Implementasi E-Commerce Terhadap Efisiensi dan Efektivitas Usaha Kecil dan Menengah (Studi Kasus UMKM Kuliner di Jakarta)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh implementasi e-commerce terhadap efisiensi dan efektivitas operasional UMKM sektor kuliner di Jakarta. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan menggunakan data primer yang dikumpulkan dari 207 responden UMKM dan dianalisis dengan Structural Equation Modeling (SEM) melalui SmartPLS. Temuan penelitian menunjukkan bahwa implementasi e-commerce memiliki dampak positif yang signifikan terhadap efisiensi, seperti pengurangan biaya, penghematan waktu, dan pencatatan transaksi otomatis dan efektivitas, termasuk perluasan jangkauan pasar, peningkatan pengambilan keputusan, dan kepuasan pelanggan. Namun, penelitian ini terbatas pada UMKM di sektor kuliner di Jakarta dan tidak mencakup sektor atau wilayah lain. Penelitian ini memberikan wawasan asli dengan menerapkan Technology Acceptance Model (TAM) untuk secara khusus mengevaluasi pengaruh adopsi e-commerce terhadap kinerja UMKM, memberikan implikasi praktis bagi para pelaku UMKM dan pembuat kebijakan untuk meningkatkan literasi digital dan pemanfaatan e-commerce yang strategis.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Licensed under
a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
Meilisa Amalia, M. (2023). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi, Kualitas Laporan Keuangan, Efektivitas Pengambilan Keputusan terhadap Kinerja UMKM Di Jakarta. In Jurnal Akuntansi dan Keuangan West Science (Vol. 2, Issue 02).
Natasya Angdika, A., & Soeherman, B. (2019). PEMODELAN BISNIS UNTUK USAHA KECIL MIKRO DAN MENENGAH (UMKM) DI BIDANG KULINER PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (Vol. 2).
Prapti NSS, Rr. L., & Rahoyo, R. (2019). DAMPAK BISNIS KULINER MELALUI GO FOOD BAGI PERTUMBUHAN EKONOMI DI KOTA SEMARANG. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 20(2), 120. https://doi.org/10.26623/jdsb.v20i2.1243
Rafiah, K. K. , & K. D. H. (2019). Analisis Adopsi Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Digital Bagi UMKM Makanan dan Minuman di Jatinangor. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 2(1).
Sarwar, A., Tareq, M. A., Siddika, A., & Seng, V. O. K. (2023). Effectiveness of E-Commerce Platform Among Millennials During Pandemic. Journal of System and Management Sciences, 13(4), 433–446. https://doi.org/10.33168/JSMS.2023.0426
Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF.
Sulaiman, E., Derbani, A., & Adawiyah, W. (2020, October 16). Digital Marketing in Culinary Tourism : A Case of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.5-8-2020.2301123
Wijaya, R. S. , R. M. N. & M. E. (2023). Digitalisasi Akuntansi Bagi Pelaku Umkm Di Lubuk Minturun. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dharma Andalas, 02(01), 40–44.