Peran Pemasaran Digital dalam Peningkatan Brand Awareness, Daya Saing dan Profitabiltas Pada UMKM Kuliner Tradisional Manado

Main Article Content

Zerah Elisa Derek
Francisca A Therok
Yoan P M Bahalau

Abstract

Penelitian ini secara mendalam mengkaji peran pemasaran digital dalam meningkatkan brand awareness, daya saing dan Profitabilitas pada UMKM kuliner tradisional di Manado. Menggunakan pendekatan kualitatif, studi ini menganalisis pengalaman, persepsi, dan strategi yang diterapkan oleh para pelaku UMKM. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan sepuluh pemilik UMKM kuliner tradisional di Manado. Hasilnya menunjukkan bahwa pemasaran digital, terutama melalui media sosial dan platform pesan instan, telah memberikan kontribusi signifikan. Ini terlihat dari peningkatan jangkauan pasar, interaksi pelanggan, dan pada akhirnya, dampak positif pada profitabilitas, pengenalan merek, serta posisi kompetitif UMKM. Studi ini diharapkan dapat memberikan wawasan praktis dan rekomendasi bagi UMKM kuliner tradisional di Manado untuk mengoptimalkan strategi pemasaran digital mereka guna mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan di era digital saat ini.

Article Details

How to Cite
Derek, Z. E., Therok, F. A. ., & Bahalau, Y. P. M. . (2025). Peran Pemasaran Digital dalam Peningkatan Brand Awareness, Daya Saing dan Profitabiltas Pada UMKM Kuliner Tradisional Manado. Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 17(3), 579–588. https://doi.org/10.24905/permana.v17i3.946
Section
Articles

References

Alindri, H. F. (2023). Aplikasi Whatsaap Bisnis Dalam Strategi Pemasaran Online. Jurnal Ekos, 1–23.

Fajrul, M., Fita Saptyana, R., & Entrepreneurship Terang Bangsa, A. (2025). MAMEN (Jurnal Manajemen) Strategi Peningkatan Daya Saing UMKM Kuliner di Era Digital: Studi Kasus pada Pelaku Usaha di Kota Semarang. Journal.Literasisains.Id/Index.Php/MAMEN, 4(2), 143–157. https://doi.org/10.55123/mamen.v4i2.5066

Hamzah, M., Yasin, A., Azis, M., Khairuddin, I., & Anam, S. (2025). Digitalisasi Ekonomi : Peranan E-Commerce dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM.

Zulfia, Arfian Suryasuciramdhan, Siti Dhifah Umairah, Cindy Nurlaila, & Sharla Setyawati. (2024). Efektivitas Media Sosial Tiktok dalam Membangun Brand Image Perusahaan Mie Gacoan. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Komunikasi, 5(1), 67–79. https://doi.org/10.55606/juitik.v5i1.1006

Sasikirana, Aulia Safira Dewi, Queena Aurora Khayzuran, Sabrina Puspa Firdausy, & Denny Oktavina Radianto. (2024). Strategi Pemasaran Digital Yang Efektif Untuk Meningkatkan Daya Saing Perusahaan di Era Digital. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 166–177. https://doi.org/10.58192/profit.v3i2.2092

Lumentut, D. M. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Brand awareness Pada UMKM Kuliner Di Kota Manado. Jurnal Ilmiah Raflesia Akuntansi, 10(2), 1143–1146. https://doi.org/10.53494/jira.v10i2.761

Noor R.A.A. P. (2025). PERAN PEMASARAN MEDIA ONLINE UNTUK PENINGKATAN. 5, 199–216.

Purnomo, K. D. M., Hastuti, M., Mamuko, D. T., & Walangare, C. M. (2024). Social Media dan Content Marketing Strategi Untuk Membentuk Brand awareness Produk UMKM Kimbap Jo Di Manado. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 6(1), 430–436. https://doi.org/10.38035/jemsi.v6i1.2973

Rahma, H., & Hariyana, N. (2023). Penggunaan Digital Marketing terhadap Peningkatan Brand awareness PT Produk Zilla Akademi Indonesia. 4(3), 1821–1828.

Regina, T. (2025). Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Umkm Sektor Kuliner. 14, 7–17.

Sari, N., Syari, R. L., Pandi, A., Tinggi, S., Tarbiyah, I., Ulum, D., Raya, K., & Digital, P. (2025). Strategi pemasaran yang efektif untuk umkm di era digital. 4(1). https://doi.org/10.58540/jipsi.v4i1.787

Simatupang, D., & Mulyadi, D. (2024). PELANGGAN PADA UMKM SEMPRONG AMOUNDY KARAWANG Perkembangan UMKM di Indonesia . 2(4).

Syaghani, M., Ahmad, H., & Hidayat, N. (2025). Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat Meningkatkan UMKM Melalui Pemasaran Digital ( Brand awareness ) di Desa Pasireurih

Usaha, D., Dan, K., & Ukm, M. (2025). Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu Strategi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Brand awareness. 3, 1005–1007.