Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Mutu Pelayanan
Main Article Content
Abstract
Kualitas pelayanan kesehatan sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan secara keseluruhan, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemapuan teknologi informasi terhadap mutu pelayanan di Rumah Sakit Siaga Al Munnawarah Samarinda. Dalam penelitian ini melibatkan sebanyak 270 responden yang diambil secara simple random sampling. Teknik pengambilan data melalui wawancara terstruktur melalui kursioner. Data dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji Wilcoxon Untuk menilai hubungan antara variabel. Dari hasil analisis univariat didapatkan bahwa karakteristik responden pada bagian jenis kelamin responden didominasi oleh perempuan sebesar 167 (62%), pada karakteristik pekerjaan didominasi oleh IRT dengan rincian sebesar 100 (37%), dan pada karakteristik keterangan responden di dominasi oleh pasien dengan rincian sebanyak 145(54%). Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa p-value sebesar 0.01 (lebih kecil dari 0.05) maka Ho ditolak. Kemampuan komunikasi interpersonal memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pelayanan. Keberhasilan implementasi komunikasi interpersonal di pengaruhi oleh strategi pengembangan, evaluasi yang terus di lakukan dalam rangka memajukan Mutu. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan komunikasi interpersonal dan mutu pelayanan di Rumah Sakit Al Munawwarah Samarinda.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Licensed under
a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
Ahmad, G., Suryati, Y., Inayah, I., & Pragholapati STIKes Jenderal Achmad Yani Cimahi, A. (2022). Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Pasien Dalam Memanfaatkan Kembali Jasa Pelayanan Rawat Jalan Rumah Sakit Di Masa Pandemi Covid 19: Literature Review. In Ilmu Keperawatan dan Kebidanan (Vol. 13, Issue 1).
Aldy, M., Johan, H., & Mardahlia, D. (2024). Pengaruh Waktu Tunggu Penyediaan Dokumen Rekam Medis Terhadap Kepuasan Pasien di UPTD Puskesmas Tanjung Isuy. Jurnal Sains Dan Teknologi, 6(2), |pp. https://doi.org/10.55338/saintek.v6i2.3771
Buulolo, E., Simamora, P. R., & Pinem, S. H. (2023). Peranan Komunikasi antar Pribadi dalam meningkatkan kepuasan pasien rawat inap di puskesmas Aramo Kabupaten Nias Selatan. Sosial Opinion, VOL.7(2), 98–109
Fitri, D. H & Adjie, E. K. K. (2023). Aktifitas Fisik dan Status Gizi Siswa Kelas VIII dan IX di MTS Negeri 1 Murung. Detector: Jurnal Inovasi Riset Ilmu Kesehatan, 1(3), 24–31. https://doi.org/10.55606/detector.v1i3.2065
Husna, A., Kadir, A., & Wahyuni, S. (2020). Hubungan Komunikasi Interpersonal Dengan Kepuasan Pasien Bpjs Di Ruang Perawatan Interna Rsud Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis., 15, 134–138.
Imelda, Nahrisah, & Ezzah. (2015). Analisis Tingkat Mutu Pelayanan Rawat Inap Dalam Upaya Peningkatan Kepuasan Pasien Di Rsup Adam Malik Medan (Studi Perbandingan Antara Pasien Umum Dan Pasien Bpjs). Peningkatan Kepuasan Pasien Di Rsup Adam Malik Medan ( Studi Perbandingan Antara Pasien Umum Dan Pasien BPJS ), 3(3), 1–43. http://ojs.amik-labuhanbatu.ac.id
Juwita, S. G., Marlinae, L., Rahman, F., Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat, P., Kesehatan Lingkungan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat, D., & Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas, D. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Tamiang Layang. In Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia (Vol. 4, Issue 2)
Muthmainah, I., Putri, I., & Ngasu, K. E. (2021). Irbah Muthaimah Indarti Putri & Kristina Everentia Ngasu Hubungan Antara Caring dan Komunikasi Teraupetik Dengan Kualitas Pelayanan Keperawatan. 6(2), 72–77. https://ejournal.stikesbuleleng.ac.id/index.php/Midwinerslion/article/view/229/118
Oktafianti, N. (2020). Literatur review hubungan komunikasi interpersonal dengan burnout perawat di rumah sakit.
Resfita, D., & Hartono, B. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Dan Komunikasi Terhadap Tenaga Kesehatan UPTD Puskesmas Sipayung. Komunika: Jurnal Ilmiah Komunikasi, 1(3), 1–11
Riyadi, H. M., Widyanti, R., & Anhar, D. (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dokter-Pasien Dan Kualitas Pelayananterhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Poliklinik Rsud Dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin
Susanto, A., Purwantiningrum, H., & Sari, M. P. (2023). Peningkatan Kompetensi Komunikasi Interpersonal Dalam Pelayanan Kefarmasian Pada Siswa Farmasi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(1), 491. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.12288
Umudy, A. M. (2016). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Tenaga Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 4(1), 109–116.
Yusnita, R. (2018). Hubungan komunikasi teurapetik bidan dengan kecemasan ibu bersalin di ruang kebidanan dan bersalin rumah sakit umum daerah kabupaten pidie’; Jurnal Kesehatan Masyarakat.
Zakiyah, N., Pendidikan Ekonomi, J., & Ekonomi, F. (2020). Peran Kualitas Pelayanan dalam Memediasi Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Disiplin Kerja, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Masyarakat. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 690–703. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i3.31647
Fachrurrozi, A. (2023). Strategi Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit : Systematic Literature Review. 2(1).
Jetslin Simbolon, & Selviani Damayanti Sipayung. (2022). Analisis Kualitas Pengelolaan Mutu Pelayanan Pendaftaran Pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan. SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 1(4), 591–599. https://doi.org/10.55123/sehatmas.v1i4.937
Kemenkes Nomor 30 Tahun. (2022). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2022 Tentang Indikator Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan Tempat Praktik Mandiri Dokter Dan Dokter Gigi, Klinik, Pusat Kesehatan Masyarakat, Rumah Sakit, Laboratorium Kesehatan, Dan Unit Transfu. Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 879, 2004–2006.
Lestari, F. I., Zaman, M. K., & Zulkarnaini, Z. (2022). Mutu Pelayanan Keperawatan Rumah Sakit Puri Husada Tembilahan. JOMIS (Journal of Midwifery Science), 6(2), 128–136. https://doi.org/10.36341/jomis.v6i2.2326
Marshella, A. (2022). Gambaran Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Bailang Kota Manado. Jurnal KESMAS, Vol. 11, N(4), 1–5.