Pengaruh Brand Image, Social Media Marketing, dan Experiental Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Uniqlo Store Sidoarjo

Main Article Content

Amilatun Nadhifah Apriliyah
Dewi Komala Sari
Mas Oetarjo

Abstract

Orientasi pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruh brand image, social media marketing, dan experiental marketing terhadap keputusan pembelian konsumen pada UNIQLO store Sidoarjo. Metode penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan populasinya adalah masyarakat Sidoarjo yang pernah berbelanja di UNIQLO dan rentan usia 17 tahun ke atas. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non- probability sampling melalui pendekatan purposive sampling dengan banyaknya responden sejumlah 100 konsumen. Metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan jawaban diukur menggunakan skala likert. Analisa data dilakukan dengan metode PLS- SEM menggunakan software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian membuktikan bahwa brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada UNIQLO store di Sidoarjo, social media marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada UNIQLO store di Sidoarjo, dan experiental marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada UNIQLO store di Sidoarjo.

Article Details

How to Cite
Apriliyah, A. N. ., Sari, D. K., & Oetarjo, M. . (2025). Pengaruh Brand Image, Social Media Marketing, dan Experiental Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Uniqlo Store Sidoarjo. Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 17(3), 444–460. https://doi.org/10.24905/permana.v17i3.928
Section
Articles

References

Abdullah, P. M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Aswaja Pressindo.

Andjani, S., & Sari, D. K. (2024). Keputusan Pembelian Ditinjau dari Social Media Marketing , Viral Marketing , serta Brand Awareness Pada Produk Camille Beauty. UMSIDA Preprints Server, 5(4), 1-14. https://doi.org/10.21070/ups.6869.

Anjarsari, V., & Pradana, M. (2021). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Dan Experiential Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee (Studi pada Marketplace Shopee di Universitas Telkom). Journal E- Proceeding Of Management, 8(5), 6159–6169.

Aprianto, K. S., & Oetarjo, M. (2024). Mengkaji Dampak Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Interaction Communication Studies Journal, 1(2), 306–328. https://doi.org/10.47134/interaction.v1i2.2975.

Asari, A., & Zulkarnaini, Hartatik, D. (2023). Pengantar Statistika. Solok, PT. Mafy Media Literasi Indonesia.

Atmaja, N. P. C. D., & I Made Pratama, D. M. (2022). Pengaruh Experiental Marketing, E- Service Quality Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian di E- Commerce Lazada di Kota Denpasar. Manajemen Dan Bisnis Equlibrium, 8(2), 316–318. https://doi.org/https://doi.org/10.47329/jurnal_mbe.v8i2.975.

Ayesha, I. (2022). Digital Marketing (Tinjauan Konseptual). Padang, PT. Global Eksekutif Teknologi.

Darmawan, A. T., & Setiawan, M. B. (2024). Pengaruh Influencer Marketing, Electronic Word Of Mouth dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pembelian Produk Erigo di Kota Semarang). JESYA: Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 7(1), 778–789. https://doi.org/10.36778/jesya.v7i1.1412.

Dharmawan, B. A., & Oetarjo, M. (2024). Pengaruh Harga , Brand Image , dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM Tas Kertas Fatul Kecamatan Tarik Sidoarjo. UMSIDA Preprints Server, 5(2), 1–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21070/ups.4894.

E.Fransisca. (2021). Pengaruh Brand Awareness Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Store Zara Pakuwon Mall Surabaya). Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 53(9), 480–481. https://doi.org/10.37715/jp.v5i6.1825.

Fauzy, A. (2019). Metode Sampling. Banten, Universitas Terbuka.

Fitriani, R., Aisyah, N., & Pribadi, T. (2023). Pengaruh Content Marketing Dan Experiential Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Konsumen di Kecamatan Medan Tembung). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBI), 4(2), 135–143. https://doi.org/10.31289/jimbi.v4i2.2692.

Giovenna, N. dan A. (2022). Pengaruh Social Media Marketing, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk UNIQLO. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 5(1), 40–42. https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v5i1.841.

Hardani, H. A., & Dhika Juliana Sukmana, N. H. A. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta, CV. Pustaka Ilmu.

Harjadi, D., & Arraniri, I. (2021). Experiental Marketing Dan Kualitas Produk dalam Kepuasan Pelanggan Generasi Milenial. Cirebon, Yayasan Insan Shodiqin Gunung Jati.

Harto, B., Pasaribu, J. S., Ganesha, P. P., Anggoro, D., Metro, U. M., Rukmana, A. Y., & Indonesia, U. P. (2023). Social Media Marketing. Padang, PT. Global Eksekutif Teknologi.

Haryanto, T., & Azizah, S. N. (2021). Pengantar Praktis Pemasaran Digital. UM Purwokerto Press.

Hasniaty. (2023). Social Media Marketing. Padang, PT. Global Eksekutif Teknologi.

Rohmadhani., Salsabela. D., & Misti. H., Mas O. (2024). Pengaruh Viral Marketing, Brand Image, dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian Iphone pada Mahasiswa Umsida. Ekonomi Bisnis, 8(2), 833–845. https://doi.org/10.37339/e-bis.v8i2.1875.

Junaris, imam dan N. H. (2022). Manajemen Pemasaran Pendidikan. Purbalingga, CV. Eureka Media Aksara.

Kasakeyan, R. F., & Hendra N. Tawas, J. G. P. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Kualitas Produk Dan Experiental Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Street Boba Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 9(4), 1208. https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.37306.

Kautsar, A. Z. S. A., & Lilik Indayani, D. K. S. (2024). Peran Digital Marketing, Word Of Mouth dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Masyarakat Sidoarjo Pada Merek 3Second di E- Commerce. COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting, 7(5), 2409–2412. https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.11706.

