Green Product dan Kebiasaan Berbelanja Terhadap Keputusan Pembelian Produk Beras Delanggu

Main Article Content

Fauzan Hanan Mu’tashim
Imron Rosyadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Green Product dan kebiasaan berbelanja terhadap keputusan pembelian produk Beras Delanggu. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksplanatori, melibatkan 110 responden konsumen di Kecamatan Delanggu yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert 5 poin dan dianalisis dengan regresi linier berganda menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Green Product dan kebiasaan berbelanja berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini memperkuat temuan sebelumnya mengenai pentingnya kesadaran lingkungan dan perilaku belanja terhadap preferensi konsumen. Keterbatasan penelitian ini terletak pada cakupan geografis yang hanya melibatkan satu kecamatan sehingga hasil tidak dapat digeneralisasikan secara luas. Penelitian ini memberikan kontribusi orisinal dalam konteks produk lokal dengan menyoroti integrasi antara faktor lingkungan dan kebiasaan konsumen dalam mendorong keputusan pembelian berkelanjutan.

Article Details

How to Cite
Mu’tashim, F. H., & Rosyadi, I. . (2025). Green Product dan Kebiasaan Berbelanja Terhadap Keputusan Pembelian Produk Beras Delanggu. Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 16(2), 1455–1468. https://doi.org/10.24905/permana.v16i2.852
Section
Articles

References

Amstrong, K. (2018). Manajemen Pemasaran. Prennhalindo.

Ariyani, N., & Hidayati, S. (2018). Influence of Transformational Leadership and Work Engagement On Innovative Behavior. ETIKONOMI, 17(2), 275–284. https://doi.org/10.15408/etk.v17i2.7427

Dwi Sari, A. N., Malik, Z. A., & Hidayat, Y. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Uang Elektronik (E-Money) terhadap Perilaku Konsumen. Prosiding Hukum Ekonomi Syariah, 1. https://doi.org/10.29313/syariah.v0i0.19202

Evanthi, A., Azizah, A. N., Bimantoro, A., Zahra, S. A. A., & Munawaroh, L. (2023). Green Marketing Campaign sebagai Implementasi Peningkatan Green Purchasing Behavior Generasi Z Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 1(2), 322–331.

Guspul, A. (2014). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Studi Kasus Pada Nasabah Kospin Jasa Cabang Wonosobo). https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/ppkm/article/view/232

Hakim, M. N., Suharto, A., & Rahayu, J. (2021). ANALISIS KUALITAS PRODUK, HARGA, LOKASI, PROMOSI DAN KUALITASSPELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Rumah Makan Tulang Lunak Cak Sani Jember). https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/bisnet/article/view/1699/1381

Ikhsan, Muhammad, M. S. (2023). GREEN PURCHASE INTENTION ON THE MILLENIAL GENERATION IN INDONESIA. CREATIVE RESEARCH MANAGEMENT JOURNAL, 6(2), 1–23.

Irsalina, N., & Susilowati, H. (2023). Pengaruh Green Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware. 3(1), 41–51. http://journal.stiestekom.ac.id/index.php/dinamikapage41

Moleong. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rusdakarya.

Mowen, J. C. dan M. M. (2017). Perilaku Konsumen. Jilid, i. 1.

Parmana, P., Fahmi, I., & Nurrohmat, D. R. (2019). The Influence of Marketing Mix Factors in Purchasing Decision for Wooden Furniture Case of Furnimart Bogor. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship. https://doi.org/10.17358/ijbe.5.1.54

Permana, R., Yuliati, E., & Wulandari, P. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Terhadap Purchase Intention Kendaraan Listrik di Indonesia. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 6(2), 217–232. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v6i2.270

Puspitasari, C., Yuliati, L., & Afendi, F. (2021). Pengaruh Green Marketing , Kesadaran Lingkungan Dan Kesehatan. Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Bisnis, 7(3), 713.

Rahayu, L. M. P., Abdillah, Y., Mawardi, M. K. (2017). Pengaruh Green Marketing Terhadap Di, Pembelian Konsumen ( Survei Pada Konsumen The Body Shop Indonesia Dan Di Malaysia ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 43(1)(1), 121–131.

Sirodjudin, M., & Sudarmiatin, S. (2023). Implementasi Digital Marketing Oleh UMKM Di Indonesia: A Scoping Review. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan …, 2(2), 20–35.

Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Method. Rajad Grafindo Persada Depok.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Kedelapan. CV Alfabeta.

Utami, K. S. (2020). Green Consumers Behavior: Perilaku Konsumen dalam Pembelian Produk Ramah Lingkungan. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 209. https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.499

Wahyu, A. M., Chusna, A., Zahra, A., Iqbal, M., Firdaus, F., & Widyatno, A. (2021). Perilaku Panic Buying Mengiringi Kemunculan COVID-19? Sebuah Studi pada Awal Pandemi di Indonesia. Humanitas, 5(1). https://doi.org/10.28932/humanitas.v5i1.3347

Wulandari, R., & Miswanto, M. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN GREEN PRODUCT. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 6(2). https://doi.org/10.24034/j25485024.y2022.v6.i2.5139