Pengaruh Daya Tarik Wisata, Kuliner Wisata, dan Kepuasan Wisatawan terhadap Niat Kunjung Kembali pada Obyek Wisata Pasar Slumpring Desa Cempaka Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal
Main Article Content
Abstract
Pengaruh Daya Tarik Wisata, Kuliner Wisata, Dan Kepuasan Wisatawan Terhadap Niat Kunjung Kembali Pada Obyek Wisata Pasar Slumpring Desa Cempaka Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Tujuan penelitian adalah 1). Untuk menganalisis pengaruh daya tarik wisata terhadap niat kunjung kembali. 2). Untuk menganalisis pengaruh kuliner wisata terhadap niat kunjung kembali. 3). Untuk menganalisis pengaruh kepuasan wisatawan terhadap niat kunjung kembali. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Kuesioner. Sedangkan metode analisis data dan pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, mengubah data ordinal ke data interval, analisis regresi berganda, uji t, dan koefisien determinasi. Berdasarkan Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh daya tarik wisata terhadap niat kunjung kembali dibuktikan dengan hasil analisis regresi dengan nilai siugnifikansi sebesar 0,000 < 0.05. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh kuliner wisata terhadap niat kunjung dibuktikan dengan hasil analisis regresi dengan nilai siugnifikansi sebesar 0,000 < 0.05. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh kepuasan wisatawan terhadap niat kunjung kembali dibuktikan dengan hasil analisis regresi dengan nilai siugnifikansi sebesar 0,002 < 0.05.
Article Details
Licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Engel, James F.,et al,. 2005. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM. SPSS 19 (edisi kelima) Semarang: Universitas Diponegoro
Harsana, M. Dan Widayati, M.T. 2009. Analisa Pasar Ditinjau dari Persepsi Wisatawan terhadap Kuliner Di Kabupaten Sleman. www.staff.uny.ac.id
Hasan, Ali. 2012. Tourism Marketing. Jakarta: CAPS.
Hidayat, Taufik Tri Nur. 2017. Pengaruh Aksesbilitas Dan Citra Destinasi Terhadap Niat Berkunjung Kembali Ke Telaga Tambing.
Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Ismayanti. 2009. Pengantar Pariwisata. Jakarta: Grasindo.
Karyono, Hari. 2008. Kepariwisataan. Jakarta: PT Grasindo
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2007. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Indeks.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat. 2013 Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompatensi. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.
Machfoedz, Mahmud. 2005. Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta: UPP AMP. YKPN
Mowen, John dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta : Erlangga:
Nuraeni, Bellinda Sofia. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjung Ulang Wisatawan Museum Ranggawarsita Semarang.
Pendit, Nyoman S. 2014. Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: Gramedia
Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Jakarta : Indeks
Sempati, Galuh Putri Hardikna. 2017. Persepsi Dan Perilaku Remaja Terhadap Makanan Tradisional Dan Makanan Modern. Online. https://eprints.uny.ac.id/47397/1/laporan%20pdf.pdf
Wahab, Saleh 2012. Manajemen Kepariwisataan. Jakarta: Pradya. Paramida
Wiratini, Ni Nyoman Ayu. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Pada Daya Tarik Wisata Di Kabupaten Badung.
Yoeti, Oka A. 2006. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung:Angkasa.
Yudananto, Wisnu dkk.2010. Peranan Sektor Pariwisata Terhadap Perekonomian Daerah di Indonesia (Analisis Interregional Input-Output). Jurnal Ekonomi Universitas Padjajaran, Volume 2, No. 4.