Pengaruh Corporate Social Responsibility, Leverage, Sustainability Reporting Terhadap Nilai Perusahaan Dimoderasi Ukuran Perusahaan
Main Article Content
Abstract
Studi ini bertujuan untuk meneliti dampak tanggung jawab sosial perusahaan, leverage, dan laporan keberlanjutan, dengan ukuran perusahaan sebagai elemen moderasi. Populasi studi ini terdiri dari perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (IDX) dari tahun 2021 hingga 2023. Penelitian ini memiliki ukuran sampel sebanyak 30 perusahaan, menghasilkan total 90 pengamatan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, menggunakan data sekunder sebagai sumber. Analisis data menggunakan analisis regresi terstandardisasi untuk memeriksa variabel moderasi menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini memberikan bukti inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dan leverage berpengaruh positif terhadap nilai bisnis. Sebaliknya, pelaporan keberlanjutan belum menunjukkan efek yang signifikan terhadap nilai bisnis. Ukuran perusahaan telah terbukti meningkatkan pengaruh positif dari CSR dan leverage terhadap nilai perusahaan sebagai variabel moderating. Di sisi lain, situasi yang berbeda muncul dengan pelaporan keberlanjutan—ukuran perusahaan tampaknya tidak memperkuat korelasi antara pelaporan keberlanjutan dan nilai perusahaan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Licensed under
a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
Adila, W., & Syofyan, E. (2016). Pengaruh corporate governance dan karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan sustainability report: Studi empiris pada perusahaan yang terdaftar di BEI tahun 2010-2014. Wahana Riset Akuntansi, 4(2), 777–792.
Adriani, V. A., & Parinduri, A. Z. (2024). Pengaruh Environmental, Sosial, Governance Disclosure, Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Kualitas Audit Terhadap Nilai Perusahaan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 11817–11829.
Alfiana, N. (2021). Penghindaran Pajak, Laporan Keberlanjutan, Corporate Governance Dan Nilai Perusahaan: Dimoderasi Ukuran Perusahaan. Jurnal Literasi Akuntansi, 1(1), 14–27.
Annisa, I., Ulupui, I., & Utaminingtyas, T. H. (2023). Pengaruh Pengungkapan Laporan Keberlanjutan, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Revenue: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 4(1), 327–341.
Dowling, J., & Pfeffer, J. (1975). Organizational Legitimacy: Social Values and Organizational Behavior. The Pacific Sociological Review, 18(1), 122–136. https://doi.org/10.2307/1388226
Edeline, E., Tan, C., & Meiden, C. (2024). Studi Meta Analisis: Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Manajemen Laba. Portofolio: Jurnal Ekonomi, Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 21(1), 84–99.
Elkington, J., & Rowlands, I. H. (1999). Cannibals with forks: The triple bottom line of 21st century business. Alternatives Journal, 25(4), 42.
Fahril Fauzan, H., & Handri. (2025). Pengaruh Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan, Financial Leverage terhadap Nilai Perusahaan. Bandung Conference Series: Business and Management, 5(1), 449–458. https://doi.org/10.29313/bcsbm.v5i1.17695
Febriana, H., & Budhiarjo, I. S. (2021). Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Asset Ratio (DAR) Terhadap Return on Equity Ratio (ROE) Pada PT Sampoerna Agro Tbk Periode 2010-2020. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 4(2), 100–108.
Febriyanti, G. A. (2021). Pengaruh sustainability reporting terhadap nilai perusahaan dengan leverage sebagai variabel moderating. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 22(1).
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23.
Ghozali, I. (2020). 25 Grand Theory of Management. Accounting and Business. Semarang: Pratama Yoga.
Handayani, M. F., & Mildawati, T. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Penghindaran Pajak. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 7(2).
Handoko, B. L. (2021). Teori Sinyal dan hubungannya dengan pengambilan keputusan investor. Binus University School of Accounting.
Karina, D. R. M., & Setiadi, I. (2020). PENGARUH CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN GCG SEBAGAI PEMODERASI. Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, 6(1), 37. https://doi.org/10.26486/jramb.v6i1.1054
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Tenaga Kerja
Ketsia, J., & Wanialisa, M. (2024). Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Institusional, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021. IKRAITH-EKONOMIKA, 7(2), 27–37.
Khoeriyah, A. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Sales Growth dan Investment Opportunity Set terhadap Nilai Perusahaan. Profita: Komunikasi Ilmiah Dan Perpajakan, 13(1), 96–111.
Lestari, R. M., & Indarto, I. (2019). Pengaruh Leverage, Fixed Asset Intensity, Dan Firm Size Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Revaluasi Aset Sebagai Moderasi. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 1–16.
Magfiroh, L. H., & Sunarto, S. (2024). PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DEVIDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Bilancia: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 8(2), 200–219.
