Optimalisasi Potensi dan Strategi Peningkatan Daya Saing Ekonomi Kreatif Berbasis UMKM di Sunbae Kawasan Megamas Kota Manado

Main Article Content

Lidya Djuwita Pratiwi Canon
Injilia W. G. Wua
Durand F. F. Setlight

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi, menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan, serta merumuskan strategi peningkatan daya saing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ekonomi kreatif di kawasan kuliner Sunbae, Megamas Kota Manado. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pelaku UMKM, observasi partisipatif, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM di Sunbae memiliki potensi signifikan dalam inovasi produk dan keunikan cita rasa, didukung oleh lokasi yang strategis. Strategi pemasaran dominan yang diterapkan adalah pemasaran digital melalui media sosial, yang dianggap paling efektif dalam menjangkau konsumen. Namun, UMKM menghadapi tantangan besar berupa persaingan ketat dan fluktuasi harga bahan baku. Untuk mengoptimalkan potensi dan meningkatkan daya saing, direkomendasikan strategi yang meliputi: penguatan branding dan diferensiasi produk, optimalisasi pemasaran digital lanjutan, peningkatan experiential marketing dan layanan pelanggan, serta mendorong kolaborasi antar-UMKM untuk menciptakan daya tarik kolektif kawasan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi strategi yang terintegrasi dan kolaboratif akan sangat krusial dalam memperkuat posisi UMKM di Sunbae sebagai sentra ekonomi kreatif yang unggul dan berkelanjutan di Manado.

Article Details

How to Cite
Canon, L. D. P., Wua, I. W. G. ., & Setlight, D. F. F. . (2025). Optimalisasi Potensi dan Strategi Peningkatan Daya Saing Ekonomi Kreatif Berbasis UMKM di Sunbae Kawasan Megamas Kota Manado. Permana : Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 17(3), 652–661. https://doi.org/10.24905/permana.v17i3.977
Section
Articles

References

Arianto, B. (2024). Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Digital (Issue December). https://doi.org/10.70310/n76exf78

Azhari, F., & Ali, H. (2024). Peran Inovasi Produk , Strategi Pemasaran , dan Kualitas Layanan terhadap Peningkatan Kinerja Perusahaan. 2(2), 72–81.

Borgatti, S. P., & Halgin, D. S. (2020). Network theory. Journal of Organization Science, 31(3), 555–570.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2022). Digital Marketing (8th ed.). Pearson Education Limited.

Desvi, T., Sari, V., Irawati, S. A., Ekonomi, F., & Madura, U. T. (2025). in The Digital Era in Sampang District Strategi Inovatif dan Pengembangan Ekonomi Kreatif Melalui UMKM Kuliner pada Era Digital di Kabupaten Sampang. 5(2), 5030–5036.

Howkins, J. (2020). Creative Economy: How People Make Money from Ideas. Penguin Books.

Hartley, J., Wen, W., & Li, X. (2021). Creative Economy and Innovation in the Digital Era. Springer.

Sari, V. C., Handayani, J., & Santosa, T. B. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan, Bauran Pemasaran, Dan Persepsi Keamanan Terhadap Kepuasan Nasabah. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(2), 109–128. https://doi.org/10.62421/jibema.v2i2.87

Schmitt, B. (2020). Experiential Marketing: How to Get Customers to Sense, Feel, Think, Act, and Relate to Your Company and Brands. Free Press.

Sope, A. S. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(2), 87–100. https://doi.org/10.62421/jibema.v1i2.56

Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Lemon, K. N., & Verhoef, P. C. (2021). Understanding customer experience throughout the customer journey. Journal of Marketing, 85(1), 69–92.Arianto, B. (2024). Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Digital (Issue December). https://doi.org/10.70310/n76exf78

Ridzal, N. A., Malik, E., Sujana, I. W., & Octaviani, V. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif Di Kabupaten Buton Selatan. Owner, 7(4), 3730–3740. https://doi.org/10.33395/owner.v7i4.1952

Triwijayati, A., Luciany, Y. P., Novita, Y., & Sintesa, N. (2023). Strategi Inovasi Bisnis untuk Meningkatkan Daya Saing dan Pertumbuhan Organisasi di Era Digital. 2(03), 306–314.