan Fashion Style Di Indonesia. Jurnal Sosial-Politika, 2(2), 74–85. https://doi.org/https://doi.org/10.54144/jsp.v2i2.35

Wiryanata, I. M. J., Agung, A. A. P., & Anggraini, N. P. N. (2020). Analisis Pengaruh Iklan, Brand Trust Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Biznet Networks Di Kota Denpasar. Values, 1(4).