Newbold, P., Carlson, W. L., & Thorne, B. (2023). Statistics for Business and Economics. Pearson. https://books.google.co.id/books?id=2kXvzgEACAAJ
Novia, R. (2022). Ukuran Perusahaan Memoderasi Pengaruh CSR, Tax Avoidance, Sustainability Reporting terhadap Nilai Perusahaan. In Jurnal Eksplorasi Akuntansi (JEA) (Vol. 4, Issue 1). Online. http://jea.ppj.unp.ac.id/index.php/jea/index
Novita, H., Samosir, R. C., Sarumaha, K., & Saragih, E. (2022). Pengaruh harga saham, ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2018-2020. Akurasi: Jurnal Studi Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 77–86.
Nur Fauziah, P., & Nurhayati. (2023). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Bandung Conference Series: Accountancy, 3(1). https://doi.org/10.29313/bcsa.v3i1.6329
Oktina, D. A., Sari, E. S., Sunardi, I. A., Hanifah, L. N., & Sanjaya, V. F. (2020). pengaruh penerapan strategi CSR (corporate social responsibility) dalam meningkatkan citra perusahaan pada PT. Pertamina (persero) tahun 2018. Competence: Journal of Management Studies, 14(2), 184–202.
Pradipta, P., Khairunnisa, A., Yudistira, O., & Baradja, L. (2022). PENGARUH SUSTAINABILITY REPORT, UKURAN DEWAN DIREKSI, UKURAN PERUSAHAAN SERTA LEVERAGE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2018-2020. Jurnal Ekonomi Trisakti, 2(2), 1517–1528. https://doi.org/10.25105/jet.v2i2.14944
Pratama, I. S., & Deviyanti, D. R. (2022). Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap institutional ownership pada perusahaan high-profile yang listing di bursa efek Indonesia. INOVASI: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen, 18(3), 540–550.
Pujiningsih, V. D. (2020). Pengaruh sustainability report terhadap nilai perusahaan dengan good corporate governance sebagai variabel pemoderasi. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 8(3), 579–594.
Puspita, N. W. I., & Budiasih, I. G. A. N. (2024). Ukuran Perusahaan Sebagai Pemoderasi Pengaruh Sustainability Reporting Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 34(11). https://doi.org/10.24843/EJA.2024.v34.i11.p19
Rachma, N. (2022). Hubungan Struktur Modal (Leverage) Dan Ukuran Perusahaan (Firm Size) Terhadap Earning Response Coeficient Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Periode 2014-2015. IMPREST: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 1(1), 31–37.
Rokhmawati, A. (2020). Analisis Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi KIAT, 31(2), 10–25.
Sari, D. K., & Wahidahwati, W. (2021). Pengaruh pengungkapan sustainability report, ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 10(4).
Sari, R., Rifan, D. F., & Selvina, M. (2025). Pengaruh pengungkapan sustainability report, kinerja lingkungan, dan struktur modal terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Jurnal Keuangan Dan Manajemen Terapan, 6(1).
Satria, S., Ramli, A., & Amin, A. M. (2024). PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di BEI Periode 2018-2022). Jurnal Manajemen, 4(2), 1. https://doi.org/10.26858/jm.v4i2.61013
Silalahi, E., & SIHOTANG, V. (2021). Pengaruh struktur modal, pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan, 153–166.
Soge, M. S. N., & Brata, I. O. D. (2020). PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Ekonomi, 6(2), 1767–1788.
Spence, M. (1973). Job Market Signaling. The Quarterly Journal of Economics, 87(3), 355. https://doi.org/10.2307/1882010
Suharyati, Sadmoko Hesti Pambudi, Jamaludin Lastiko Wibowo, & Nurina Indah Pratiwi. (2019). Indonesia energy out look (S. Abdurrahman, M. Pertiwi, & Walujanto, Eds.; First Edition). Secretariat General of the National Energy Council.
Suryo, M., & Maulana, D. (2024). PENGARUH FINANCIAL LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN PELAPORAN TERINTEGRASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. LAND JOURNAL, 5(1), 12–24. https://doi.org/10.47491/landjournal.v5i1.3018
Syarifuddin, N. (2022). Pengaruh industri pertambangan nikel terhadap kondisi lingkungan maritim di Kabupaten Morowali. Jurnal Riset & Teknologi Terapan Kemaritiman, 1(2), 19–23.
Tongkotow, E., Pati, A. B., & Posumah, D. (2023). Konflik Pada Pertambangan Emas Tanpa Izin di Kecamatan Ratatotok Kabupaten Minahasa Tenggara. Sam Ratulangi Politics Review (SRPolRev), 1(1).
Utami, A. P., Kunna, A. R. A., Sundari, S., & Madein, A. (2023). PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN: SEBUAH LITERATUR. Ar-Rihlah: Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, 3(1), 1–11.
Welly, Y., Susanti, E., Azwar, K., & Grace, E. (2019). Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Serta Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderat Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman. Financial: Jurnal Akuntansi, 5(2), 1–10.
Wibowo, L. E., & Febriani, N. (2023). implementasi teori agensi, efisiensi pasar, teori sinyal dan teori kontrak dalam pelaporan akuntansi pada pt. Eskimo wieraperdana. Researchgate. Net.
Widajantie, T. D. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Pengungkapan Csr Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2015-2019). E-Bisnis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 14(1), 103–112.