Kemalasari, P., & Suzy Widyasari. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Social Media Marketing, Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Produk Fashion Jiniso di Marketplace Shopee). Kajian Bisnis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha, 32(2), 133–145. https://doi.org/10.32477/jkb.v32i2.944.

Komalasari, D. (2021). Buku Ajar Digital Marketing. Sidoarjo, UMSIDA Press.

Kotler, M., & Keller, D. (2016). Manajemen Pemasaran (12th ed.). Jakarta, PT. Indeks.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed). New York, Pearson Education Limited.

Kusuma, S. S., & Andi Wijayanto, S. L. (2022). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Merek Uniqlo (Studi pada Konsumen Uniqlo Dp Mall Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(4), 807–813. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.35892

Lahus, A. S., & Ardy F. Lamatokan, Herybertus S. Meot, Simon Sia Niha, E. G. C. W. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tiktok Shop. ORGANIZE: Journal of Economics, Management and Finance, 2(2), 107–118. https://doi.org/10.58355/organize.v2i2.21.

Lailah, E. Z., & Hariasih, M. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Gamis Pelangi Hijab di Driyorejo. UMSIDA Preprints Server, 10(4), 1–15. http://dx.doi.org/10.21070/ups.3564.

Majid, I. A., & Alshaf Pebrianggara, L. I. (2024). Pengaruh Social Media Marketing, Harga, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Wizzmie. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 7(5), 1531–1532. https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.11767.

Mariani, A., & Dewi Komala Sari. (2023). Peran Brand Ambassador , Brand Image , Serta Brand Credibility Dalam Mempengaruhi Keputusan Konsumen Produk Kecantikan. UMSIDA Preprints Server, 4(1), 2–4. https://doi.org/10.21070/ups.2177

Maulana, R., & Sari, D. K. (2022). Pengaruh Brand Image , Kualitas Produk dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Talang Galvalum pada CV Gita Jaya. Innovative Technologica: Methodical Research Journal, 1(2), 2–5. https://doi.org/10.47134/innovative.v1i2 .69.

Musyaffi, A. M. (2021). Konsep Dasar Structural Equation Model Partial Least Square (SEM- PLS) Menggunakan SmartPLS. Banten, Pascal Books.

Narotama, U. (2019). Experiential Marketing Sebagai Pendekatan Dalam Memahami Konsumen. Surabaya, Narotama University Press.

Nasution, W., & Sari, dan D. komala. (2021). Pengaruh Brand Image, Experiential Marketing Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada E- Commerce Shopee Di Sidoarjo. UMSIDA Preprints Server, 4(1), 7–10. https://dx.doi.org/10.21070/acopen.4.2021.2608

Firmansyah., M.A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Surabaya, CV. Penerbit Qiara Media.

Sasoeng., Yehezkiel. M., Rudy. S. W., & Christy N. R. (2025). Analisis Pengaruh Experiential Marketing, Brand Image dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Toko Ritel Miniso di Manado Town Square. EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, 13(1). https://doi.org/10.35794/emba.v13i01.59542.

Putri, D. E. (2021). Brand Marketing. Bandung, CV. Widina Bhakti Persada.

Putri, S. A., & Maria Safitri, Lenni Yovita, V. O. (2024). Pengaruh E-WOM terhadap Keputusan Pembelian Brand Uniqlo dengan Brand Image & Brand Trust sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus: Mahasiswa FEB Universitas Dian Nuswantoro Semarang). Journal of Social Science Research, 4(1), 2–6. https://doi.org/https://jinnovative.org/index.php/Innovative/article/view/8270.

Salsabila, D. K. S. (2023). Pengaruh Brand Trust, Brand Awareness Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Flicka Bags Sidoarjo (Studi pada Pelanggan Flicka Bags di Sidoarjo). UMSIDA Preprints Server, 9(4), 1–11. https://doi.org/10.21070/ups.995.

Sitorus, S. A., & et al. (2022). Brand Marketing: The Art Of Branding.Bandung, CV. Media Sains Indonesia.

Sudirman, I., & Musa, dan M. I. (2023). Strategi Pemasaran. Tamalanrea, Penerbit Intelektual Karya Nusantara.

Sulong, M. F., & Silcyjeova Moniharapon, R. S. W. (2021). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Citraland Real Estate Manado). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 9(3), 1039–1041. https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.35227.

Syahputri, D. F., & Sari, D. K. (2024). Keputusan Pembelian Konsumen Ditinjau dari Viral Marketing, Brand Ambassador serta Brand Image Pada Produk Skincare di Sidoarjo. UMSIDA Preprints Server, 12(2), 1–4. https://doi.org/10.21070/ups.4857.

Taan, H., & Djoko Lesmana Radji, Herlina Rasjid, I. (2021). Social Media Marketing Untuk Meningkatkan Brand Image. Journal of Management & Business, 4(1), 315–330. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i1.1268.

Wardhana, A. (2024). Brand Management In The Digital Era- Edisi Indonesia. Purbalingga, CV. Eureka Media Aksara.

Wicaksana, A., & Rachman, T. (2023). PRODUK DAN MEREK (Suatu Pengantar). Purbalingga, CV. Eureka Media Aksara.

Widyaratna, L., Purwantoro, H., & Pamikiran, V. N. (2023). Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Pengalaman Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 6(1), 19. https://doi.org/10.47201/jamin.v6i1.182.

Zusrony, E. (2021). Perilaku Konsumen di Era Modern (1th ed). Semarang, Yayasan Prima Agus Teknik.