Pengaruh Diversifikasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh diversifikasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen di UD Win-Win Bakery, Kabupaten Boalemo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linear sederhana. Sampel terdiri dari 100 responden yang dipilih melalui Teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diversifikasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 17,7%. Sementara itu, 82,3% variasi keputusan pembelian dipengaruhi oleh faktor lain seperti promosi, pelayanan, harga, dan lokasi. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi diversifikasi produk memegang peranan penting dalam membentuk perilaku pembelian konsumen.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Licensed under
a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
Forezca, E., & Arini, E. (2021). Pengaruh Diversifikasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 2(2), 115–121. https://doi.org/https://doi.org/10.61567/jmmib.v2i2.60
Kotler, P. (2016). Marketing management (Millenium ed). Pearson Education.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip pemasaran (A.Maulana, D. Barnadi, & W. Hardani, Eds.; Edisi ke-12). Erlangga.
Pangestu, H. R. A., & Winata, S. Y. A. (2022). Snack Product Diversification and E-Wom on Purchasing Decision (Study On E-Commerce Shopee Eateat Gresik in Gresik Regency). Jurnal Kajian Ilmu Manajemen, 2(2), 184–192. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/jkim.v2i2.17086
Septiawati, R. A., Karnadi, K., & Wiryaningtyas, D. P. (2022). Pengaruh Diversifikasi Produk Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Dengan Mediasi Kepercayaan Konsumen Pada Toko UD Subur Di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 1(5), 1039. https://doi.org/10.36841/jme.v1i5.2146
Siswati, E., Ardana, A., & Pudjowati, J. (2023). Analisis Diversifikasi Produk Tahu Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk. Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 10(2), 18–23. https://doi.org/10.33366/ref.v10i2.3919
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Sundari, E., Dianto, I., Hamsal, & Hanafi, I. (2024). The effect of product diversification on purchasing decisions at Mandau Bakery Kota Duri Store. Journal of Multidisciplinary Academic and Practice Studies, 2(4), 463–474. https://doi.org/10.35912/jomaps.v2i4.2525
Susanti, Mulyono, H., & Syamsuri, Abd. R. (2021). Pengaruh Ketersediaan Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Sumber Perintis Jaya Dolok Masihul. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 1(2), 169–178. https://doi.org/10.60036/jbm.v1i2.15
Suwondo, A. H., & Hidayatinnisa’, N. (2023). Pengaruh Diversifikasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Perum Bulog Kantor Wilayah Bali. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(1), 138–142. https://doi.org/10.33795/jab.v9i1.446
Taan, H. (2016). Peran Riset Pemasaran dalam pengambilan Keputusan Manajemen. 89–97. http://journal.stiei-kayutangi-bjm.ac.id/index.php/jma/article/view/15/15
Taan, H. (2017). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Karawo Di Kota Gorontalo. https://repository.ung.ac.id/karyailmiah/show/962/pengaruh-inovasi-produk-dan-harga-terhadap-keunggulan-bersaing-usaha-karawo-di-kota-gorontalo.html
Taan, H. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Berbelanja. Yogyakarta Zahir Publishing. https://repository.ung.ac.id/karyailmiah/show/859/buku-perilaku-konsumen-dalam-berbelanja.html
Taan, H. (2021). Konsep Dasar Perencanaan Pemasaran Dan Proses Penyusunannya. Jurnal Manajemen, 5(2). https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jm/article/view/640
Taan, H., Husa, O., & Kango, U. (2025). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo di Toko Erafone Kota Gorontalo YUME : Journal of Management, 8(2), 332–342. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume/article/view/8733
Taan, H., Ishak, I. M., & Abudi, H. (2023). Pengaruh Aktualisasi Diri Terhadap Keputusan Pembelian Di Babe Cafe And Rooftop Pada Generasi Milenial Gorontalo. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 464–476. https://doi.org/10.31955/mea.v7i3.3390
Taan, H., Ishak, M., & Lababa, N. (2024). Pengaruh Faktor Pribadi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Listrik (Studi Konsumen Sepeda Listrik Di Kabipaten Gorontalo). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(11), 564–572. https://doi.org/10.5281/zenodo.12791424
Taan, H., Niode, Y., & Razak, I. (2024). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian melalui Brand Awareness pada McDonald’s Gorontalo. Cendikia Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah, 1(6), 291–304. https://doi.org/https://doi.org/10.62335/9kzpkp07
Tjiptono, F. (2019). Manajemen Pemasaran. Andi Publisher
Yusnidar, C., & Ameliany, N. (2023). Pengaruh Diversifikasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Toko Greatman Distro Krunggeukueh ). Negotium: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(2), 228. https://doi.org/10.29103/njiab.v6i2.14346